obat maag untuk ibu menyusui
Ahlinya Lambung

Memilih Obat Maag untuk Ibu Menyusui

01 November 2019 - 3 menit membaca

Asupan makanan bayi selama masa menyusui berasal dari ASI ibu. Itu sebabnya, ibu baru disarankan untuk sangat memperhatikan konsumsi obat di masa menyusui. Nah, bagaimana ketika gejala maag menyerang saat menyusui? Tak perlu cemas, ibu menyusui tetap dapat minum obat untuk meredakan maag dengan memerhatikan tips penting ini.

Cara memilih obat maag yang aman untuk ibu menyusui

Ibu menyusui dianjurkan untuk dapat memilah-milah obat apa saja yang aman diminum saat hamil, termasuk saat gejala maag datang. Pasalnya, kamu tentu tidak ingin bukan, keluhan maag justru mengacaukan jadwal menyusui alias waktu makan si kecil?

Jangan sampai ini terjadi, maka itu kamu harus memilih obat maag yang tepat agar aman bagi si kecil. Yuk, ikuti panduan untuk memilih obat maag di bawah ini:

1. Cermati kandungan pada obat maag

Berbeda dengan kondisi tubuh saat sedang tidak menyusui, ibu baru yang berada dalam masa menyusui perlu memperhatikan konsumsi hariannya. Dalam hal ini, termasuk mencermati segala obat-obatan yang diminum selama menyusui.

Ada beberapa obat-obatan yang memang tidak dianjurkan untuk diminum saat ibu sedang menyusui. Hal ini karena obat-obatan tersebut ditakutkan dapat bercampur dan berpengaruh pada ASI yang diminum bayi.

Sementara itu, ada juga beragam jenis obat yang dinyatakan aman diminum oleh ibu menyusui dan tak memengaruhi kualitas ASI sama sekali. Beberapa di antaranya mungkin tetap masuk ke dalam ASI, tapi jumlahnya sangat kecil sehingga tak menimbulkan dampak apa pun bagi si kecil.

Nah, salah satu obat maag yang aman untuk diminum ibu menyusui yakni Promag. Dengan kandungan dari formula hydrotalcite, magnesium hydroxide, dan simethicone, Promag dapat bekerja dengan cepat untuk meredakan keluhan maag.

Contohnya nyeri pada ulu hati, perih, mual, serta kembung. Selain itu, Promag juga mampu membantu menetralkan asam lambung dalam waktu lama.

Kamu tak perlu cemas, ketiga formula yang ada di dalam Promag aman diminum oleh ibu menyusui, karena tidak berpengaruh pada ASI.

2. Pahami aturan konsumsi obat

Penting untuk selalu mematuhi aturan konsumsi setiap obat untuk ibu hamil, termasuk obat maag. Sebab di masa ini, kondisi tubuh ibu tidak sama dengan saat tidak sedang menyusui.

Jika memungkinkan, sebaiknya minum obat tepat setelah kamu selesai menyusui si kecil. Pilihan lainnya, kamu juga bisa minum obat untuk mengatasi maag saat bayi sekiranya akan menghabiskan waktu untuk tidur dan beristirahat.

Artinya, si kecil tidak akan menyusui dalam beberapa waktu ke depan. Kondisi seperti ini bisa menjadi waktu yang tepat bagi ibu menyusui  untuk minum obat maag.

Biasanya, aturan minum obat meliputi dosis dan jadwalnya, juga dapat berbeda tergantung kondisi bayi. Misalnya pada bayi yang lahir normal dan prematur, aturan minum obat ibu menyusui mungkin akan berbeda.

Terlepas dari hal tersebut,  jangan lupa untuk selalu membaca aturan konsumsi yang ada pada kemasan obat, atau patuhi anjuran konsumsi dari dokter.

3. Pilih sediaan obat yang mudah diminum

Kadang kala, ada ibu menyusui yang susah minum obat dalam bentuk padat, seperti tablet. Jika ini termasuk keluhan yang kerap kali kamu alami, sebaiknya pilih obat dalam bentuk cair yang lebih mudah diminum.

Kabar baiknya, Promag tersedia dalam dua kemasan, yakni tablet dan cair dengan formula dan khasiat yang sama.

Jadi, bagi ibu menyusui yang ingin minum obat maag tapi sulit menelan obat tablet, kamu bisa pilih Promag versi cair untuk dikonsumsi. Hal ini juga menjadi salah satu keunggulan lainnya dari Promag, yaitu praktis untuk dikonsumsi.

4. Konsultasikan dengan dokter

Agar lebih aman bagi ibu menyusui untuk minum obat maag, kamu juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dokter akan membantu menentukan jenis obat apa saja yang sekiranya aman dan tidak masalah untuk diminum selama masa menyusui.

Kenali juga manfaat, risiko, beserta aturan minum obat tersebut. Sebab lagi-lagi, kondisi ibu di masa menyusui ini jelas berbeda dengan saat tidak sedang menyusui.


Referensi:

Safe Medication Use During Breastfeeding. https://www.drugs.com/drug-safety-breastfeeding.html Accessed on October 8th 2019.

Breast-feeding and Medications: What’s Safe? https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/breastfeeding-and-medications/art-20043975 Accessed on October 8th 2019.

Drug Levels and Effects. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK501322/ Accessed on October 8th 2019.

Hydrotalcite. https://www.tabletwise.com/medicine/hydrotalcite Accessed on October 8th 2019.

Magnesium Hydroxide Use While Breastfeeding. https://www.drugs.com/breastfeeding/magnesium-hydroxide.html Accessed on October 8th 2019.

Simethicone Use While Breastfeeding. https://www.drugs.com/breastfeeding/simethicone.html Accessed on October 8th 2019.


Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif