Lambung Bengkak, Kenapa Bisa Terjadi?
Ahlinya Lambung

Lambung Bengkak, Kenapa Bisa Terjadi?

16 December 2021 - 3 menit membaca




Lambung bengkak merupakan salah satu masalah kesehatan yang tidak boleh dianggap enteng. Meski belum diketahui penyebab utamanya, namun dalam banyak kasus lambung bengkak bisa disebabkan karena gaya hidup yang buruk, atau adanya masalah serius di organ pencernaan Anda. 

Segera dapatkan solusi terbaik untuk mengatasi masalah lambung bengkak sebelum berkembang dan menimbulkan komplikasi yang lebih parah. Tapi ingat, perhatikan cara penanganannya. Pengobatan dengan didampingi dokter merupakan cara terbaik yang bisa Anda pilih.

Penyebab Kenapa Lambung Bengkak

Seperti dijelaskan di atas, lambung bengkak belum ditemukan penyebab pastinya. Namun dalam banyak kasus, kondisi ini lebih banyak disebabkan oleh faktor gaya hidup, hingga masalah kesehatan yang cukup serius di organ pencernaan Anda, salah satunya adalah gastritis kronis. 

Ada banyak kondisi yang menyebabkan lambung bengkak, diantaranya: 

  • Kebiasaan konsumsi minuman beralkohol.
  • Masalah sistem kekebalan tubuh.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu.
  • Infeksi bakteri.
  • Stres kronis;

Selain kondisi di atas, lambung bengkak bisa juga disebabkan karena masalah lambung yang tidak kunjung diselesaikan, seperti sakit maag, sirosis, Autoimmune Atrophic Gastritis (AAG), gagal jantung kongestif (CHF), giardiasis dan lainnya

Menurut American College of Gastroenterology, lambung bengkak bisa juga disebabkan karena alergi laktosa, keracunan makanan atau minuman, hingga Irritable Bowel Syndrome (IBS). 

Gejala Lambung Bengkak

Salah satu gejala yang dapat dirasakan saat lambung mengalami bengkak adalah, perut yang buncit dalam waktu yang lama. Namun perlu dibedakan antara perut buncit yang disebabkan karena lambung bengkak, atau perut buncit karena lemak, atau kondisi lainnya. 

Secara garis besar Anda bisa mengidentifikasi masalah ini dengan munculnya beberapa gejala penyerta, diantaranya:

  • Masalah pencernaan berkepanjangan.
  • Berat badan menurun tanpa sebab.
  • Sakit perut bagian atas.
  • Mual hingga muntah.
  • Nafsu makan hilang.
  • Sering sendawa.

Lambung bengkak bisa terjadi dalam waktu yang sangat lama. Jika tidak diselesaikan, masalah ini akan berujung pada displasia (perkembangan jaringan abnormal di organ pencernaan) atau metaplasia (perkembangan sel normal menjadi sel normal lainnya).

Cara Mengatasi Lambung Bengkak

Meski masuk dalam kategori umum atau cukup sering terjadi, namun International Foundation for Gastrointestinal Disorder, menegaskan jika kondisi ini jangan diabaikan. Anda harus segera mencari solusi terbaik untuk mengatasinya.

Metode pengobatan lambung bengkak sendiri difokuskan kepada penyebab utamanya. Jika berkaitan dengan faktor penyakit, maka menuntaskan penyakit utamanya dipercaya dapat dengan cepat mengatasi masalah lambung bengkak. 

Sementara jika disebabkan karena infeksi bakteri, mau tidak mau Anda harus segera mengatasinya dengan mengkonsumsi antibiotik yang diresepkan dokter. 

Terlepas dari metode pengobatan yang diberikan dokter untuk Anda, mengubah gaya hidup merupakan hal yang wajib dilakukan. Salah satu yang wajib dilakukan adalah dengan berhenti merokok dan menjauhi minuman beralkohol. 

Selain itu, lakukan olahraga secara rutin, konsumsi makanan sehat, terutama makanan yang mengandung serat tinggi, istirahat yang cukup dan kendalikan stres. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter jika muncul gejala baru terkait lambung bengkak.


Referensi:

  1. NHS UK. Diakses pada 2021. Gastritis.
  2. Healthline. Diakses pada 2021. Chronic Gastritis.
  3. MedicineNet. Diakses pada 2021. What Is Gastritis? Symptoms, Treatment, and Diet.




Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya