Kunyit, Herbal Dengan Sejuta Khasiat
Health

Kunyit, Herbal Dengan Sejuta Khasiat

13 August 2021 - 3 menit membaca

Kunyit merupakan salah satu rimpangan yang sejak ribuan tahun silam digunakan sebagai tanaman herbal. Ada banyak manfaat yang diberikan kunyit, baik untuk kesehatan maupun kecantikan, salah satunya sebagai anti-aging yang bertugas menjaga agar kulit terlihat lebih cantik dan awet muda. 

Selain itu, kunyit pun diklaim mampu mengatasi masalah asam lambung. Hal ini disebabkan karena kunyit mengandung senyawa kurkumin, yang bersifat sebagai anti-inflamasi, anti-virus, anti-jamur, anti-bakteri, dan masuk dalam kategori antioksidan yang sangat kuat.


Baca juga: Kunyit, Herbal Untuk Asam Lambung Yang Alami

Atasi Gangguan Pada Lambung?

Menurut penelitian berjudul Inflammation and Oxidative Stress in Gastroesophageal Reflux Disease, di tahun 2007, GERD atau penyakit asam lambung bisa disebabkan karena banyak faktor, salah satunya oleh peradangan dan stres oksidatif. 

Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan ramuan kunyit yang memiliki efek antioksidan dan anti-peradangan. Hal ini pun dikonfirmasi lewat penelitian di tahun 2011 yang menyebut jika efek anti-inflamasi dari kurkumin efektif mencegah peradangan esofagus. 

Selain itu, sifat antioksidan dan antiinflamasi dalam kunyit tersebut diketahui dapat meredakan penyakit asam lambung dengan cara memperkuat lapisan lambung yang terkikis akibat produksi asam lambung berlebih, sekaligus mampu mengendalikan produksi asam lambung. 

Sementara itu, penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences, menjelaskan jika GERD yang tidak ditangani dengan baik berpotensi menyebabkan iritasi dan luka di bagian kerongkongan, dan meningkatkan resiko Esofagus Barrett.

Untuk mengatasinya, penelitian berjudul Curcumin: A Potent Protectant against Esophageal and Gastric Disorders menjelaskan jika curcumin dalam kunyit efektif melindungi jaringan esofagus, sekaligus menurunkan resiko luka di kerongkongan akibat paparan asam lambung berlebih.


Baca juga: Berbagai Manfaat Kesehatan Kunyit yang Teruji Secara Klinis


Manfaat Lain Dari Kunyit

Tidak hanya istimewa untuk mengatasi asam lambung, masih banyak manfaat kunyit lainnya, termasuk berfungsi sebagai anti-nyeri untuk penderita osteoarthritis. Bahkan kemampuan kunyit dalam mengatasi nyeri akibat masalah persendian tersebut disejajarkan dengan ibuprofen.

Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya dari kunyit, baik untuk kesehatan maupun kecantikan, diantaranya adalah:

  • Kunyit bisa dikombinasikan dengan ekstrak lada hitam atau cabe jamu (long pepper) untuk mengatasi masalah kulit gatal akibat penyakit ginjal kronis. 
  • Terapi asam kunyit (non-farmakologis) terbukti efektif mengatasi masalah dismenore atau nyeri haid, baik nyeri ringan hingga sedang.
  • Kunyit terbukti efektif mengatasi masalah iritasi kulit akibat liken planus, atau masalah peradangan yang terjadi pada kulit, kuku, rambut dan selaput lendir.
  • Kunyit mengandung antioksidan tinggi yang efektif menangkal stress oksidatif akibat paparan radikal bebas, sekaligus menangkal terjadinya penuaan dini. 
  • Kunyit bisa digunakan sebagai campuran masker untuk mencerahkan dan mengencangkan kulit. Agar hasilnya lebih maksimal, gunakan susu sebagai campurannya.

Untuk mendapatkan manfaat dari kunyit, Anda bisa mengolahnya menjadi minuman herbal. Caranya, 2-3 cm kunyit, kemudian kupas dan haluskan dengan cara diblender. Rebus kunyit dalam 250-300 ml air mendidih, kemudian saring untuk diambil airnya saja. 

Anda bisa langsung meminumnya dua kali sehari (pagi dan malam menjelang tidur), atau bisa juga dicampur dengan bahan herbal lainnya, seperti kencur, madu, kayu manis, dan lada hitam agar proses penyerapan kunyit oleh tubuh berjalan lebih maksimal.

Perlu diingat, efek dari ramuan herbal memang cenderung lambat. Agar manfaat kunyit ini lebih terasa lebih maksimal, jadikan ramuan tersebut sebagai minuman harian Anda. 


Referensi:

  1. Healthline. Diakses pada 2021. Can You Use Turmeric to Treat Acid Reflux?
  2. HIH. Diakses pada 2021. Curcumin: A Potent Protectant against Esophageal and Gastric Disorders
  3. Times of India. Diakses pada 2021. Why you should drink turmeric water daily.
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya