Manfaat Buah Naga. Bisa Bantu Kendalikan Gula Darah
Health

Manfaat Buah Naga. Bisa Bantu Kendalikan Gula Darah

15 October 2021 - 3 menit membaca




Buah naga sebenarnya tidak masuk dalam kategori buah-buahan, melainkan jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari wilayah Amerika Tengah dan Amerika Selatan, kemudian dibudidayakan di banyak wilayah Asia, termasuk Indonesia, Taiwan dan Malaysia.

Di Indonesia, Anda akan menemukan dua jenis buah naga, yakni buah naga daging putih, dan buah naga daging merah. Tapi jangan khawatir, perbedaan warna daging buahnya tidak membuat manfaat buah naga ikut berbeda. Keduanya hampir sama, sumber vitamin E dan magnesium. 

Dalam buah naga putih terkandung senyawa antioksidan yang bernama hydroxycinnamates dan betalain. Keduanya merupakan jenis antioksidan kuat dan bersifat radical scavenging, atau efektif melindungi tubuh dari berbagai gangguan penyakit akibat stress oksidatif. 

Sementara untuk buah naga merah, dia mengandung lebih banyak likopen, senyawa yang berasal dari kelompok karotenoid, yang bersifat sifat antioksidan untuk mencegah berbagai macam jenis penyakit, mulai dari kanker, serangan jantung, dan lainnya. 


Buah Naga Baik Dikonsumsi Pengidap Diabetes

Pasien prediabetes sangat disarankan rutin mengkonsumsi buah naga. Pasalnya, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Plos One membuktikan jika rutin konsumsi buah naga bermanfaat untuk menurunkan, dan mengendalikan kadar gula darah. 

Efek ini diyakini berasal dari bagian bijinya yang efektif mendorong pertumbuhan sel pankreas untuk memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup. Selain itu, dalam penelitian lainnya disebutkan jika rutin mengkonsumsi buah naga ampuh menurunkan hipertensi. 

Selain itu, berikut merupakan beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan, terutama dalam upaya mengendalikan dan menurunkan kadar gula darah. 


  • Buah naga mengandung flavonoid, antioksidan yang efektif mencegah kerusakan pankreas akibat stres oksidatif. Dengan pankreas yang sehat, produksi insulin akan lebih maksimal. 
  • Buah naga efektif meregenerasi sel beta pankreas yang berfungsi memaksimalkan produksi insulin dalam tubuh, dan membantu mengendalikan kadar gula darah.
  • Jus buah naga putih mengandung betacyanin. Zat ini terdapat di bagian kulit bagian dalam buah naga, yang berfungsi menurunkan resiko resistensi insulin, penyebab diabetes type-2.
  • Pasien prediabetes disarankan rutin mengkonsumsi buah naga untuk mencegah terkena diabetes mellitus tipe 2, sekaligus mengendalikan kadar gula darah.
  • Buah naga mengandung flavonoid yang berfungsi menurunkan resiko komplikasi akibat penyakit diabetes, terutama mencegah penyakit jantung, hipertensi dan gangguan lainnya.


Manfaat buah naga lainnya adalah, mampu menurunkan lemak hati dalam jumlah yang tinggi. Adanya lemak hati ini terkait dengan resiko resistensi insulin dan perubahan inflamasi dalam tubuh. Buah naga juga mengandung serat yang penting dalam mendukung upaya pengendalian gula darah.


Cara Mengolah Buah Naga Untuk Diabetes

Untuk mencegah, sekaligus mengendalikan kadar gula darah dengan rutin mengkonsumsi buah naga, ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan, salah satunya tidak berlebihan saat mengkonsumsinya, maksimal 25 gram per hari. 

Selain itu, pastikan untuk tidak menambahkan bahan lainnya, terutama gula yang justru akan membuat kadar gula darah Anda melonjak naik. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung, atau bisa juga diolah menjadi jus tanpa gula, dijadikan campuran salad dan lainnya

Jika Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, terutama obat terkait hipertensi dan penurun gula darah, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Konsumsi buah naga bersama obat penurun gula darah bisa meningkatkan resiko hipoglikemia, kondisi ketika kadar gula menurun drastis.

Jangan lupa untuk memaksimalkan manfaat buah naga ini dengan rutin berolahraga setidaknya 30 menit per hari, kendalikan stres, jaga pola makan, dan fokus jalankan gaya hidup sehat.


Referensi:

  1. Medicalnewstoday. Diakses pada 2021. What Are The Proven Benefits Of Dragon Fruit?
  2. WebMD. Diakses pada 2021. Diabetes and Fruit.




Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya