Khasiat Mengkudu Untuk Lambung Yang Jarang Diketahui Orang
GERD

Khasiat Mengkudu Untuk Lambung Yang Jarang Diketahui Orang

21 June 2021 - 3 menit membaca

Mengkudu atau buah noni merupakan salah satu buah subtropis yang tersebar di banyak negara Asia, termasuk Indonesia. Buah ini dikenal luas karena bentuknya yang bulat asimetris dengan banyak tonjolan di sekitar buahnya, mirip dengan tonjolan yang terdapat dalam nanas setelah dikupas. 

Dalam kondisi mentah, buah ini berwarna hijau. Namun setelah matang, biasanya buah ini berwarna putih terang dengan ciri khas aroma busuk. Sama seperti aromanya, rasa buah ini pun jauh dari kata enak sehingga kebanyakan orang tidak menyukainya.

Meskipun begitu, buah bernama latin morinda citrifolia yang lahir dari famili rubiaceae ini dikenal luas sebagai bahan utama pembuatan obat-obat herbal. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah mengkudu, salah satunya mengatasi masalah asam lambung. 

Khasiat Mengkudu Untuk Lambung

Dibalik aroma dan rasanya yang tidak enak, faktanya buah mengkudu mengandung sejumlah zat fitokimia, mulai dari asam lemak, alkaloid, beta-sitosterol, dan flavonoid. Selain itu, buah ini pun mengandung saponin, berbagai jenis antioksidan, bersifat anti-radang dan anti-bakteri.

Menurut penelitian yang dilakukan Dr. Ralph Heinicke, pakar biokimia dari Amerika, menjelaskan jika buah mengkudu mengandung senyawa xeronine, jenis alkaloid yang memiliki kemampuan aktif untuk memperbaiki sel-sel dalam tubuh.

Kemampuan mengkudu ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah lambung, terutama masalah lambung yang berkaitan dengan pelemahan atau penurunan fungsi LES, lingkar otot yang berada di bawah kerongkongan yang berfungsi menjaga asam lambung agar tidak naik.

Selain berfungsi untuk mengatasi masalah pelemahan dan penurunan fungsi katup LES, ada sejumlah khasiat mengkudu untuk lambung lainnya yang wajib Anda ketahui, diantaranya adalah:

  1. Mencegah ulkus atau tukak lambung dengan cara meningkatkan lendir khusus yang berfungsi melindungi lambung dari iritasi akibat paparan asam lambung berlebih. 
  2. Mengkudu berfungsi sebagai antibakteri yang dapat mencegah infeksi helicobacter pylori yang dikenal luas sebagai penyebab utama sakit maag.
  3. Mengkudu merupakan antioksidan yang sangat kuat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sekaligus membantu mengatasi sakit maag.
  4. Mengkudu berfungsi sebagai pengendali asam lambung yang bekerja dengan cara menjaga produksi asam lambung tetap dalam jumlah yang wajar. 
  5. Mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas, termasuk mencegah terjadinya masalah asam lambung bagi para perokok dan pecandu minuman beralkohol. 

Untuk mendapatkan khasiat dari buah mengkudu, Anda bisa mengolahnya langsung dengan cara dijadikan sebagai campuran salad, membuat smoothies atau jus mengkudu, atau membeli suplemen khusus mengkudu yang kini banyak di jual di toko-toko herbal.

Hati-hati efek Samping Mengkudu

Meski khasiat mengkudu untuk lambung tersebut telah dibuktikan secara ilmiah, namun Anda harus tetap berhati-hati saat mengkonsumsinya. Bagi sebagian orang, konsumsi buah mengkudu dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti pusing, mual, hingga diare. 

Selain itu, buah mengkudu pun tidak disarankan dikonsumsi ibu hamil, orang dengan masalah ginjal, gangguan pada organ hati, dan mereka yang mengalami hiperkalemia, atau kondisi tingginya kadar kalium dalam darah.

Maka dari itu, sebelum mengkonsumsi buah mengkudu, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter, dan pastikan dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. 


Referensi: 

  1. healthline.com. Diakses pada 2021. What Is Noni Juice? Everything You Need to Know
  2. viva.co.id. Diakses pada 2021. Mengkudu, Ternyata Bisa Obati Asam Lambung
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya