Lidah Buaya Bisa Obati Maag. Tapi Kenali Dulu Aturannya!
Lifestyle

Lidah Buaya Bisa Obati Maag. Tapi Kenali Dulu Aturannya!

18 February 2021 - 3 menit membaca

Lidah buaya dikenal sebagai bahan alami yang punya banyak manfaat. Selain digunakan untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, ternyata lidah buaya pun bisa jadi obat alami sakit maag. Namun sebelum itu, Anda harus mengenali aturannya. 

Maag sendiri bukanlah sebuah penyakit, namun gejala yang merujuk kepada penyakit yang menyerang lambung. Salah satu gejala maag yang paling umum adalah, mual, perut terasa mules, perih dan kembung. Gejala ini muncul saat makan, atau ketika terlambat makan. 

Selain itu, gejala maag pun kerap kambuh saat Anda mengkonsumsi makanan pedas, makanan dan minuman mengandung kafein, makanan tinggi lemak, atau saat mengkonsumsi makanan (termasuk buah-buahan) dengan kandungan asam yang tinggi. 

Lidah Buaya Obat Alami Sakit Maag

Dilansir Livestrong, daging lidah buaya yang berbentuk gel merupakan salah satu bahan alami yang baik untuk membantu menyembuhkan luka. Tidak hanya di luar tubuh, khasiat lidah buaya pun bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka dalam, termasuk luka di lambung. 

Inilah salah satu alasan kenapa lidah buaya disebut-sebut sebagai obat alami sakit maag. Selain itu, lidah buaya pun mengandung elemen kunci seperti resin, aloin, tanin, aloin-emodin, polisakarida, 19 asam amino, 12 vitamin dan 20 mineral yang penting bagi kesehatan.

Menurut catatan American Chronicle, lidah buaya merupakan bahan alami yang baik untuk detoksifikasi logam berat dalam tubuh, dan mampu memaksimalkan kinerja sistem pencernaan, dan membantu lambung untuk memecah karbohidrat, protein dan lemak. 

Selain itu, kandungan metionin, serin, asam amino, treonin, dan molibdenum, efektif membantu tubuh mencegah terjadinya penumpukkan lemak di pembuluh darah arteri dan hati.

Dalam buku Prescription for Herbal Healing, dijelaskan jika beberapa penelitian membuktikan jika konsumsi jus daging lidah buaya dalam dosis tertentu, sangat efektif untuk menyembuhkan luka di lambung, sekaligus jadi obat alami sakit maag yang cukup efektif. 

Selain itu, dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Osteopathic Society, dijelaskan jika lidah buaya punya kemampuan untuk merangsang pelepasan pepsin, yang merupakan enzim dalam lambung yang bekerja mendukung sistem pencernaan.

Dengan bantuan lidah buaya, kinerja lambung akan lebih ringan, terutama saat harus memecah dan menghancurkan makanan, sekaligus mampu menyeimbangkan kandungan asam dalam lambung.

Jangan Asal Konsumsi, Kenali Dulu Aturannya!

Kemampuan lidah buaya sebagai obat alami sakit maag memang tidak diragukan lagi. Dalam bukunya yang berjudul Prescription for Natural Cures, Dr James F. Balch menyarankan agar Anda mengkonsumsi ¼ cangkir jus daging lidah buaya tiga kali sehari.

Namun tidak semua orang disarankan untuk mengkonsumsi jus lidah buaya. Khusus untuk wanita yang sedang menstruasi, hamil, menyusui dan rutin konsumsi pil KB, disarankan untuk menghindarinya. 

Selain itu, konsumsi lidah buaya pun sebaiknya tidak dilakukan dalam jangka. Pasalnya, lidah buaya pun dapat menyebabkan deplesi elektrolit, atau gangguan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh, yang ditandai dengan detak jantung yang tidak beraturan, kelelahan, hingga kejang otot. 

Maka dari itu, sebelum Anda rutin konsumsi lidah buaya untuk mengatasi sakit maag, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Agar lebih aman, sebaiknya konsumsi PROMAG GAZERO Herbal, obat alami sakit maag yang terbukti ampuh mengatasi gejala maag. 

Selain itu, PROMAG GAZERO Herbal pun telah teruji secara klinis aman dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk anak-anak hingga orang dewasa. 


Referensi:

  1. Healthline. Diakses pada 2020. Aloe Vera Juice for Acid Reflux: What You Should Know
  2. Natural Medicine Journal. Diakses pada 2020. An Effective, Natural Treatment for GERD: Aloe Vera Syrup
  3. Scientific Wellness. Diakses pada 2020. Aloe vera as effective as medication for reflux
Artikel Terkait
uploads/2/2019-09/a1_nyeri_ulu_hati_saat_hamil_min.jpg
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

uploads/2/2019-08/l12_gejala_penyakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

uploads/2/2019-08/l3_sakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai