manfaat adas
Ahlinya Lambung

Manfaat Adas untuk Asam Lambung dan Cara Mengonsumsinya sebagai Obat Herbal

25 September 2020 - 3 menit membaca

Foeniculum vulgare merupakan tumbuhan yang umum dikenal sebagai tanaman adas. Adas termasuk tanaman herbal yang cukup penting digunakan sebagai pengobatan tradisional. Konon kegunaannya mampu membantu masalah pencernaan sampai pernapasan. Yuk, cari tahu manfaat adas untuk perut, terutama asam lambung serta cara menggunakan tanaman satu ini sebagai obat herbal.

Manfaat adas untuk lambung

Adas, istilah lokal untuk fennel, merupakan tanaman yang ditanam di banyak tempat di dunia. Batang, daun, biji atau seluruh bagian adas pun mampu digunakan sebagai bahan obat-obatan. Kebaikannya dimanfaatkan untuk berbagai macam pengobatan penyakit.

Lantas, seperti apa manfaat adas dalam urusan perut, seperti untuk asam lambung?

Asam lambung merupakan isi lambung yang membantu tubuh mencerna makanan. Namun, asam lambung mampu naik ke bagian kerongkongan. Penyebabnya, otot halus (sfingter) di saluran esofagus bekerja tidak normal. Alhasil, sfingter yang seharusnya menutup malah terbuka sehingga memberi kesempatan asam lambung untuk naik.

Berdasarkan National Health Security (NHS), kenaikan ini dapat menimbulkan gejala perut kembung dan begah. Perut yang kembung dan begah terjadi karena penumpukan gas di perut. Terkadang, gejala tersebut juga membuat Anda tidak dalam kondisi prima sehingga mengganggu produktivitas.

Kajian berjudul Prevention and Treatment of Flatulence From a Traditional Persian Medicine Perspective menyebutkan bahwa adas memiliki efek mengusir gas. Selain itu, adas juga memiliki efek melemaskan otot di perut yang menegang tanpa disengaja (antispasmodik). Otot-otot yang menegang dapat membuat gas terjebak di perut sehingga sulit keluar.

Dengan kata lain, manfaat adas dalam asam lambung dan perut adalah membantu mengurangi gas yang terlalu banyak di perut. Penumpukan ini terjadi karena gejala naiknya asam lambung.

Cara menggunakan adas untuk kesehatan pencernaan

Adas kerap dijadikan bahan untuk membuat teh. Mengonsumsi teh yang terbuat dari biji adas memiliki manfaat untuk pencernaan. Begini cara membuat teh biji adas yang simpel dan mudah dilakukan:

  • Siapkan biji adas secukupnya

  • Masukkan biji adas ke dalam teko dengan air mendidih

  • Rebus selama 5-10 menit; makin lama direbus, rasa adas di teh akan bertambah kuat

  • Setelah direbus, saring biji adas dan tuang teh ke cangkir Anda

  • Silakan menikmati teh adas yang telah dibuat

Selain sebagai teh, manfaat adas dapat diperoleh dengan cara yang lain. Bagian umbi dari tanaman adas dapat menjadi sayuran di menu makanan harian. Caranya dengan:

  • Membersihkan umbi adas dengan air mengalir

  • Iris tipis umbi yang telah dicuci

  • Gunakan irisan tipis umbi adas ke dalam hidangan salad, sup, atau semur

Irisan umbi adas juga dapat dimasukkan ke dalam jus sayuran Anda. Jika tidak ingin mengiris umbi adas, Anda dapat mengolahnya dengan cara dipanggang. Selanjutnya, biji adas juga dapat dimakan untuk membantu masalah pencernaan.

Sebagai bahan makanan, adas memiliki kesamaan seperti bawang, tetapi tidak mengeluarkan aroma yang sekuat bawang.

Manfaat adas dalam bentuk obat

Adas memang ampuh mengatasi perut kembung dan begah. Sayangnya, tak semua orang memiliki waktu atau mampu mengolah adas ketika kedua masalah tersebut menyerang tiba-tiba. 

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena kebaikan adas telah hadir dalam bentuk Promag Herbal. Promag Herbal merupakan pilihan praktis dan mudah didapatkan ketika gejala gangguan lambung, seperti perut kembung, begah, mual, muntah, dan perih ulu hati yang menghambat hari Anda. Tak hanya itu, ragam tanaman herbal lainnya yang terdapat di Promag Herbal juga ampuh melawan gejala maag lainnya!

Referensi

Cook For Your Life. (2020, April 5). Simple fennel tea. Retrieved August 27, 2020, from https://www.cookforyourlife.org/recipes/simple-fennel-tea/

Heartburn and acid reflux. (2017, October 23). nhs.uk. Retrieved August 27, 2020, from https://www.nhs.uk/conditions/heartburn-and-acid-reflux/

How can I relieve bloating? (n.d.). The IBS Network. Retrieved August 27, 2020, from https://www.theibsnetwork.org/bloating/how-can-i-get-relief/

Indigestion - Symptoms and causes. (2019, April 19). Mayo Clinic. Retrieved August 27, 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/indigestion/symptoms-causes/syc-20352211

Larijani, B., Esfahani, M. M., Moghimi, M., Shams Ardakani, M. R., Keshavarz, M., Kordafshari, G., Nazem, E., Hasani Ranjbar, S., Mohammadi Kenari, H., & Zargaran, A. (2016). Prevention and treatment of flatulence from a traditional Persian medicine perspective. Iranian Red Crescent Medical Journal, 18(4). https://doi.org/10.5812/ircmj.23664

This unique vegetable has the power to do wonders for your digestion. (2019, November 13). One Green Planet. Retrieved August 27, 2020, from https://www.onegreenplanet.org/natural-health/fennel-and-digestion/

Artikel Terkait
Health

Ini Dia Manfaat Herbal Adas (Fennel) yang Jarang Diketahui Orang