ilustrasi nyeri ulu hati, gejala gangguan lambung
Ahlinya Lambung

Kenali Gejala Gangguan Lambung yang Umum Terjadi

16 June 2020 - 3 menit membaca

Gangguan umum pada lambung dikenal dengan nama gangguan pencernaan alias dispepsia. Gangguan ini cenderung tidak berbahaya, tetapi bisa menjadi pertanda suatu penyakit serius  apabila sering terjadi. Gejala-gejala gangguan pencernaan bisa mengganggu aktivitas keseharian. Karena itu, yuk, kenali gejala gangguan lambung yang umum terjadi.

Mual dan muntah

Merasa mual merupakan gejala gangguan lambung yang cukup umum. Rasa mual akibat gangguan pencernaan menyebabkan seseorang merasa ingin muntah. Umumnya, rasa mual dan muntah jarang menjadi pertanda masalah kesehatan serius. Tetapi, segera konsultasikan dengan dokter bila mual dan muntah terjadi terus-menerus untuk mendapat diagnosis apakah gejala-gejala tersebut disebabkan oleh kondisi kesehatan yang lebih serius.

Kembung

Kembung umumnya terjadi di perut bagian atas. Ini bisa terjadi karena jumlah gas yang banyak di dalam perut. Gejala gangguan lambung ini terjadi akibat gangguan pencernaan yang biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

  • Merokok

  • Mengonsumsi makanan pedas, berlemak, manis, atau asam secara berlebihan

  • Makan-makanan keras terlalu cepat

Hal-hal di atas membuat lambung bekerja lambat dalam mengosongkan isinya.

Asam lambung naik

Kondisi asam lambung naik terjadi karena otot sfingter pada kerongkongan bawah tidak bekerja dengan baik. Hal ini mendorong terjadinya refluks asam lambung, sebuah istilah saat asam lambung naik ke area kerongkongan bawah, bahkan sampai ke rongga mulut.

Asam lambung yang naik terkadang dapat membuat Anda mengecap rasa asam yang tidak enak di mulut. Gejala lain yang terjadi saat asam lambung naik adalah bau napas yang tidak sedap, batuk, dan kembung. Gejala gangguan lambung ini juga merupakan pemicu heartburn.

Perih ulu hati

Perih ulu hati alias heartburn adalah kondisi perih menyengat di tengah dada. Rasa perih memburuk setelah makan, saat berbaring dan membungkuk, serta umum terjadi saat malam hari. Kondisi asam lambung naik dan perih ulu hati adalah 2 hal yang berkaitan.

Alasannya karena perih ulu hati dipicu oleh asam lambung yang naik ke kerongkongan bawah, seperti dijelaskan di poin sebelumnya. Kedua hal ini merupakan gejala gangguan lambung yang umum terjadi. Harap dicatat bahwa asam lambung naik dan perih ulu hati dapat disebabkan penyakit Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

Refluks asam lambung dan perih ulu hati umumnya didiagnosis sebagai gejala penyakit GERD hanya saat kedua hal tersebut terjadi sedikitnya lebih dari 2 kali dalam seminggu. Apabila ini terjadi, segera konsultasi dengan dokter untuk penanganannya.

Sakit perut bagian atas

Gejala umum lainnya yang mungkin terjadi adalah sakit perut bagian atas, tepatnya di antara bawah tulang dada dan pusar. Sakit perut ini dapat terjadi karena asam lambung menembus selaput lendir dalam perut dan menyebabkan iritasi.

Cepat kenyang

Tidak mampu menghabiskan porsi makanan normal sehari-hari merupakan tanda gejala gangguan lambung yang umum terjadi. Akan tetapi, ini juga bisa menjadi pertanda dari penyakit lambung yang perlu dievaluasi oleh dokter. Rasa cepat kenyang yang terjadi terus-menerus bisa menjadi gejala dari tukak lambung dan GERD.

Di atas adalah gejala-gejala yang umum terjadi akibat gangguan pencernaan. Mengingat gangguan pencernaan kerap timbul karena gaya hidup, pencegahannya pun berpusat pada perubahan gaya hidup, seperti:

  • Jangan makan terlalu banyak

  • Berhenti menelan makanan sebelum dikunyah dengan baik

  • Tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang memicu asam lambung naik secara berlebihan

  • Berhenti merokok

Lantas, bagaimana ketika Anda mengalami gejala umum dari gangguan pencernaan? Anda dapat meredakan dan mengobati gejala-gejala yang dirasakan dengan menggunakan obat alami untuk mengatasi gejala-gejala, seperti asam lambung naik, perih ulu hati, mual, dan kembung.

Bahan alami, seperti kunyit, jahe merah, madu, royal jelly, akar manis, ekstrak nanas, adas, dan daun mint dapat membantu gejala yang dirasakan. Ditambah lagi, gangguan lambung juga dapat teratasi karena terdapat antiperadangan sekaligus pelapis selaput lendir dalam perut untuk mempercepat penyembuhan.

Jangan khawatir apabila kesulitan mencari bahan-bahan alami tersebut ketika gejala gangguan lambung menyerang. Untungnya, khasiat bahan-bahan tersebut dapat didapatkan dari Promag Herbal yang mudah dibeli di apotek, toko obat, minimarket, official store Kalbe di berbagai market place.


Referensi:

Early satiety. (n.d.). Changing What's Possible | MUSC Health | Charleston SC. Retrieved May 28, 2020, from https://muschealth.org/medical-services/ddc/patients/symptoms-and-conditions/early-satiety

Heartburn - Symptoms and causes. (2020, April 17). Mayo Clinic. Retrieved May 27, 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heartburn/symptoms-causes/syc-20373223

Heartburn and acid reflux. (2017, October 23). nhs.uk. Retrieved May 27, 2020, from https://www.nhs.uk/conditions/heartburn-and-acid-reflux/

Indigestion - Symptoms and causes. (2019, April 19). Mayo Clinic. Retrieved May 28, 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/indigestion/symptoms-causes/syc-20352211

Indigestion symptoms and treatments. (n.d.). NHS inform - Scottish health information you can trust | NHS inform. Retrieved May 27, 2020, from https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/stomach-liver-and-gastrointestinal-tract/indigestion

Indigestion. (2017, October 18). nhs.uk. https://www.nhs.uk/conditions/indigestion/

Yuan, L., Yi, P., Wang, G., Tan, S., Huang, G., Qi, L., Jia, Y., & Wang, F. (2019). Lifestyle intervention for gastroesophageal reflux disease: A national multicenter survey of lifestyle factor effects on gastroesophageal reflux


Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai