Manfaat Sambiloto, Bisa Dijadikan Imun Booster
Health

Manfaat Sambiloto, Bisa Dijadikan Imun Booster

20 December 2021 - 3 menit membaca




Makin banyak orang yang memahami pentingnya kesehatan membuat banyak bahan makanan, terutama rempah-rempah, dan tanaman herbal yang memiliki efek dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh menjadi sangat populer, salah satunya sambiloto. 

Tanaman yang kerap dijadikan sebagai obat herbal ini diklaim sebagai imun booster dengan manfaat utama untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menguncinya agar tetap berada di level maksimal. Berikut merupakan beberapa manfaat sambiloto bagi kesehatan.

1. Meringankan Gejala Flu

Sambiloto bersifat anti-virus, anti-bakteri, dan anti-radang. Sifat ini bisa digunakan untuk melawan berbagai macam penyakit terkait dengan infeksi virus dan bakteri. Secara khusus, konsumsi sambiloto bisa membantu meredakan gejala flu, dan mempercepat proses pemulihan flu.

Tidak hanya itu, sifat anti-radang yang terdapat dalam sambiloto pun efektif untuk mencegah peradangan yang disebabkan oleh berbagai jenis infeksi, termasuk menangkal radang tenggorokan, menurunkan demam, bengkak di bagian tubuh tertentu, dan lainnya. 

2. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Seperti dijelaskan di atas, sambiloto merupakan tanaman herbal yang bisa digunakan sebagai imun booster yang bekerja dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menguncinya agar tetap berada di level maksimal. 

Manfaat sambiloto ini cukup unik, dia akan mendorong tubuh memperbaiki dan memaksimalkan kinerja sel-sel darah putih dalam melawan berbagai infeksi kuman, virus dan bakteri. Tidak hanya itu, sambiloto pun efektif membasmi sel-sel kanker dalam tubuh.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Sambiloto ternyata bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena kemampuan zat aktif di dalamnya yang mampu melebarkan pembuluh darah, sekaligus menjaga elastisitasnya, sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar.

Namun ingat, Anda yang tidak mengalami hipertensi sebaiknya membatasi konsumsi tanaman herbal yang satu ini. Pasalnya, kelebihan sambiloto ini bisa jadi kekurangan karena akan membuat tekanan darah menjadi drop, dan berpotensi menyebabkan hipotensi.

4. Mengatasi Osteoarthritis

Osteoartritis merupakan bentuk artritis yang menyerang jutaan orang di seluruh dunia. Kondisi ini terjadi ketika tulang rawan yang harusnya jadi bantalan ujung tulang berkurang karena faktor usia, dan dipercepat dengan terjadinya peradangan di area tersebut.

Sambiloto mirip dengan kunyit herbal anti-radang yang ampuh mencegah dan mengatasi peradangan, termasuk peradangan sendi. Beberapa penelitian bahkan telah membuktikan jika konsumsi ekstrak daun sambiloto dapat mengurangi nyeri dan kekakuan sendi pada lutut, tangan, dan tulang belakang.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Penggunaan obat diabetes metformin bisa dimaksimalkan dengan suplemen sambiloto. Penelitian membuktikan jika kombinasi keduanya cukup efektif untuk menurunkan tekanan darah, terutama pada penderita diabetes type-2. 

Namun sama seperti penggunaan sambiloto untuk hipertensi, konsumsi suplemen sambiloto pun harus disesuaikan dengan resep dokter. Pasalnya, tanaman herbal ini berpotensi menimbulkan efek samping berupa penurunan kadar gula darah ekstrem, atau hipoglikemia.

Perhatikan Ini Sebelum Mengkonsumsi Sambiloto

Manfaat sambiloto memang cukup besar, dan cara mengolahnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengeringkan daun sambiloto, kemudian diolah menjadi teh. Jika siap menahan rasa pahitnya, sambiloto bisa dikonsumsi sebagai lalapan.

Namun penting untuk diperhatikan, efek samping tanaman herbal ini cukup besar (terlebih jika akan dikonsumsi dalam jangka panjang) sehingga sangat disarankan untuk menggunakannya dalam bentuk suplemen herbal, atau teh herbal. 

Selain itu, pastikan Anda mendapat rekomendasi dari dokter untuk mengkonsumsinya. Penggunaan suplemen sambiloto secara berlebihan bisa menimbulkan efek samping seperti, sakit kepala, muntah, diare, kelelahan, reaksi alergi dan kehilangan nafsu makan.

Konsumsi sambiloto secara berlebihan, dan dalam jangka panjang beresiko menyebabkan kerusakan hati, dan efek samping berbahaya lainnya. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan ramuan herbal jenis apapun.


Referensi: 

  1. Very Well Health. Diakses pada 2021. Andrographis: Benefits, Side Effects, Dosage, and Interactions
  2. WebMD. Diakses pada 2021. Andrographis: Overview, Uses, Side Effects




Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya