Manfaat Buah Berry untuk Penderita Gangguan Lambung dan Diabetes
Health

Manfaat Konsumsi Buah Berry Untuk Penderita Gangguan Lambung dan Diabetes

26 October 2021 - 3 menit membaca




Salah satu hal yang paling penting bagi pasien diabetes adalah mengatur pola makan, dan memilih makanan terbaik untuk membantu mengendalikan gula darah. Ada banyak makanan yang disarankan rutin dikonsumsi penderita diabetes, salah satunya buah berry. 

Buah berry sendiri terdiri dari beberapa jenis buah, diantaranya stroberry, blueberry, blackcurrant, blackberry, raspberry, cranberry dan lainnya. Biasanya buah-buahan ini bisa dikonsumsi langsung, diolah jadi jus, dijadikan campuran salad buah, hingga dijadikan dekorasi makanan.

Ada banyak manfaat buah berry, diantaranya dibuktikan oleh penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal. Dalam penelitian tersebut ditemukan fakta jika konsumsi buah berry efektif meringankan risiko terjadinya diabetes tipe 2 bagi penderita prediabetes serta penderita gangguan lambung.


Alasan Buah Berry Baik Dikonsumsi Pasien Diabetes

Diabetes merupakan penyakit kronis yang terjadi ketika tubuh mengalami masalah penyerapan insulin, yang berakibat kepada penumpukan gula dalam darah. Inilah alasan kenapa Anda harus selektif dalam memilih makanan, terutama makanan yang mengandung gula. 

Buah berry termasuk dalam jenis bahan makanan dengan kandungan indeks glikemiks yang sangat rendah, hanya sekitar 53 gram, sangat mirip dengan indeks glikemik dalam buah pisang, nanas, dan kiwi yang dikenal sebagai buah ramah diabetes.

Selain itu, buah berry termasuk dalam jenis buah dengan kandungan antioksidan tinggi, yang berfungsi mencegah stres oksidatif yang berhubungan erat dengan terjadinya resistensi insulin dan beberapa penyakit kronis lainnya, seperti jantung, stroke, hipertensi, dan lainnya. 

Manfaat buah berry bagi diabetes tidak terbatas pada kandungan antioksidan serta indeks glikemiknya yang rendah, tapi juga pada kandungan nutrisinya yang cukup lengkap, mulai dari vitamin C, E, K, kalsium, kalium, folat, magnesium, dan lainnya.

Semua kandungan tersebut mampu membantu meningkatkan kualitas kesehatan Anda, dan mampu membantu meningkatkan respon tubuh terhadap insulin. Ini sangat baik untuk mengendalikan kadar gula darah, dan mencegah terjadinya penyakit diabetes type-2.


Manfaat Buah Berry Didukung Bukti Ilmiah

Manfaat buah berry ini tidak hanya berdasarkan catatan kandungan nutrisinya saja, namun didukung langsung oleh beberapa penelitian, salah satunya penelitian bersama yang dilakukan Universitas de Montreal, Universite de Moncton, dan The Institut Armand-Frappier.

Penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Obesity tersebut menemukan fakta jika jus buah berry berperan sebagai antidiabetes dan antiobesitas.

Dalam penelitian tersebut tim peneliti menguji efek jus berry ke dalam grup tikus yang rentan mengalami obesitas, diabetes, resistensi insulin, dan hipertensi. Hasilnya, tidak hanya gula darah yang terkendali, berat badan tikus juga mengalami penurunan signifikan.

Meski penelitian masih dilakukan terhadap tikus, namun diperkirakan efek yang sama berlaku untuk manusia. Penelitian lanjutan perlu dilakukan untuk mengetahui dosis yang tepat agar manfaat buah berry untuk diabetes bisa didapat lebih maksimal. 


Buah Lain untuk Pengidap Diabetes dan Gangguan Lambung

Selain buah berry, sebenarnya masih banyak buah lainnya yang bisa Anda konsumsi untuk membantu mengendalikan gula darah, diantaranya apel, nanas, anggur, pisang, mangga, ceri, persik, kiwi, jeruk, apricot, blewah, pepaya dan lainnya.

Bagi Anda yang menderita gangguan asam lambung, buah-buah berry dikenal punya banyak manfaat bagi penderita asam lambung. Jenis-jenis yang baik diantaranya seperti blackberry, blueberry, dan raspberry.

Buah berry juga masuk dalam buah yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes karena terdapat kandungan zat yang bisa mengatur gula darah, pembersihan glukosa dari darah serta meningkatkan kemampuan insulin.

Anda bisa mengkombinasikan buah-buahan tersebut dalam menu salad buah, es buah atau bisa juga diolah menjadi jus. Cara lainnya, Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan tersebut secara langsung sebagai cemilan, pencuci mulut dan lainnya.

Namun perlu dipastikan kondisi lambungnya, jika mengalami hipersensitifitas yang mengakibatkan meningkatnya asam lambung, sebaiknya sebelum mengkonsumsi buah-buahan tersebut lapisi lambung dengan makanan ringan terlebih dahulu.


Manfaat buah berry memang sangat banyak, namun jangan lupakan makanan lainnya, seperti sayuran hijau, biji-bijian, dan lainnya. Selain itu, pastikan makanan tersebut tidak diolah dengan gula tambahan. Jika ingin mendapatkan rasa manis yang lebih legit, gunakan madu atau kayu manis saja.  


Referensi: 

Everyday Health. Diakses pada 2021. 8 Best Fruits for a Diabetes-Friendly Diet.

Healthline. Diakses pada 2021. Are Blueberries Good for Diabetes?





Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya