Lapar Sebelum Tidur. Ini Buah-buahan Yang Bisa Anda Konsumsi
Lifestyle

Lapar Sebelum Tidur. Ini Buah-buahan Yang Bisa Anda Konsumsi

25 October 2021 - 3 menit membaca




Banyak yang memilih tidur dalam kondisi lapar karena mereka percaya makan sebelum tidur bisa mendatangkan dampak buruk, salah satunya meningkatkan resiko obesitas. Namun disisi lain, mereka pada akhirnya menyerah karena perut lapar membuatnya sulit tidur. 

Dalam kondisi ini, bisanya cemilan kerap dijadikan solusi untuk mengatasi masalah lapar sebelum tidur. Namun jangan asal pilih cemilan. Alih-alih meningkatkan kualitas tidur, asal pilih cemilan beresiko membuat Anda makin sulit tidur dan meningkatkan resiko obesitas. 

Nah buat Anda yang ingin tidur nyenyak tanpa diganggu rasa lapar dan dihantui resiko obesitas, berikut merupakan beberapa jenis buah-buahan yang bisa Anda konsumsi sebelum tidur.


1. Blueberry

Blueberry mengandung vitamin C, vitamin K, serat, zat besi dan lainnya. Tidak hanya itu, buah ini pun mengandung antosianin dan flavonoid, sejenis antioksidan yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, mengurangi resiko kanker, dan mencegah terjadinya aterosklerosis. 

Menurut National Sleep Foundation, kandungan antioksidan dalam blueberry terbukti ampuh melindungi Anda dari tekanan gangguan tidur, membantu mengurangi stres fisik, meningkatkan suasana hati, dan membantu tidur lebih nyenyak.

Manfaat lainnya, rutin mengkonsumsi blueberry ternyata ampuh menjaga kesehatan otak, termasuk mengatasi stres, mencegah stroke, parkinson dan demensia.


2. Buah Ceri

Hampir sama dengan blueberry, ceri merupakan buah yang bisa diandalkan untuk mengatasi rasa lapar sebelum tidur. Buah ini mengandung vitamin C, E, K, riboflavin, thiamin dan kalium. Ceri pun dikenal sebagai sumber alami beberapa melatonin yang efektif mengatasi insomnia. 

Penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Universitas Northumbria, Inggris, menemukan fakta jika konsumsi jus buah ceri sebelum tidur efektif meningkatkan kualitas tidur, membuat tubuh lebih rileks, dan mencegah berbagai macam gangguan tidur. 

Selain itu, buah ceri efektif merangsang penurunan endothelin-1 yang berfungsi sebagai penurun tekanan darah, dan polifenol yang berfungsi menjaga kesehatan mental.


3. Pisang

Diantara sekian banyak buah-buahan yang aman dikonsumsi sebelum tidur, pisang merupakan salah satu buah yang paling direkomendasikan. Selain karena ukurannya yang pas sebagai ‘ganjal’ perut, pisang pun mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk meningkatkan kualitas tidur. 

Menurut RD pendiri Nutritious Life, Keri Glassman, pisang mengandung sedikit kalori, sehingga aman bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Selain itu, pisang merupakan sumber utama melatonin yang efektif mempercepat datangnya rasa kantuk. 

Selain lain itu, pisang mengandung serotonin yang efektif membantu Anda cepat tidur, magnesium yang memberi efek menenangkan, melemaskan otot dan mencegah kram otot saat tidur. 


4. Kiwi

Sama seperti pisang, kiwi merupakan buah yang mengandung sangat sedikit kalori. Selain itu, buah dengan daging buah berwarna hijau terang ini merupakan sumber serotonin yang memberi efek menenangkan, mempercepat datangnya rasa kantuk dan meningkatkan kualitas tidur. 

Menurut laporan Psychology Today, penelitian membuktikan jika mengkonsumsi 2 buah kiwi setiap malam sebelum tidur mampu meningkatan kualitas dan kuantitas tidur hingga 13,4 persen lebih baik ketimbang mereka yang tidak mengkonsumsi buah ini. 

Selain itu, kiwi mengandung protein, serat, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalium, kalsium, magnesium dan lainnya. Dengan kandungan nutrisinya yang lengkap, kiwi tidak hanya bermanfaat mengatasi rasa lapar sebelum tidur, tapi juga mampu memberi banyak efek positif bagi kesehatan.

Namun perlu dipastikan kondisi lambungnya, jika mengalami hipersensitifitas yang mengakibatkan meningkatnya asam lambung, sebaiknya sebelum mengkonsumsi buah-buahan tersebut lapisi lambung dengan makanan ringan terlebih dahulu.


Referensi: 

  1. Healthline. Diakses pada 2021. Best Foods and Drinks to Have Before Bed
  2. Healthcentral. Diakses pada 2021. The Absolute Best Fruits and Vegetables for Sleep




Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya