Manfaat Sehat Salad Sebagai Menu Berbuka Puasa
Health

Manfaat Sehat Salad Sebagai Menu Berbuka Puasa

28 May 2021 - 3 menit membaca

Kebanyakan orang lebih memilih menu buka puasa dengan makanan yang manis, seperti es buah, kolak, kurma, teh manis dan lainnya. Padahal selain menu-menu tersebut, masih banyak lho makanan lainnya yang cocok dijadikan sebagai menu buka puasa, dan punya banyak manfaat kesehatan. 

Salah satunya adalah salad. Menu makanan yang umumnya terdiri dari potongan sayuran atau buah-buahan tersebut ternyata masuk dalam kategori menu buka puasa yang sangat disarankan untuk Anda. Lantas, apa saja sih manfaat menggunakan salad sebagai menu buka puasa?

Melancarkan Pencernaan

Selama puasa, banyak orang yang mengeluhkan masalah pencernaan, terutama sembelit. Hal ini disebabkan karena kebutuhan cairan tubuh yang tidak tercukupi, dan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, merokok, dan kebiasaan menyantap gorengan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, selain mencukupi kebutuhan cairan, Anda disarankan rutin mengkonsumsi buah dan sayur. Banyak pakar sepakat jika kandungan serat dalam buah dan sayur dapat membantu pembentukan feses, sehingga dapat mencegah sembelit.

Sehatkan Jantung

Sayuran hijau dan buah-buahan merupakan dua makanan alami yang padat energi, dan dikemas dengan berbagai nutrisi. Diantara banyak manfaat spesial dari sayuran hijau dan buah-buahan adalah, efektif melancarkan peredaran darah dan menyehatkan jantung. 

Selain mengkonsumsi salad sebagai menu buka puasa, Anda juga bisa menggunakannya sebagai menu sahur. Namun ingat, pastikan tetap mencukupi kebutuhan nutrisi lainnya, terutama sumber protein yang bisa didapat dari susu, telur rebus, daging merah tanpa lemak, dada ayam dan lainnya. 

Menurunkan Berat Badan

Sudah jadi hal yang yang umum jika sayuran dan buah-buahan merupakan menu terbaik untuk pecinta diet. Kandungan seratnya yang tinggi, dan rendah kalori membuat keduanya efektif menjaga perut kenyang lebih lama, tanpa khawatir dengan masalah kalori berlebih. 

Selain itu, salad pun mengandung sejumlah bahan tambahan yang terbukti baik untuk memaksimalkan program diet dan menjaga kesehatan sistem pencernaan secara menyeluruh, seperti madu yang bisa dijadikan sebagai pemanis pada salad buah, cuka apel, saus kacang, dan lainnya. 

Menyehatkan Lambung

Salah satu masalah yang umum terjadi selama berpuasa adalah, kenaikan asam lambung. Resiko ini akan melonjak tinggi jika Anda menjalankan gaya hidup dan pola makan yang buruk, seperti kebiasaan tidur setelah makan sahur, konsumsi gorengan, makanan tinggi gula, merokok dan stres. 

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengandalkan salad sebagai menu utama buka puasa. Kandungan serat dan nutrisi lainnya dalam salad tidak hanya menurunkan kadar asam lambung, tapi juga mampu mengendalikan produksi asam lambung, dan menjaga kesehatan lambung secara menyeluruh.

Komposisi Salad Terbaik

Pada dasarnya, hampir semua buah atau sayuran yang digunakan dalam campuran salad bisa memberi manfaat yang maksimal. Hanya saja, ada beberapa bahan spesial yang bisa Anda tambahkan, seperti brokoli, tauge, selada air, bayam, apel, melon, pepaya dan lainnya.

Selain bahan-bahan tersebut, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat meracik salad untuk berbuka puasa, diantaranya wajib menghindari penggunaan bahan olahan (termasuk daging olahan), dan pastikan untuk menggunakan dressing salad yang sehat


Referensi: 

  1. WebMD .Diakses pada 2021. 4 Healthy Reasons to Eat a Salad Today
  2. livestrong.com .Diakses pada 2021. What Are the Benefits of Eating Salads?
Artikel Terkait
uploads/2/2019-08/l3_sakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

uploads/2/2019-08/l5_cara_menurunkan_asam_lambung_yang_efektif.jpg
Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

uploads/2/2019-08/l2_asam_lambung.jpg
Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya