Kaya Air, Ini Manfaat Buah Semangka Bagi Tubuh
Health

Kaya Air, Ini Manfaat Buah Semangka Bagi Tubuh

16 December 2021 - 3 menit membaca




Semangka merupakan salah satu buah yang kerap diincar saat cuaca sedang panas. Kandungan airnya yang cukup tinggi membuat banyak orang menyukai buah ini karena mampu memberi sensasi yang menyegarkan. Selain itu, buah semangka punya kandungan nutrisi yang cukup melimpah. 

Buah dengan nama latin Citrullus lanatus ini mengandung serat, kalsium, protein, fosfor, natrium kalium yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, buah ini mengandung zinc, beta-karoten, thiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin C yang cukup tinggi. 

Dengan segudang nutrisi yang dimilikinya, berikut merupakan beberapa manfaat buah semangka yang wajib Anda ketahui. 

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Hypertension, menyebut jika ekstrak buah semangka sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, dan ampuh menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi dengan bobot tubuh di atas normal atau mengalami obesitas. 

Hal ini berkaitan dengan kandungan kalium dan magnesium yang terdapat pada buah semangka. Kalium sendiri berperan sebagai nutrisi vasodilator yang ampuh menurunkan ketegangan pembuluh darah dan arteri, meningkatkan aliran darah, dan menurunkan tekanan di sistem kardiovaskular.

Sedangkan untuk karotenoid berperan untuk mencegah pengerasan dinding arteri dan vena, mengurangi resiko pembekuan darah, aterosklerosis dan serangan jantung.

2. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Seperti dijelaskan di atas, semangka merupakan buah dengan kandungan air yang cukup tinggi, mencapai 92 persen dari total bagian dagingnya. Selain itu, buah semangka mengandung elektrolit yang mudah diserap tubuh.

Dengan rutin mengkonsumsi semangka, Anda akan mampu menurunkan resiko dehidrasi, menjaga suhu tubuh tetap normal, dan mampu menjaga tekanan darah.

Selain itu, semangka mengandung kalium yang dapat membantu melepaskan endapan racun dalam ginjal, dan mengurangi resiko asam urat. Sementara senyawa antioksidan dalam semangka cukup efektif memberikan manfaat terhadap kesehatan ginjal. 

3. Meningkatkan Kesehatan Rambut dan Kulit

Buah semangka merupakan salah satu sumber terbaik vitamin A dan C. Selain ampuh menjaga kesehatan tubuh, ternyata buah semangka pun efektif menjaga kesehatan dan rambut.

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang berperan penting dalam membantu meningkatkan produksi kolagen, dan menyembuhkan jaringan ikat. Sementara vitamin A ampuh menjaga kekenyalan kulit, dan membantu memperbaiki sel kulit yang rusak.

Selain itu, beberapa penelitian membuktikan jika buah semangka efektif membantu memaksimalkan proses detoks pada tubuh. Efeknya bukan hanya untuk kesehatan, tapi juga mampu memaksimalkan proses regenerasi kulit, menjaga kulit tetap cantik dan awet muda.

4. Membantu Mengendalikan Gula Darah

Pasien diabetes wajib menjaga pola makan untuk menjaga keseimbangan gula darah dalam tubuh. Salah satu cara yang wajib dilakukan adalah dengan menjalani diet rendah gula dan menurunkan konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana. 

Selain dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks, Anda pun bisa meningkatkan asupan serat dengan mengkonsumsi semangka. Selain itu, buah asal Afrika Selatan ini mengandung kalium dan magnesium yang dapat membantu meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh. 

Manfaat lainnya, buah semangka ternyata ampuh menekan nafsu makan, menjaga perut tetap kenyang, dan memaksimalkan proses penyembuhan luka diabetes.

5. Mengatasi Nyeri Otot

Untuk Anda yang baru memulai olahraga, masalah nyeri otot merupakan hal yang biasa. Namun sayang, banyak orang yang justru malah berhenti setelah mengalami masalah ini. Alhasil, proses pembentukan otot terhenti, dan lemak pun tetap menumpuk. 

Solusinya, cobalah untuk mengkonsumsi buah semangka sebelum olahraga. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, minum jus semangka 1 jam sebelum berolahraga ampuh menurunkan resiko nyeri otot setelah berolahraga.

Buah semangka pun mengandung citrulline, sejenis asam amino yang efektif menjaga kesehatan otot, memaksimalkan kinerja jantung dan mampu meningkatkan performa Anda dalam berolahraga.


Referensi: 

  1. healthline.com. Diakses pada 2021. Top 9 Health Benefits of Eating Watermelon
  2. WebMD. Diakses pada 2021. The Health Benefits of Watermelon
  3. Livescience.com. Diakses pada 2021. Watermelon: Health Benefits, Risks & Nutrition Facts




Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya