Kendalikan Asupan Kalori Agar Tubuh Tidak Melar Setelah Lebaran
Lifestyle

Kendalikan Asupan Kalori Agar Tubuh Tidak Melar Setelah Lebaran

21 June 2021 - 3 menit membaca

Idul Fitri sudah di depan mata, dan berbagai hidangan khas lebaran pun mulai dibuat, mulai dari berbagai jenis kue, ketupat, opor ayam, semur dan lainnya. Tidak lupa berbagai jenis minuman, seperti sirup dan minuman bersoda pun disajikan sebagai pelengkap. 

Terdengar sangat menyenangkan? Tentu saja, susana bahagia inilah yang paling ditunggu seluruh umat Islam di dunia. Namun jangan hilang kendali, pasalnya semua hidangan tersebut mengandung gula, lemak, dan garam yang sangat tinggi, sehingga bisa menyebabkan lonjakan berat badan. 

Cek Jumlah Asupan Kalori

Kalori merupakan jumlah energi yang dibutuhkan untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil, sekaligus sebagai sumber tenaga yang dibutuhkan untuk beraktivitas. Kalori sendiri bisa didapat dari makanan yang dikonsumsi, terutama makanan tinggi lemak, gula dan lainnya.

Untuk kebutuhan kalori sendiri, secara umum wanita dewasa butuh asupan kalori 1.600-2.400 kalori per hari. Sementara untuk pria dewasa, mereka butuh asupan kalori yang lebih banyak, mencapai 2.000-3.000 kalori per hari. 

Selain jenis kelamin, faktor usia pun berperan penting dalam jumlah kebutuhan asupan kalori harian. Umumnya, semakin bertambah usia seseorang, metabolismenya pun akan mengalami penurunan, dan secara otomatis kebutuhan kalori hariannya pun akan ikut menurun.

Yang Terjadi Jika Konsumsi Kalori Berlebih

Kalori pada dasarnya merupakan sumber energi yang yang dibutuhkan tubuh agar bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lancar. Makin banyak aktivitas fisik yang Anda lakukan setiap hari, maka jumlah kalori yang dibakar akan semakin tinggi. 

Jika asupan kalori dari makanan yang tersedia sudah habis ‘terbakar’, sementara aktivitas fisik yang Anda lakukan masih terus berjalan, tubuh secara otomatis akan mengambil cadangan lemak tubuh untuk dibakar sebagai sumber tenaga. Inilah konsep sederhana perpaduan diet dengan olahraga. 

Namun apa yang terjadi jika konsumsi kalori berlebih, sementara aktivitas fisik tidak maksimal? Sisa kalori yang tidak terbakar tersebut akan disimpan tubuh dalam bentuk cadangan lemak. 

Jika satu kali atau dua kali, mungkin tidak akan jadi masalah besar. Namun jika kondisi ini terus berulang, otomatis cadangan lemak tubuh akan meningkat, hingga akhirnya masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, sirosis hati, dan nyeri sendi pun sulit terhindarkan.

Sementara dalam hidangan khas lebaran kebanyakan mengandung kalori yang sangat tinggi. Misal 100 gram ketupat mengandung 144 kalori, dan lemak mencapai 0,28 gram. Sementara opor ayam mengandung 350 kalori, dan lemak 29,7 gram.

Sajian lainnya seperti kerupuk udang mengandung 447 kalori, dan lemak 3.5 gram, sementara dendeng sapi mengandung 301 kalori dan 9 gram lemak. Dari sini tentu bisa dihitung berapa timbunan kalori yang Anda konsumsi selama lebaran.

Tips Hindari Tubuh Melar Saat Lebaran

Dengan melihat kandungan kalori dari menu khas yang biasa disajikan selama lebaran, kita dapat menyimpulkan sulit untuk tidak mendapat asupan kalori dalam jumlah wajar. Sebagai solusinya, Anda harus mengimbangi itu semua dengan melakukan beberapa trik berikut ini.

Berolahraga secara rutin, terutama jenis olahraga yang bisa membakar kalori dalam jumlah tinggi, seperti bersepeda, jogging, aerobik dan lainnya. 

Perbanyak konsumsi air putih. Selain berfungsi menjaga tubuh tetap terhidrasi, air putih cukup efektif menekan rasa lapar dan pengendalian jumlah kalori dalam tubuh. 

Konsumsi makanan yang dapat membantu mengurangi jumlah kalori dalam tubuh, seperti sayuran hijau yang mengandung serat tinggi, dan buah-buahan segar.

Yang terpenting, selama lebaran Anda harus membatasi asupan makanan tinggi kalori. Tidak masalah sering makan karena mungkin tidak enak menolak ajakan tuan rumah saat berkunjung ke rumah sanak saudara, namun pastikan untuk mengambil menu dalam porsi kecil. 


Referensi:

  1. Fat Secret. Diakses pada 2021. Calories Nutrition: Beef Rendang.
  2. Live Strong. Diakses pada 2021. The Effects Of Too Many Calories.
  3. My Fitness Pal. Diakses pada 2021. Calories Indonesian Opor Ayam.
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya