Makanan Yang Baik Untuk Lambung
Health

Makanan Yang Baik Untuk Lambung

18 February 2021 - 3 menit membaca

Bagi penderita masalah lambung, memilih makanan merupakan salah satu hal penting yang harus selalu dilakukan. Pasalnya, salah memilih makanan, akibatnya bisa fatal. Bukan hanya kambuh, tapi salah mengkonsumsi makanan bisa menyebabkan kerusakan lambung yang lebih parah. 

Nah buat Anda yang masih bingung mencari asupan terbaik untuk lambung Abda, berikut merupakan beberapa makanan yang baik untuk lambung, dan sangat disarankan untuk dikonsumsi secara teratur.

Makanan Tinggi Serat

Makanan tinggi serat sangat dibutuhkan bagi penderita maag dan masalah lambung lainnya karena berfungsi untuk menyerap kelebihan asam lambung, membantu menyeimbangkan jumlah asam lambung dan mencegah asam lambung mengiritasi lambung dan organ pencernaan lainnya. 

Ada banyak sumber makanan yang kaya akan serat, termasuk oatmeal, roti gandum, sayuran hijau, rumput lain dan makanan tinggi serat lainnya. 

Jahe

Jahe merupakan bahan alami yang banyak ditemui di Indonesia. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, jahe pun biasa digunakan sebagai minuman tradisional, seperti wedang jahe, bir pletok, dan lainnya. Selain itu, jahe pun bisa digunakan sebagai jamu tradisional dan campuran obat herbal. 

Selain menghangatkan tubuh, jahe masuk dalam kategori makanan yang baik untuk lambung karena mampu menurunkan resiko naiknya asam lambung, meredakan mual dan kembung. Selain itu, aroma jahe pun sangat menangkan, dan mampu menstimulasi kinerja otot lambung. 

Lidah buaya

Selain digunakan untuk merawat kesehatan rambut, lidah buaya ternyata cukup ampuh mengatasi masalah asam lambung. Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Osteopathic Society.

Untuk mendapatkan manfaat dari lidah buaya, penulis buku Prescription for Natural Cures, Dr James F. Balch, menyarankan agar Anda mengkonsumsi ¼ cangkir jus lidah buaya setiap hari. Tapi ingat, setelah keluhan maag Anda tuntas, sebaiknya kurangi frekuensi konsumsi lidah buaya ini.

Daging tanpa lemak

Protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Namun bagi penderita asam lambung, sebaiknya hindari makanan tinggi lemak. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih daging tanpa lemak, ikan, telur dan ayam. 

Selain itu, perhatikan juga cara pengolahannya. Anda sebaiknya mengolah daging tanpa lemak dengan cara direbus (dibuat sup atau sayuran lainnya), dipanggang, dikukus atau dibakar. Jangan lupa imbangi dengan konsumsi sayuran hijau dan hindari makanan pedas.

Pisang

Pisang mengandung pH sekitar 5,6. Dengan kata lain, buah khas tropis ini cukup aman dikonsumsi oleh para penderita asam lambung. Tapi ingat, pastikan Anda mengkonsumsi jenis pisang terbaik dengan kandungan asam yang lebih rendah, seperti pisang raja, pisang ambon dan lainnya. 

Selain masuk dalam kategori makanan yang baik untuk lambung, pisang pun memiliki beberapa manfaat lainnya, diantaranya dapat meningkatkan kualitas tidur, menjaga kesehatan jantung dan lainnya. Pisang bisa dikonsumsi langsung, Anda bisa diolah jadi makanan lainnya. 

Roti Gandum

Nasi putih merupakan sumber karbohidrat paling populer di Indonesia. Namun sayang, kandungan serat dalam beras putih ini masih sangat sedikit, sehingga Anda butuh sumber karbohidrat lainnya yang bisa digunakan untuk meningkatkan jumlah konsumsi serat harian Anda. 

Ada banyak sumber karbohidrat komplek yang masuk dalam daftar makanan yang baik untuk lambung, salah satunya roti gandum, oatmeal, olahan beras merah, olahan beras hitam dan lainnya. Selain itu, Anda pun bisa mendapatkan sumber karbohidrat dari ubi, singkong dan lainnya.


Referensi:

  1. Healthline. Diakses pada 2020. 7 Foods to Add to Your Diet for Acid Reflux
  2. GERD diet: Diakses pada 2020. Foods to eat and avoid - Medical News Today
  3. Everyday Health. Diakses pada 2020. GERD Diet: Foods to Avoid and Foods to Consider
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya