Masuk Dalam Daftar Superfood. Ini Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan
Health

Masuk Dalam Daftar Superfood. Ini Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan

21 October 2021 - 3 menit membaca




Banyak orang yang langsung ingat pepaya saat mengalami sembelit. Ini cukup wajar, mengingat buah yang satu ini sudah dikenal sebagai ‘obat alami’ paling ampuh mengatasi masalah sembelit, dan melancarkan sistem pencernaan.

Tapi tahukah Anda jika manfaat pepaya tidak hanya terbatas untuk mengatasi sembelit saja? Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari rutin mengkonsumsi pepaya, termasuk menjaga kesehatan kulit, mencegah kanker, dan lainnya. 


Buah Pepaya Termasuk Superfood

Pepaya merupakan superfood dengan kandungan nutrisi lengkap, mulai dari karbohidrat, serat, protein, kalsium, hingga antioksidan. Selain itu, kandungan vitamin C dalam pepaya pun sangat tinggi, mencapai 235 mg vitamin C dalam satu buah berukuran sedang. 

Nutrisi istimewa lainnya yang terkandung dalam pepaya adalah vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, vitamin K, potasium, likopen, folat dan magnesium. 

Buah pepaya mengandung enzim khusus yang bernama papain, sejenis enzim proteolitik yang bertugas memecah protein jadi peptida dan asam amino. Enzim ini dikenal luas sebagai ‘obat alami’ bagi mereka yang mengalami sembelit dan masalah pencernaan lainnya. 

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, pepaya wajib masuk dalam daftar konsumsi harian. Bukan hanya karena kandungan seratnya yang tinggi, pepaya mengandung kalori yang sangat rendah. Selain itu, berikut merupakan beberapa manfaat pepaya bagi kesehatan.


1. Melawan Radikal Bebas

Pepaya mengandung zat antioksidan yang disebut likopen dalam jumlah yang sangat tinggi. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari kandungan antioksidan ini, salah satunya efektif menurunkan dampak buruk dari paparan radikal bebas.

Radikal bebas merupakan molekul reaktif yang tercipta selama proses metabolisme tubuh, dan berkembang jadi stres oksidatif penyebab berbagai macam penyakit, seperti kanker, kerusakan otak, penuaan dini, sindrom gangguan pernafasan, penyakit iskemik dan lainnya. 


2. Mencegah Kesehatan Kulit

Seperti dijelaskan di atas, kandungan likopen dalam buah pepaya bermanfaat mencegah stress oksidatif akibat paparan radikal bebas. Tidak hanya itu, kandungan likopen ini pun terbukti ampuh melindungi kulit dari paparan sinar UV, meremajakan dan mencerahkan kulit.

Untuk mendapat manfaat ini, Anda bisa rutin mengkonsumsi buah pepaya sebagai bentuk perawatan dan perlindungan dari dalam, atau menggunakan buah yang satu ini sebagai masker wajah. Selain itu, Anda bisa menggunakan berbagai produk perawatan kulit berbasis pepaya.


3. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat pepaya yang membuat Anda wajib mengkonsumsinya setiap hari adalah, buah asal Meksiko tersebut terbukti ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin C, antioksidan, dan berbagai nutrisi pendukung lainnya. 

Kelebihan lainnya, buah ini bisa didapat sepanjang musim dengan harga yang sangat terjangkau. Anda bisa mengolahnya menjadi jus tanpa gula, dijadikan sebagai campuran salad, atau bisa juga dikonsumsi langsung sebagai camilan sehat. 


4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Pepaya kaya akan vitamin C yang dapat membantu mencegah penyakit jantung. Selain itu, kandungan antioksidan dalam pepaya terbukti ampuh melindungi jantung dengan cara meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL), dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Selain itu, kandungan serat larut air dalam buah pepaya efektif mengikat garam empedu, yang merupakan produk akhir kolesterol, untuk kemudian dibuang bersama feses dan urine. Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan tim peneliti Harvard University, Amerika.


5. Memaksimalkan Program Diet

Pepaya merupakan buah yang wajib Anda konsumsi untuk memaksimalkan program diet. Selain karena kandungan serat dan enzim papain yang bertugas memaksimalkan kinerja pencernaan, buah ini terbukti ampuh mengikat lemak dan membuangnya ke luar tubuh lewat feses, keringat dan urine.

Meski rasanya manis dan mengenyangkan, Anda tidak perlu khawatir karena rasa manis pepaya berasal dari gula alami yang tidak membuat bobot tubuh bertambah. Selain itu, pepaya termasuk buah yang rendah kalori. 

Selain itu, masih banyak manfaat pepaya lainnya, mulai dari ampuh menjaga kesehatan otak, melancarkan peredaran darah, baik untuk penderita diabetes, dan lainnya.


6. Baik Untuk Lambung

Pepaya termasuk dalam golongan buah yang sehat serta aman jika dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi serta dan kaya akan air, buah ini juga memiliki asam yang rendah.

Berkat kandungannya ini, pepaya untuk dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah dengan asam lambung. Selain kaya akan vitamin c, pepaya juga memiliki kandungan serat yang tinggi, vitamin K, kalsium dan beta-karoten seperti halnya wortel.


Referensi:

  1. Healthline. Diakses pada 2021. 8 Evidence-Based Health Benefits of Papaya.
  2. Health Shots. Diakses pada 2021. 5 Reasons Why you Should Eat Papaya Regularly




Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya