Manfaat Pepaya Untuk Menghilangkan Mual dan Kembung
Lifestyle

Manfaat Pepaya Untuk Menghilangkan Mual dan Kembung

17 September 2021 - 3 menit membaca

Pepaya merupakan salah satu buah tropis yang berasal dari Amerika Selatan, dan kini banyak tumbuh di beberapa Negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Ada banyak varian pepaya dengan karakter dan ciri khas yang berbeda, terutama dari bentuk, ketebalan daging buah dan ukurannya.

Dalam dunia kesehatan, pepaya dikenal sebagai superfood yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu keistimewaannya adalah, kandungan enzim papain yang merupakan enzim proteolitik yang berfungsi memecah dan menyederhanakan protein menjadi peptida dan asam amino. 

Selain itu, enzim tersebut berfungsi sebagai penangkal rasa nyeri, mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan diare, mencegah peradangan. Manfaat pepaya lainnya adalah, efektif mengatasi masalah mual dan kembung. Efek ini bisa didapat dari kandungan chymopapain di dalamnya. 

Manfaat lainnya, buah pepaya efektif menenangkan perut dan menurunkan asam lambung yang umumnya akan naik sesaat setelah makan. Untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, Anda hanya perlu mengkonsumsi buah pepaya setelah makan. 

Sama seperti buah berwarna cerah lainnya, pepaya mengandung antioksidan yang bertugas meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengandung vitamin B yang berfungsi membantu meredakan stres, menurunkan kolesterol jahat dan mencegah terjadinya sakit maag. 

Kandungan serat dalam buah pepaya dikenal luas ampuh mengatasi masalah sembelit, membantu proses pembuangan limbah dalam usus agar lebih lancar, dan meringankan kinerja organ pencernaan saat memproses makanan yang sulit dicerna. 


Pepaya Untuk Meringankan Sakit Maag

Salah satu manfaat pepaya yang membuat buah ini dikenal sebagai ‘ahlinya masalah pencernaan’ adalah, kemampuannya dalam mengendalikan dan menurunkan asam lambung. Bahkan di Afrika, pepaya sudah umum digunakan sebagai terapi bagi penderita sakit maag. 

Klaim ini kemudian didukung oleh pernyataan ahli gizi pendiri Top Balance Nutrition Amerika Serikat, Maria Bella, M.S., R.D. Dalam keterangannya, Bella menjelaskan jika enzim dan serat yang terkandung dalam pepaya ampuh mengurangi produksi asam lambung.

Sementara itu, Dr. Geogr Herschell, dalam laporan penelitiannya yang diterbitkan The British Medical Journal tahun 1886, menemukan fakta jika orang yang rutin mengkonsumsi jus pepaya, sembuh lebih cepat dari gangguan refluks asam ketimbang mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Tidak hanya buahnya, beberapa bagian dari pohon pepaya, seperti daun, akar hingga biji buah pepaya ternyata punya efek yang berbeda dalam meringankan, hingga mengatasi masalah sakit maag. Namun untuk penggunaannya, sebaiknya Anda didampingi pakar obat herbal terpercaya.


Manfaat Lainnya Dari Buah Pepaya 

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Fortschritte der Medizin, menemukan fakta jika enzim papain sama, atau bahkan lebih efektif ketimbang obat antivirus acyclovir yang biasa digunakan untuk meredakan gejala nyeri pada pasien herpes zoster dan mempercepat proses penyembuhan lesinya.

Selain itu, rutin konsumsi buah pepaya terbukti ampuh menjaga jantung Anda tetap sehat, dan mampu menurunkan resiko terkena kanker. Hal ini disebabkan karena kandungan likopen, senyawa antioksidan yang aktif memerangi sel kanker dan menurunkan dampak buruk akibat radikal bebas. 

Senyawa likopen yang terdapat dalam pepaya ini sama seperti yang terkandung dalam tomat. Secara menyeluruh, kandungan ini dapat membantu tubuh Anda tetap sehat, mencegah penuaan dini, mencerahkan kulit dan bisa digunakan sebagai masker kecantikan.

Pepaya juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Dengan kandungan tersebut, pepaya bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kornea mata, mempertajam penglihatan, dan efektif memberikan kelembaban yang cukup untuk melumasi mata. 

Selain itu masih banyak manfaat pepaya lainnya yang telah berhasil dibuktikan secara ilmiah. Maka dari itu, pertimbangkan untuk rutin mengkonsumsi buah yang bisa tersedia sepanjang musim ini.


Referensi:

  1. Healthline. Diakses pada 2021. 8 Evidence-Based Health Benefits of Papaya.
  2. Nutritionreview.org. Diakses pada 2021. Controlling Inflammation with Proteolytic Enzymes
  3. Food Network. Diakses pada 2021. Natural Ways to Reduce Belly Bloat.
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya