Jarang Diketahui! Ini Manfaat Sayuran dan Buah Sesuai Warnanya
Lifestyle

Jarang Diketahui! Ini Manfaat Sayuran dan Buah Sesuai Warnanya

16 September 2021 - 3 menit membaca

Sayuran dan buah-buahan merupakan salah bahan makanan yang wajib dikonsumsi. Di dalamnya terkandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Saking pentingnya, World Health Organization (WHO) menyarankan agar Anda mengkonsumsi lima porsi sayuran dan buah-buahan setiap hari. 

Manfaat sayuran dan buah tergolong komplit, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Namun disamping itu, ternyata karakter sayuran dan buah-buahan ini bisa dibedakan dari warnanya lho. Beda warna, beda pula manfaat yang diberikannya untuk tubuh.


Sayuran dan Buah Berwarna Merah

Beberapa sayuran dan buah ada yang berwarna merah saat matang. Ada yang berwarna merah bagian dagingnya saja, seperti semangka, ada juga yang merah hingga bagian kulitnya, seperti tomat, ceri, stroberi, kol merah, paprika merah dan lainnya. 

Warna merah tersebut tidak hanya membuat buah dan sayur tersebut terlihat cantik, tapi juga istimewa karena kandungan zat yang bernama likopen. Jenis antioksidan tersebut ampuh menurunkan kolesterol, menurunkan resiko kanker, menjaga kesehatan hati dan lainnya. 

Tidak hanya itu, sayuran dan buah berwarna merah pun mengandung zat istimewa lainnya, seperti resveratrol, flavonoid, dan vitamin C.


Sayuran dan Buah Berwarna Hijau

Meski didominasi oleh sayuran, tapi banyak buah yang masih tetap berwarna hijau meski sudah matang, sebut saja anggur hijau, kiwi, apel hijau, alpukat, melon dan lainnya. Warna hijau ini menandakan punya kandungan asam elagat yang efektif menjaga tekanan darah tetap normal. 

Sementara untuk sayuran hijau umumnya didominasi oleh sayuran berdaun, seperti bayam, daun singkong, kangkung dan lainnya. Warna hijau tersebut menandakan kandungan zat zeaxanthin yang efektif menurunkan resiko kanker usus besar, tinggi serat dan menjaga kesehatan mata. 

Selain itu, manfaat sayuran dan buah berwarna hijau ini ampuh kesehatan mata, mencegah anemia, memaksimalkan proses detoksifikasi tubuh, mempercepat proses penyembuhan luka dan lainnya.


Sayuran dan Buah Berwarna Kuning

Buah yang berwarna kuning, seperti nanas, belimbing, persik, pisang, dan lainnya, mengandung kalium yang berfungsi menjaga cairan tubuh tetap optimal, mengatur tekanan darah (termasuk menurunkan darah tinggi), dan ampuh mengatasi masalah pencernaan. 

Sementara untuk sayuran warna kuning, seperti jagung, labu kuning, paprika kuning dan lainnya, dikenal sebagai sumber terbaik karotenoid, pigmen organik yang bermanfaat untuk mencegah katarak, menjaga kesehatan jantung dan mencegah terjadinya stroke. 

Sementara buah berwarna kuning mengandung vitamin B6, vitamin C, magnesium, karotenoid,  zinc, kalium, fosfor dan mangan dalam jumlah yang cukup tinggi. 


Sayuran dan Buah Berwarna Oranye

Sayuran berwarna oranye seperti wortel mengandung beta-karoten yang bisa diolah menjadi vitamin A, dan vitamin B Kompleks atau yang dikenal sebagai folat. Keduanya sudah terbukti ampuh menjaga kesehatan mata, gigi, kulit dan tulang.

Sementara untuk buah berwarna oranye, seperti labu, pepaya, jeruk, dan aprikot, merupakan sumber terbaik folat flavonoid, potasium, zeaxanthin dan lycopene yang terbukti ampuh menjaga kekebalan tubuh, mencegah cacat janin, menjaga kesehatan ibu hamil dan janin.

Buah dan sayur berwarna oranye bermanfaat untuk mencegah peradangan, melawan kanker, menjaga kesehatan sistem pencernaan dan menurunkan resiko penyakit jantung.


Sayuran dan Buah Berwarna Ungu

Tidak hanya cantik, buah-buahan berwarna ungu seperti anggur, blueberry, buah bit, blackcurrant dan plum mengandung anthocyanin yang terbukti ampuh menghambat pembentukan gumpalan darah, mencegah kanker, menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Manfaat sayuran dan buah berwarna ungu lainnya adalah, mengandung melatonin, hormon neurotropik yang memberikan sensasi tenang, sehingga Anda akan lebih cepat mengantuk, mampu menjaga kualitas tidur, dan menurunkan stres. 

Meski beberapa sayuran dan buah berwarna ungu memiliki rasa yang kurang enak, namun umumnya sangat rendah kalori sehingga bisa digunakan untuk memaksimalkan program diet Anda. 


Referensi: 

  1. Cosmopolitan.co.id. Diakses pada 2021. Ini Dia Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warnanya
  2. Femina.co.id. Diakses pada 2021. Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warnanya
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya