manfaat jahe merah
Ahlinya Lambung

Manfaat Jahe Merah untuk Cegah Perih Jadi Parah, Apa Bisa?

25 September 2020 - 3 menit membaca

Obat tradisional menjadi pilihan alternatif yang unggul di kalangan masyarakat Indonesia. Salah satu bahan yang sering digunakan sebagai obat tradisional adalah jahe merah. Jahe merah memiliki beragam manfaat untuk bantu mengobati beragam penyakit, termasuk gangguan lambung. Yuk, ketahui apa saja manfaat di balik rempah yang satu ini.


Manfaat jahe merah untuk atasi gangguan lambung

Secangkir jahe merah begitu nikmat saat diseduh dengan gula jawa. Sensasi pedasnya selalu jadi andalan untuk meredakan gejala beragam penyakit, salah satunya gangguan lambung. 

Kondisi ini dikenal dengan istilah medis dispepsia, disebabkan oleh gangguan lambung. Pola makan yang tidak teratur dan gaya hidup tidak sehat, seperti minum alkohol atau terlalu banyak konsumsi makanan pedas maupun berlemak, bisa menjadi pemicu gangguan lambung.

Gejala awal gangguan lambung meliputi:

  • sakit perut bagian atas

  • perut kembung

  • banyak bersendawa

  • perut terasa penuh karena banyak gas

  • asam lambung naik

  • sensasi heartburn (terasa panas di area dada karena asam lambung naik)

  • mual dan bisa jadi muntah

Tentunya jika sudah gangguan lambung, kamu jadi tidak bisa leluasa melakukan aktivitas. Fokusmu hanya menahan rasa tidak nyaman karena gejala yang muncul. Nah kabar baiknya, jahe merah memiliki manfaat yang bisa meredakan gejala tersebut. 

Berbagai penelitian meninjau beberapa sifat jahe merah yang bermanfaat meredam gejala awal gangguan lambung.


Antioksidan

Jahe merah memiliki kandungan gingerol, senyawa aktif yang berperan sebagai antioksidan. Aktivitas antioksidan dalam gingerol memberi manfaat untuk mencegah atau menghentikan kerusakan sel. Dalam kasus ini, sifat antioksidan dapat mencegah terjadinya kerusakan sel yang rusak pada dinding lambung.


Antiperadangan

Saat gangguan lambung terjadi, produksi asam lambung biasanya meningkat. Saat ini terjadi, mungkin saja asam dapat mengiritasi dinding lambung dan memicu terjadinya peradangan. Untungnya, jahe merah membawa manfaat sebagai sifat antiperadangan. Sifat ini juga ditemukan pada senyawa gingerol pada jahe merah.

Gingerol di dalam jahe merah mampu melindungi dinding lambung dari iritasi maupun peradangan akibat asam lambung. Senyawa ini bekerja dengan menghambat produksi asam lambung berlebih. Efek ini membuat gejala lebih berkurang dan mereda.


Mencegah mual atau antinausea

Mual merupakan gejala gangguan lambung yang kerap dijumpai. Rasa ingin muntah ini tentunya mengganggu dan membuat nafsu makan jadi berkurang. Jahe merah menyediakan manfaat untuk cegah mual yang terjadi saat gangguan lambung.

Jahe merah dapat menghambat produksi prostaglandin di dalam lambung. Senyawa ini ditemukan pada dinding dan asam lambung pada konsentrasi yang tinggi. Kehadiran prostaglandin yang berlebihan ini dapat membahayakan dinding lambung, karena bisa meningkatkan produksi asam lambung.

Produksi asam lambung yang berlebihan ini bisa naik ke atas kerongkongan dan menimbulkan efek mual. Di sini, jahe merah memiliki aktivitas antinausea atau mencegah rasa mual. Karena jahe merah mampu menekan produksi prostaglandin yang memicu sekresi asam lambung berlebih. Dengan begitu, jahe merah dapat membuatmu merasa lebih baik karena fungsinya yang dapat redakan gejala.


Jahe merah, obat herbal redakan gejala awal gangguan lambung

Sekarang, kamu sudah tahu beragam sifat jahe merah yang menawarkan manfaat meredakan gejala awal gangguan lambung. Sifat antioksidan, antiperadangan, dan antinausea pada jahe merah, dapat dikatakan sebagai gastroprotektif karena aktivitasnya yang mampu melindungi lambung.

Dikatakan pula dalam Jurnal Ilmiah Farmasi, jahe merah merupakan obat herbal yang efektif digunakan dalam mengobati berbagai penyakit, termasuk gangguan lambung. Peneliti juga mengatakan bahwa komponen aktif yang terkandung di dalam jahe merah dapat secara efektif digunakan sebagai pengobatan herbal yang aman.

Untuk mendapatkan manfaat jahe merah untuk atasi gangguan lambung, kamu bisa menyeduh irisan jahe merah dengan air matang yang direbus dan dicampurkan dengan madu agar terasa lebih nikmat saat diminum. 

Selain minum secangkir ramuan jahe merah, adapun cara lebih praktis untuk mengatasi gangguan lambung, yaitu dengan mengonsumsi Promag Herbal. Kandungan jahe merah di dalamnya mampu redakan gangguan lambung yang mengganggu, seperti mual, kembung, dan mengurangi sakit perut karena lambung yang meradang.

Selain jahe merah, Promag Herbal juga mengandung kunyit, ananas, madu dan royal jelly, akar manis, adas, serta daun mint. Semuanya bekerjasama untuk lawan gangguan lambung yang mengganggu.

Yuk, jaga kesehatan lambungmu selalu dan siap sedia Promag Herbal kapan saja untuk tuntaskan gangguan lambung.

 

Referensi:

staff, f. (2018). What Causes Indigestion (Dyspepsia)? - Symptoms | familydoctor.org. Retrieved 24 August 2020, from https://familydoctor.org/condition/indigestion-dyspepsia/

Pungus, M., Lintong, M., & Sambuaga, M. (2020). Efek Pemberian Ekstrak Jahe (Zingiber officinale) terhadap Gambaran Histopatologik Lambung Tikus Wistar yang Diinduksi Asam Asetat. Medical Scope Journal, 1(2). doi: 10.35790/msj.1.2.2020.27826

Jahe (Zingiber Officibale) Sebagai Anti Ulserogenik. (2020). Retrieved 24 August 2020, from http://repository.lppm.unila.ac.id/8561/1/Medula%20Vol%207%20Nmr%205%20des%202017.pdf

Ghasemzadeh, A., Jaafar, H., & Rahmat, A. (2016). Variation of the Phytochemical Constituents and Antioxidant Activities of Zingiber officinale var. rubrum Theilade Associated with Different Drying Methods and Polyphenol Oxidase Activity. Molecules, 21(6), 780. doi: 10.3390/molecules21060780

Syafitri, D., Levita, J., & Diantini, A. (2018). A Review: Is Ginger (Zingiber officinale var. Roscoe) Potential for Future Phytomedicine?. Indonesian Journal Of Applied Sciences, 8(1). Retrieved from http://jurnal.unpad.ac.id/ijas/article/view/16466/7858

(6) Gingerol - an overview | ScienceDirect Topics. (2020). Retrieved 24 August 2020, from https://www.sciencedirect.com/topics/pharmacology-toxicology-and-pharmaceutical-science/6-gingerol

Nikkhah Bodagh, M., Maleki, I., & Hekmatdoost, A. (2018). Ginger in gastrointestinal disorders: A systematic review of clinical trials. Food Science & Nutrition, 7(1), 96-108. doi: 10.1002/fsn3.807

staff, f. (2010). Antioxidants: What You Need to Know - familydoctor.org. Retrieved 24 August 2020, from https://familydoctor.org/antioxidants-what-you-need-to-know/

Functional Dyspepsia. (2020). Retrieved 24 August 2020, from https://badgut.org/information-centre/a-z-digestive-topics/functional-dyspepsia/

Functional Dyspepsia. (2020). Retrieved 24 August 2020, from https://badgut.org/information-centre/a-z-digestive-topics/functional-dyspepsia/

Use the online Table styler for creating grid layout on websites because the traditional HTML tables are outdated and not responsive.

The free online CSS minimizer will compress the style files for your websites in seconds.

Artikel Terkait
Health

Intip 3 Studi Tentang Khasiat Jahe Merah untuk Kesehatan