Manfaat Buah Ciplukan, Tanaman Yang Sering Dianggap Liar
Health

Manfaat Buah Ciplukan, Tanaman Yang Sering Dianggap Liar

21 June 2021 - 3 menit membaca

Anda mungkin mengenal ciplukan sebagai tanaman liar yang biasa tumbuh di pekarangan rumah, di sela-sela tanaman liar, dan buahnya kerap dikonsumsi anak-anak saat bermain. Namun dibalik semua itu, ternyata manfaat ciplukan diakui dunia kesehatan lho!

Buah dengan nama latin physalis peruviana ini dikenal juga dengan nama golden berry, morel berry, atau goose cape berry. Buah ini mengandung cukup banyak protein, serat, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin C, vitamin B1, B2, B3, vitamin A, dan lainnya. 

Dengan kandungan nutrisinya yang cukup lengkap, ciplukan dipercaya dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya:

Mencegah Kerusakan Sel

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pharmacognosy Review, ciplukan merupakan buah dengan kandungan antioksidan, yang sangat efektif memperbaiki kerusakan sel akibat paparan radikal bebas, dan melindungi tubuh dari dampak buruk radikal bebas.

Selain itu, buah ini pun mengandung fenolik, sejenis antioksidan yang secara khusus efektif untuk melawan pertumbuhan kanker payudara dan kanker usus besar, dan beberapa jenis antioksidan lainnya yang baik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan akibat kerusakan sel.

Melawan Peradangan

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Hawai’i Journal of Medicine & Public Health, menyebut jika ciplukan mengandung withanolides, yang berfungsi membantu melawan efek peradangan yang menyebabkan penyakit radang usus. 

Sementara penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Crohn's and Colitis, menjelaskan jika ciplukan efektif mengurangi peradangan pada inflammatory bowel disease (IBD). Namun untuk manfaat ciplukan yang satu ini masih dibutuhkan penelitian lanjutan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ciplukan merupakan salah satu buah yang mengandung polifenol, jenis antioksidan yang bekerja dengan cara meningkatkan sistem kekebalan dan mencegah terjadinya peradangan. Selain itu, ciplukan pun mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai imun booster bagi tubuh. 

Dalam setiap 100 gram ciplukan terkandung 11 mg  vitamin C, yang dapat memenuhi 17 persen kebutuhan vitamin C harian untuk pria dan 21 persen kebutuhan vitamin C harian untuk wanita. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, Anda disarankan mengkonsumsinya secara langsung.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Selain mengandung protein dan zat besi, manfaat ciplukan lainnya adalah, mampu menjaga kesehatan tulang, meningkatkan kepadatan tulang, menurunkan risiko patah tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. Hal ini disebabkan karena buah ini mengandung vitamin K yang cukup tinggi

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Endocrinology, menyarankan jika Anda sebaiknya mengimbangi konsumsi vitamin K dari ciplukan bersama dengan vitamin D.

Meningkatkan Fungsi Penglihatan 

Ciplukan mengandung beberapa jenis karotenoid, seperti beta karoten dan zat lutein, yang bermanfaat dalam menurunkan risiko degenerasi makula, dan menurunkan resiko kebutaan. Bahkan zat lutein dalam ciplukan diklaim mampu melindungi mata dari kebutaan akibat diabetes.

Namun ingat, agar manfaat ciplukan ini bisa dirasakan lebih maksimal, pastikan mengkonsumsi buah yang sudah matang sempurna. Hal ini bisa dilihat dari buah yang berwarna kuning keemasan, dan rasanya manis, ada juga yang sedikit asam menyegarkan. 

Buah ciplukan yang mentah (umumnya rasanya pahit dan berwarna hijau) pun harus dihindari karena mengandung solanin, sejenis racun yang secara alami banyak ditemukan dalam sayuran seperti tomat dan kentang. Racun ini beresiko menyebabkan masalah pencernaan, seperti diare dan kram perut. 


Referensi: 

  1. steemit.com. Diakses 2021. Morel Berry, a wild plant rich in benefits
  2. cantik.tempo.co. Diakses 2021. Manfaat Kesehatan Buah Ciplukan, Tangkal Kanker sampai Epilepsi
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya