Makan Apel Setiap Hari, Ini Manfaat Yang Bisa Anda Dapatkan
Health

Makan Apel Setiap Hari, Ini Manfaat Yang Bisa Anda Dapatkan

13 October 2021 - 3 menit membaca

Apel merupakan salah satu buah super dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Selain mengandung antioksidan dan berbagai jenis vitamin, apel mengandung serat, protein, karbohidrat, sodium, kalsium, niasin, potassium dan berbagai nutrisi lainnya. 

Direktur Penelitian French National Institute for Health and Medical Research di Strasbourg, Perancis, Francis Raul, Ph.D., menyebut jika apel mengandung phytochemical yang efektif mencegah terjadinya pembentukan sel kanker dalam tubuh, bersifat anti-radang dan anti-mutagenik.

Tidak hanya efektif mencegah terbentuknya kanker kolorektal, dalam penelitian tersebut dijelaskan jika apel merupakan buah super yang efektif menurunkan resiko kanker paru, kanker usus, kanker kulit, kanker saluran pencernaan, hingga kanker payudara. 


Manfaat Makan Apel Setiap Hari

Tidak hanya efektif mencegah berbagai jenis kanker, Anda disarankan untuk mengkonsumsi apel setiap hari demi mendapatkan beberapa manfaat berikut ini. 


Menangkal Radikal Bebas

Apel mengandung sejumlah antioksidan kuat, termasuk flavonoid dan phytochemical yang tidak hanya efektif menangkal pertumbuhan sel kanker, tapi juga ampuh melindungi tubuh dari paparan radikal bebas penyebab berbagai penyakit berbahaya, termasuk jantung dan hipertensi. 

Selain itu, kemampuan apel dalam menangkal radikal bebas dapat meredam stres oksidatif dan kerusakan DNA, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah penuaan dini, menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. 


Cegah Anemia

Tidak hanya dapat menangkal radikal bebas, makan apel setiap hari ternyata dapat menangkal anemia. Hal ini disebabkan karena apel mengandung sejumlah zat besi yang efektif membantu meningkatkan hemoglobin dalam darah. 

Kandungan zat besi yang melimpah dalam apel berfungsi memastikan seluruh tubuh mendapat pasokan oksigen yang cukup untuk menjalankan fungsinya dengan maksimal, mencegah rambut rontok, dan mendukung kesehatan selama masa kehamilan. 


Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Apel mengandung vitamin C yang berperan besar dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mendukung produksi interferon, sejenis protein alami dalam tubuh yang bertugas menghalau serangan virus, bakteri, dan patogen penyebab penyakit.

Kandungan vitamin C dalam buah apel berfungsi memaksimalkan proses detoksifikasi, membantu merawat kesehatan tulang rawan, mencegah serangan jantung, menurunkan resiko stroke, menjaga kesehatan pembuluh darah, menjaga kesehatan lambung dan lain sebagainya.


Menjaga Kesehatan Liver

Apel merupakan salah satu buah dengan kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga makan apel setiap hari akan membuat sistem pencernaan Anda lebih sehat. Tidak hanya itu, kandungan serat dalam apel pun ampuh menjaga kesehatan liver, dan baik dikonsumsi sebagai cemilan diet. 

Uniknya, kandungan serat dalam apel justru lebih banyak terdapat di bagian kulitnya, bukan di bagian dagingnya. Jadi saat Anda mengkonsumsi buah ini, pastikan tidak membuang bagian kulitnya. Agar lebih mudah, sebaiknya apel dikonsumsi secara utuh. 


Mengontrol Diabetes

Bagi pengidap diabetes, memilih makanan jadi hal yang wajib diperhatikan. Jika tidak selektif dalam memilih, gula darah akan melonjak dan beresiko menyebabkan komplikasi. Inilah alasan kenapa Anda disarankan mengkonsumsi apel setiap hari. 

Selain kandungan seratnya yang sangat tinggi, apel mengandung sejumlah nutrisi lainnya yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah, dan memaksimalkan produksi insulin dalam tubuh, termasuk antioksidan yang ampuh mencegah komplikasi akibat diabetes. 

Anda bisa makan apel setiap hari secara langsung sebagai cemilan diet, makanan sela, penglengkap dalam salad, atau bisa juga diolah menjadi jus tanpa gula tambahan. 


Referensi:

  1. WebMD. Diakses pada 2021. An Apple a Day for Cancer Prevention
  2. Healthline. Diakses pada 2021. 10 Impressive Health Benefits of Apples
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya