Konsumsi Buah-buahan Ini Untuk Atasi Kolesterol Tinggi
Health

Konsumsi Buah-buahan Ini Untuk Atasi Kolesterol Tinggi

21 June 2021 - 3 menit membaca

Kolesterol tinggi merupakan resiko yang harus dihadapi akibat pola makan yang buruk. Jika terus dibiarkan, kolesterol tinggi bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan, mulai dari penyakit jantung, hipertensi, stroke, dan masalah lainnya. 

Selain dengan konsumsi sayuran dan banyak minum air putih, kolesterol tinggi pun bisa diatasi dengan beragam buah-buahan yang terbukti dapat menekan angka kolesterol tinggi. Berikut buah-buahan yang bisa Andalkan untuk mengatasi kolesterol tinggi. 

Apel

Apel merupakan buah pertama yang bisa Anda andalkan untuk menurunkan kolesterol. Selain karena mengandung vitamin, dan senyawa antioksidan polifenol yang ampuh mengatasi masalah peradangan, apel pun mengandung .

Selain itu, kulit buah apel pun mengandung pektin atau serat larut air yang terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol dengan cara menyerap kelebihan lemak jahat dan kolesterol dalam usus halus untuk dikeluarkan lewat urine dan feses. 

Anda disarankan untuk mengkonsumsi 1-2 buah apel utuh ukuran sedang setiap hari, atau bisa juga diolah menjadi jus tanpa gula tambahan.

Alpukat

Banyak orang membatasi konsumsi alpukat karena mengandung lemak. Padahal perlu diketahui, dalam alpukat terkandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, melarutkan lemak, dan mengatasi kolesterol tinggi.

Selain itu, alpukat pun mengandung sejumlah vitamin, dan serat larut yang mampu menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh, menstabilkan kadar gula darah, dan bisa menjaga perut kenyang lebih lama sehingga Anda akan terhindar dari makan berlebihan saat lebaran. 

Anda bisa mengkonsumsi alpukat secara langsung, atau diolah menjadi jus tanpa gula. Jika tidak suka dengan rasanya yang tawar, bisa menggunakan madu sebagai pemanisnya.

Buah Pir

Pir merupakan salah satu buah yang mengandung tinggi serat alami bernama pektin, yang dipercaya efektif sebagai penurun kolesterol. Rutin mengkonsumsi buah pir dalam ukuran sedang setiap hari mampu mencukupi 16 persen kebutuhan serat harian tubuh. 

Pektin sendiri merupakan jenis serat yang bekerja penuh mengikat kolesterol dan mengeluarkannya ke luar tubuh dalam bentuk feses dan urine. Konsumsi buah pir setiap hari, masalah kolesterol tinggi bisa ditekan, dan kualitas kesehatan Anda bisa meningkat tajam. 

Anda bisa mengkonsumsi buah pir secara langsung, atau diolah menjadi campuran sop buah bersama bahan-bahan lainnya.

Anggur

Masuk ke dalam deretan uah premium di Indonesia, faktanya anggur pun punya kualitas premium sebagai penurun kolesterol. Buah yang satu ini mengandung serat larut air yang efektif mengikat kolesterol yang terdapat di usus halus, kemudian mengeluarkannya lewat feses. 

Manfaat lainnya, anggur mengandung senyawa antioksidan yang efektif membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dengan cara meningkatkan produksi kolesterol baik dalam tubuh.

Tapi ingat, sebelum dikonsumsi, sebaiknya cuci bersih anggur dengan menggunakan sabun pencuci buah dan sayuran untuk menghilangkan kotoran dan bekas pestisida yang menempel di kulitnya.

Buah Pepaya

Dibanding dengan buah lainnya, pepaya bisa jadi alternatif paling murah untuk Anda yang ingin kadar kolesterol dalam darah. Pasalnya, buah ini mengandung serat yang mampu melancarkan pencernaan, dan mengikat kolesterol di usus halus untuk dikeluarkan bersama feses. 

Selain itu, pepaya pun mengandung likopen, vitamin C, dan E yang mampu membasmi pertumbuhan plak di pembuluh darah akibat kolesterol. Sebagai informasi tambahan, plak di pembuluh darah merupakan penyebab utama penyakit seperti hipertensi, stroke dan serangan jantung.  

Selain itu, Anda pun bisa mengkonsumsi buah jambu dan jeruk yang kaya akan vitamin C, serat, dan sudah terbukti ampuh mengatasi kolesterol tinggi.

Referensi:

  1. Heath Harvard. Diakses pada 2020. 11 foods that lower cholesterol.
  2. Healthline. Diakses pada 2020. 13 Cholesterol-Lowering Foods to Add to Your Diet.
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya