Kunyit, Herbal Untuk Asam Lambung Yang Alami
Lifestyle

Kunyit, Herbal Untuk Asam Lambung Yang Alami

18 February 2021 - 3 menit membaca

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, kunyit dikenal sebagai salah satu bahan alami yang kaya akan senyawa anti-inflamasi dan antioksidan, salah satunya adalah kurkumin, senyawa antioksidan polifenol yang berperan sebagai antibakteri, antivirus, dan antikanker yang sangat kuat.

Dalam ilmu pengobatan tradisional Tiongkok, si kuning ini biasa digunakan sebagai pereda nyeri arthritis, dan obat herbal untuk asam lambung. Selain itu, kunyit pun bisa digunakan untuk mengatasi masalah haid, meningkatkan kinerja sistem pencernaan dan fungsi hati, dan lainnya. 

Kunyit Untuk Mengatasi Asam Lambung

Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2007, mengungkap jika gastroesophageal reflux (GERD) atau masalah asam lambung, sangat mungkin disebabkan peradangan dan stres oksidatif. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan bahan alami dengan kandungan antioksidan dan anti-inflamasi.

Dilansir WebMD, penelitian tersebut memperkuat hasil penelitian sebelumnya yang menyebut secara spesifik jika kurkumin yang terkandung dalam kunyit bersifat anti inflamasi, dan bisa diandalkan untuk mengatasi, sekaligus mencegah terjadinya peradangan di kerongkongan (esofagus). 

Untuk menggunakan kunyit sebagai obat herbal asam lambung, dosis yang dianjurkan adalah ½ sdt kunyit bubuk per hari. Kunyit ini bisa Anda olah menjadi minuman atau jamu tradisional dengan campuran madu dan kayu manis sebagai pemanisnya. 

Selain itu, Anda pun bisa menambahkan sedikit lada hitam ke dalam ramuan untuk memaksimalkan fungsi kunyit ini. Pasalnya, kunyit termasuk bahan alami yang cukup sulit diserap tubuh manusia karena cepat diekstrak oleh hati dan dinding usus. 

Hati-hati Efek Sampingnya

Meski berasal dari bahan-bahan alami, konsumsi kunyit bukan tanpa efek samping. Seperti dijelaskan di atas, dosis ramuan kunyit ini hanya boleh dikonsumsi sebanyak ½ sendok teh per hari. Lebih dari itu, Anda bisa mengalami efek samping seperti diare, mual, dan alergi di kulit. 

Selain itu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika akan mengkonsumsi kunyit sebagai obat herbal asam lambung, diantaranya.

  1. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi ramuan herbal ini, terutama jika Anda punya penyakit penyerta. 
  2. Kunyit bekerja cepat menurunkan tekanan darah dan gula darah. Anda harus berhati-hati saat mengkonsumsinya, terutama bagi pemilik penyakit yang berkaitan dengan hal tersebut. 
  3. Kunyit merupakan zat pengencer darah alami, sehingga tidak disarankan dikonsumsi orang yang akan menjalani operasi, atau yang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah. 
  4. Kunyit terkadang menimbulkan efek samping pada penderita penyakit kandung empedu. 

Bagi ibu hamil dan menyusui, atau buat Anda yang sedang menjalani pengobatan apapun, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi ramuan kunyit. 

Konsumsi PROMAG GAZERO Herbal Saja!

Ketimbang repot membuat ramuan kunyit, dan beresiko mendapat efek samping akibat cara meracik yang tidak tepat, sebaiknya konsumsi PROMAG GAZERO Herbal, obat herbal yang terbukti ampuh dan cepat mengatasi berbagai masalah asam lambung. 

Selain itu, PROMAG GAZERO Herbal bisa diandalkan untuk meredakan mual, perut kembung, begah, hingga masuk angin dan mencegah mabuk perjalanan. Anda bisa mengkonsumsinya langsung, atau dicampur dengan air hangat untuk mendapatkan sensasi yang lebih menyegarkan.

PROMAG GAZERO Herbal terbuat dari bahan-bahan alami, seperti jahe merah, adas, peppermint, akar manis, kunyit, royal jelly, dan madu. Jangan khawatir, dengan takaran yang tepat, dan diproduksi dengan menggunakan teknologi modern, obat herbal asam lambung ini dipastikan aman dikonsumsi. 

Referensi:

  1. Healthline. Diakses pada 2020. Turmeric for Acid Reflux: Does It Work?
  2. Sehat. Diakses pada 2020. Is Turmeric Good For Acid Reflux?
  3. MyMed.com. Diakses pada 2020. What are the side effects of Turmeric (Curcumin)?
Artikel Terkait
uploads/2/2019-09/a1_nyeri_ulu_hati_saat_hamil_min.jpg
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

uploads/2/2019-08/l12_gejala_penyakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

uploads/2/2019-08/l3_sakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai