Jarang Ada Yang Tahu, Ini Manfaat Buah Plum Ternyata Begitu Banyak Lho!
Health

Jarang Ada Yang Tahu, Ini Manfaat Buah Plum Ternyata Begitu Banyak Lho!

16 August 2021 - 3 menit membaca

Buah plum memang belum terlalu populer di Indonesia. Buah yang masih bersaudara dengan buah aprikot, persik, dan nektarin ini umumnya bisa ditemukan dalam beberapa varian warna, mulai dari yang berwarna merah, ungu dan kuning krem. 

Terlepas dari variannya, ada banyak manfaat buah plum yang bisa Anda dapatkan, termasuk baik untuk diet karena sangat rendah kalori. Dalam setiap 100 gram buah plum, terkandung 46 kalori. Selain itu, buah plum tinggi serat, mengandung antioksidan dan protein.

Selain itu, buah plum pun mengandung Vitamin A, B, C, K, beta carotene, isatin dan sorbitol, senyawa pengganti gula yang memberikan sensasi rasa manis unik. Dengan kandungan ini, buah plum diklaim tetap aman bagi pasien diabetes meski memberikan rasa manis yang cukup kuat. 


Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan

Buah plum diklaim mampu membantu menjaga gula darah tetap normal. Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Biomedical Research di 2005, yang menyebut konsumsi ekstrak plum efektif mengurangi gula darah dan kadar trigliserida dalam tubuh. 

Buah plum pun mengandung flavonoid, senyawa antioksidan kuat yang berfungsi melindungi tubuh terhadap resistensi insulin, membantu meningkatkan sensitivitas insulin, sekaligus memaksimalkan perbaikan sel tubuh yang rusak akibat efek buruk diabetes.


Selain itu, ada beberapa manfaat buah plum lainnya yang wajib Anda ketahui, diantaranya adalah: 

  • Kandungan vitamin C dalam buah plum efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, buah plum memiliki konstituen imunostimulan yang mendorong produksi oksida nitrat dalam tubuh untuk menjaga imunitas tubuh dari serangan virus.
  • Buah plum dapat memberi tindakan anabolik dan anti-resorptif, membantu menjaga kesehatan tulang, mendorong pembentukan tulang, dan mencegah pengeroposan tulang yang disebabkan kekurangan hormon ovarium. 
  • Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, menyebut jika buah plum yang dikeringkan efektif membantu mempercepat proses pemulihan patah tulang, dan mengembalikan kepadatan tulang yang hilang akibat faktor usia. 
  • Buah plum mengandung serat, sorbitol dan isatin, yang efektif membantu mengatur dan menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang diterbitkan dalam Alimentary Pharmacology and Therapeutics Journal.
  • Kandungan vitamin B6 dalam buah plum efektif membantu melancarkan transmisi sinyal saraf, memaksimalkan fungsi saraf, membantu memaksimalkan pertumbuhan otak, menjaga suasana hati, meningkatkan kualitas tidur, dan level konsentrasi.
  • Rutin konsumsi buah plum kering efektif membantu meningkatkan fluiditas darah di arteri. Efeknya, kondisi ini akan membantu Anda menurunkan resiko gangguan fungsi jantung, serangan jantung, aterosklerosis, dan stroke. 
  • Penelitian yang dilakukan Department of Nutrition University of California, menyebut jika buah plum jauh lebih baik dalam membantu mempertahankan kadar plasma dan kolesterol hati yang sehat, ketimbang buah anggur. 
  • Penelitian yang dilakukan Department of Plant Science, di Pennsylvania State University, menyebut jika buah plum mengandung komponen epicatechin,yang terbukti efektif menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama kanker hati. 

Manfaat buah plum lainnya, kandungan antioksidan dan vitamin C di dalamnya efektif membantu menjaga kesehatan kulit, sekaligus membuat Anda terlihat lebih bercahaya dan awet muda. Bahkan saat ini beberapa perusahaan telah menambahkan ekstrak buah plum dalam berbagai produk perawatan kecantikan, termasuk produk pelembab dan pencuci wajah.


Referensi: 

WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Plums

Healthline.com. Diakses pada 2021. 7 Health Benefits of Plums and Prunes

Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya