manfaat akar manis
Ahlinya Lambung

Manfaat Akar Manis yang Baik untuk Kesehatan Pencernaan

25 September 2020 - 3 menit membaca

Akar manis alias licorice merupakan si manis yang umum dijadikan bahan pembuatan permen dan minuman. Tak hanya itu, si manis ini ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan. Konon, manfaat akar manis mampu melindungi kesehatan pencernaan. Yuk, kita simak bersama.

Khasiat akar manis bagi kesehatan pencernaan

Berdasarkan Mayo Clinic, kumpulan gejala yang suka disebut maag alias dispepsia memiliki gejala, seperti:

  • Cepat kenyang

  • Perut kembung

  • Sakit perut

  • Perih ulu hati alias heartburn

  • Mual

Berdasarkan sebuah uji klinis, ekstrak akar manis memiliki manfaat mengurangi gejala maag. Studi tersebut menyatakan bahwa akar manis memiliki karakteristik sebagai penawar rasa sakit, antiperadangan, dan antiulkus (antiulcer).

Antiulkus

Ulkus merupakan istilah untuk luka yang timbul pada selaput lendir pelindung lapisan lambung alias perut. Manfaat akar manis dalam menyembuhkan luka di dalam perut telah dikonfirmasi pada sejumlah uji klinis sejak tahun 1970-an. Lantas, bagaimana bisa akar manis membantu penyembuhan luka di dalam perut?

Studi The Healing Effect of Licorice (Glycyrrhiza Glabra) on Helicobacter Pylori Infected Peptic Ulcers menyebutkan bahwa akar manis membantu produksi lendir yang bisa dimanfaatkan untuk melindungi perut. Di dalam perut, ada asam lambung yang memang berfungsi untuk mencerna makanan. Akan tetapi, terkadang asam ini mampu menembus selaput lendir yang melindungi perut.

Dengan bantuan akar manis, produksi lendir bertambah sehingga selaput lendir yang terluka akan kembali pulih.

Antiperadangan

Ekstrak akar manis juga mampu melindungi lapisan perut yang mengalami iritasi. Hasilnya, mencegah peradangan pada luka terbuka menjadi lebih parah. Pengujian akar manis juga menunjukkan manfaat ekstrak akar manis terbukti banyak mengurangi gejala sakit perut, perut kembung, dan perih ulu hati akibat gangguan pencernaan.

Maka dari itu, akar manis berpotensi menjadi obat berbahan alami untuk mengobati maag.

Penawar rasa sakit

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, gangguan pencernaan dapat menyebabkan perih ulu hati karena asam lambung naik ke saluran kerongkongan. Pemicunya karena otot halus (sfingter) di kerongkongan bagian bawah tak sengaja terbuka akibat efek makanan atau karena perut yang penuh karena lambatnya pengosongan lambung.

Asam lambung yang naik ke kerongkongan dapat menyebabkan iritasi dan membuat suara menjadi serak. Sama seperti pada lambung, khasiat ekstrak akar manis juga meningkatkan lapisan selaput pelindung kerongkongan. Perlindungan sementara ini membantu melawan efek berlawanan dari asam lambung yang tidak berada di tempat yang seharusnya.

Alhasil, akar manis mampu menjadi penawar rasa sakit ketika perih ulu hati menyerang.

Menggunakan manfaat akar manis sebagai obat

Harap dicatat bahwa ekstrak akar manis mengandung senyawa yang dikenal sebagai glycyrrhizin. Senyawa ini mampu meningkatkan gula darah pada beberapa orang. Dengan kata lain, harap berhati-hati jika ingin menggunakan akar manis untuk membuat teh, terutama jika berisiko tinggi terkena penyakit yang berhubungan dengan gula darah.

Namun, jangan khawatir karena ekstrak akar manis yang digunakan dalam obat-obatan umumnya dikelola terlebih dahulu menjadi bentuk deglycyrrhizinated licorice (DGL). Pengelolaan ini membuat ekstrak akar manis tetap bermanfaat membantu gangguan pencernaan, sembari banyak mengurangi dampak efek sampingnya. Anda juga dapat memilih obat dari tanaman herbal yang telah memiliki izin beredar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), seperti Promag Herbal.

Promag Herbal merupakan obat untuk meredakan gangguan lambung yang mengandung akar manis. Akar manis pada Promag Herbal berkhasiat mempercepat penyembuhan radang lambung. Selain itu, kandungan tanaman herbal, seperti kunyit, jahe merah, madu, royal jelly, adas, ananas, dan daun mint juga turut mengurangi gejala perut kembung, mual, muntah, dan membantu proses pencernaan.

Referensi

Harvard Health Publishing. (2019, September 24). Herbal remedies for heartburn. Harvard Health. Retrieved August 28, 2020, from https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/herbal-remedies-for-heartburn

Heartburn and acid reflux. (2017, October 23). nhs.uk. Retrieved August 28, 2020, from https://www.nhs.uk/conditions/heartburn-and-acid-reflux/

Indigestion - Symptoms and causes. (2019, April 19). Mayo Clinic. Retrieved August 28, 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/indigestion/symptoms-causes/syc-20352211

Licorice. (n.d.). Kaiser Permanente Washington. Retrieved August 28, 2020, from https://wa.kaiserpermanente.org/kbase/topic.jhtml?docId=hn-2122006

Rahnama, M., Mehrabani, D., Japoni, S., Edjtehadi, M., & Firoozi, M. S. (2013). The healing effect of licorice (Glycyrrhiza glabra) on Helicobacter pylori infected peptic ulcers. Journal of Research in Medical Sciences, 18(6), 532-533. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3818629/

Raveendra, K. R., Jayachandra, Srinivasa, V., Sushma, K. R., Allan, J. J., Goudar, K. S., Shivaprasad, H. N., Venkateshwarlu, K., Geetharani, P., Sushma, G., & Agarwal, A. (2012). An extract ofGlycyrrhiza glabra(GutGard) alleviates symptoms of functional dyspepsia: A randomized, double-blind, placebo-controlled study. Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, 2012, 1-9. https://doi.org/10.1155/2012/216970

Artikel Terkait