Manfaat Yogurt Kelapa. Benarkah Lebih Baik dari Yoghurt Susu Hewan
Lifestyle

Manfaat Yogurt Kelapa. Benarkah Lebih Baik dari Yoghurt Susu Hewan

17 September 2021 - 3 menit membaca

Yoghurt merupakan makanan probiotik yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan pencernaan. Biasanya, yoghurt terbuat dari susu hewan, terutama kambing. Namun belakangan ini ada produk yoghurt yang terbuat dari kelapa. 

Sesuai dengan namanya, yoghurt kelapa terbuat dari santan kelapa dan probiotik aktif. Rasa dan bentuk dari yoghurt tersebut sama seperti yoghurt pada umumnya, namun karena bersifat plant-based, banyak yang menyebut manfaat yoghurt kelapa lebih banyak ketimbang yoghurt susu. 


Benarkah Yoghurt Kelapa Lebih Menyehatkan?

Baik yoghurt kelapa maupun yoghurt hewani, pada dasarnya makanan sehat yang bisa dikonsumsi setiap hari, dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bedanya, yoghurt kelapa lebih aman karena bisa dikonsumsi siapa saja, termasuk mereka yang mengalami intoleransi laktosa. 

Selain itu, yoghurt kelapa pun sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani gaya hidup vegetarian atau diet paleo. Selain itu, yoghurt kelapa pun bebas kasein dan laktosa, punya tekstur yang creamy dengan rasa manis alami.

Ini berbeda dengan yoghurt hewani yang rasanya cenderung hambar. Makanya kebanyakan produk yoghurt hewani yang beredar di pasaran sudah mendapat pemanis tambahan sehingga tidak cocok dikonsumsi oleh mereka yang bermasalah dengan gula.

Namun karena terbuat dari kelapa, sudah jelas kandungan kalsium dalam yoghurt kelapa ini tidak lebih tinggi dari yoghurt hewani. Kekurangan lainnya, mereka yang bermasalah dengan kolesterol tidak disarankan mengkonsumsi yoghurt kelapa secara berlebih. 

Dengan kata lain, baik yoghurt kelapa maupun yoghurt hewani, keduanya punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tugas Anda hanya memastikan tetap mengkonsumsi yoghurt sesuai dengan kebutuhan, dan kondisi kesehatan. 


Manfaat Yoghurt Kelapa

Yoghurt kelapa mengandung nutrisi yang cukup lengkap, termasuk vitamin B kompleks dan vitamin D. Selain itu, dalam 100 gram yoghurt kelapa, terkandung 2,9 gram lemak (mayoritas lemak jenuh), 1,2 gram protein, 12,9 gram karbohidrat, dan 5,3 gram serat. 

Sebagai makanan probiotik, yoghurt dipercaya efektif meningkatkan kesehatan mikrobioma dalam sistem pencernaan, mengatasi masalah pencernaan, dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, berikut merupakan beberapa manfaat yoghurt kelapa bagi kesehatan. 

  • Beberapa produk yoghurt kelapa sudah diperkaya dengan kalsium, sehingga mampu menjaga kesehatan tulang, dan mencegah osteoporosis.
  • Yoghurt kelapa mengandung karoten yang merupakan bentuk awal dari vitamin A. Keunggulan ini membuat yoghurt kelapa dipercaya efektif menjaga kesehatan mata. 
  • Yoghurt kelapa terbukti ampuh mengurangi lemak visceral, sejenis lemak yang menumpuk di sekitar pinggang. Sangat cocok dikonsumsi mereka yang ingin mengecilkan perut buncit.
  • Yoghurt kelapa mengandung kandungan MCT atau medium-chain triglycerides yang baik untuk menjaga kesehatan otak dan mencegah Demensia.
  • Kadar kolesterol yoghurt kelapa memang tinggi, namun kandungan lemak baiknya pun cukup tinggi sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan kolesterol baik (HDL). 

Selain itu, harga yoghurt kelapa umumnya lebih murah ketimbang yoghurt susu. Namun sayang, produk yoghurt kelapa ini masih jarang ditemukan di pasaran. 


Trik Sehat Konsumsi Yoghurt Kelapa

Agar manfaat yoghurt kelapa ini dapat dinikmati dengan maksimal, pastikan untuk memilih produk yoghurt kelapa yang tidak dilengkapi dengan pemanis buatan. Selain itu, Anda pun disarankan tetap mengkonsumsi yoghurt kelapa dan yoghurt hewani secara bergiliran.

Jika menemukan produk yoghurt kelapa yang tidak diperkaya dengan protein, sebaiknya lengkapi asupan protein dari produk susu atau daging. Jika Anda sedang menghindari produk hewani, bisa mengkonsumsi jamur, tempe, tahu, edamame, nutritional yeast dan lainnya.


Referensi: 

  1. Verywell Fit. Diakses pada 2021. Coconut Yogurt Nutrition Facts and Health Benefits.
  2. Livestrong. Diakses pada 2021. The Advantages of Coconut Yogurt Compared to Dairy Yogurts.
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya