Jangan Terlewat. Ini Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya
Lifestyle

Jangan Terlewat. Ini Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya

16 December 2021 - 3 menit membaca




Pepaya merupakan salah satu jenis buah tropis yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Meski dikenal sebagai pelancar sistem pencernaan, namun faktanya kandungan nutrisi yang cukup melimpah di dalamnya membuat buah ini mengandung sejumlah manfaat besar bagi kesehatan. 

Dalam buah pepaya terkandung berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A, B, C, E, dan vitamin K. Selain itu, buah ini pun mengandung kalsium, serat, potasium, magnesium, folat, dan berbagai jenis antioksidan, seperti likopen yang baik untuk meningkat sistem kekebalan tubuh.

Berikut merupakan manfaat pepaya bagi kesehatan yang sangat rugi jika Anda lewatkan. 

1. Melancarkan Pencernaan

Salah satu manfaat pepaya yang cukup populer bagi kesehatan adalah melancarkan pencernaan. Bahkan banyak orang yang menggunakan pepaya sebagai obat sembelit untuk segala usia, mulai dari anak-anak, dewasa hingga lansia. 

Manfaat luar biasa ini disebabkan karena pepaya mengandung berbagai jenis enzim yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, termasuk meningkatkan kesehatan usus, diantaranya enzim papain, caricain, chymopapain dan glycyl endopeptidase. 

Khusus untuk enzim papain, kandungan enzim tersebut jumlahnya akan lebih tinggi saat pepaya matang sempurna. 

2. Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan antioksidan dalam buah pepaya cukup tinggi. Hal ini didukung dengan kandungan vitaminnya yang sangat lengkap. Keistimewaan ini membuat konsumsi buah pepaya efektif untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Sistem kekebalan tubuh sendiri merupakan mekanisme pertahanan alami tubuh yang terdiri dari sel khusus, protein, dan berbagai jaringan untuk menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit akibat paparan radikal bebas, menangkal serangan virus, dan bakteri. 

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, pepaya sebaiknya dikonsumsi secara langsung sebagai menu harian, atau bisa juga dicampur dengan buah-buahan lainnya. 

3. Baik untuk Kesehatan Jantung

Pepaya merupakan buah dengan kandungan vitamin C dan zat likopen yang sangat tinggi. Keduanya merupakan zat yang ampuh menekan risiko serangan penyakit jantung, dengan cara menurunkan jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam darah. 

Selain itu, buah pepaya mengandung sejumlah nutrisi lainnya, seperti serat, kalium, dan berbagai jenis karotenoid, seperti beta karoten, lutein, asam folat, dan magnesium, yang bisa membantu melebarkan dan menjaga elastisitas pembuluh darah, sekaligus mampu mencegah sumbatan di dalamnya. 

Tidak hanya baik menjaga kesehatan jantung, sistem peredaran darah yang lancar juga efektif menekan resiko hipertensi dan menurunkan tekanan darah.

4. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Tidak hanya efektif menjaga kesehatan sistem pencernaan, enzim papain dalam buah pepaya cukup bisa diandalkan untuk mencegah paparan radikal bebas, meredam paparan sinar UV berlebih yang bisa jadi penyebab masalah kulit kering, penuaan dini, rambut rontok dan lainnya.

Selain itu, kandungan vitamin A dan C dalam pepaya terbukti ampuh mengurangi kerutan di wajah, menjaga kulit tetap cerah dan awet muda. 

Untuk bisa mendapatkan manfaat ini, Anda bisa membeli produk skincare, mulai dari shampo, sabun mandi, lotion hingga pelembab wajah berbahan pepaya. Anda juga bisa memanfaatkan buah pepaya sebagai masker wajah. 

5. Mencegah Kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh paparan radikal bebas, yang resikonya semakin meningkat dengan adanya faktor genetik. Tapi jangan khawatir, Anda bisa menekan resiko tersebut dengan rutin mengkonsumsi buah pepaya.

Pepaya mengandung zat antioksidan kuat yang bernama lycopene. Selain itu, banyak penelitian yang telah membuktikan jika sifat anti-kanker pepaya cukup ampuh menurunkan resiko kanker payudara, kanker kulit, kanker pankreas, dan berbagai jenis kanker lainnya.

Sementara penelitian yang dilakukan di Universitas Palermo, Italia, menyebut jika produk fermentasi buah pepaya efektif mencegah Alzheimer dan menurunkan progresivitas penyakit ini.


Referensi:

  1. Medical News Today. Diakses pada 2021. What are the health benefits of papaya?
  2. Livestrong. Diakses pada 202q. Papaya for Digestion.




Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya