Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Lambung
Health

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Lambung

13 August 2021 - 3 menit membaca

Air kelapa merupakan salah satu minuman populer yang kerap digunakan sebagai pelepas dahaga. Umumnya, kita akan lebih memilih mengkonsumsi air kelapa muda yang rasanya lebih manis menyegarkan. Sementara air kelapa tua rasanya kurang enak sehingga kurang banyak digunakan.

Terlepas dari semua itu, baik air kelapa muda maupun air kelapa tua, keduanya mengandung nutrisi yang cukup melimpah. Secara umum, air dari buah dengan nama latin cocos nucifera ini mengandung 4,1 gram gula dan 16 kalori. 

Air kelapa pun mengandung kalium yang jauh lebih tinggi ketimbang minuman olahraga, bahkan empat kali lebih tinggi ketimbang kalium dalam buah pisang, sehingga sangat cocok dikonsumsi sebagai minuman pengganti elektrolit setelah berolahraga, atau saat cuaca panas. 


Bisa Meredakan Sakit Maag

Sakit maag bisa disebabkan karena peradangan yang terjadi di sekitar dinding lambung. Kondisi ini membuat dinding lambung tidak bisa menyerap air dan gula dengan maksimal. Hal yang sama terjadi kepada beberapa mineral esensial, seperti kalsium, kalium, natrium, dan magnesium.

Untuk mengatasinya, Anda bisa rutin mengkonsumsi air kelapa muda. Kandungan zat tanin dalam air kelapa ini bersifat anti-peradangan, sehingga dengan rutin mengkonsumsi air kelapa, gejala maag seperti mual, perut mulas, perih, hingga kembung pun bisa diatasi dengan baik. 

Selain itu, air kelapa pun mengandung banyak mineral penting, vitamin, dan nutrisi lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan.

Manfaat lainnya, air kelapa bisa mengatasi infeksi ringan yang terjadi di dalam tubuh, termasuk infeksi lambung. Hal ini berkat kandungan asam laurat yang berfungsi sebagai anti-kuman, yang bekerja dengan cara mengubah diri menjadi monolaurin, komponen penting untuk melawan infeksi.

Dilansir dalam WebMD, air kelapa pun efektif untuk mengendalikan intensitas refluks asam yang memicu terjadinya penyakit maag. Dengan rutin mengkonsumsi air kelapa, produksi asam lambung bisa dikendalikan dan gejala sakit maag pun akan berkurang. 

Faktor penting lainnya yang membuat air kelapa muda bisa mengatasi sakit maag karena bersifat basa sehingga mampu mengendalikan asam lambung, baik untuk melancarkan pencernaan sehingga kinerja lambung lebih ringan, dan menjaga kesehatan lambung.


Berapa Asupan Air Kelapa yang Tepat?

Di Indonesia, kelapa sangat mudah ditemukan, bahkan air kelapa muda bisa didapat dengan harga yang sangat murah. Namun meskipun begitu, Anda tetap harus membatasi konsumsinya, mengingat air kelapa mengandung kalium yang sangat tinggi. 

Seperti dijelaskan di atas, kalium mengandung sejumlah manfaat, terutama untuk menggantikan elektrolit tubuh yang terbuang selama berolahraga atau cuaca panas. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, efeknya bisa sangat berbahaya bagi tubuh. 

Ada sejumlah efek samping yang mungkin Anda rasakan saat mengkonsumsi air kelapa secara berlebihan seperti sakit perut, pusing, keringat dingin,  sakit perut, nafas yang terengah-engah, kinerja otot terganggu, hingga yang terparah adalah gangguan jantung. 

Selain itu, air kelapa yang bagus sebaiknya dikonsumsi sesaat setelah dibelah. Makin lama disimpan di udara terbuka, kandungan nutrisi dalam air kelapa akan mengalami penurunan. Selain itu, air kelapa pun termasuk mudah basi, dan bisa membahayakan kesehatan. 

Orang yang memiliki riwayat hipotensi atau tekanan darah rendah disarankan menghindari konsumsi air kelapa muda secara berlebih. Jumlah ideal konsumsi air kelapa muda per hari sebaiknya tidak lebih dari 500 ml.


Referensi: 

  1. webmd.com. Diakses pada 2021. Coconut Water.
  2. thehealthsite.com. Diakses pada 2021. Acidity Troubling You? Drink Some Coconut Water.
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya