Jangan Dikupas! Buah dan Sayur Ini Lebih Sehat Dikonsumsi Dengan Kulitnya
Health

Jangan Dikupas! Buah dan Sayur Ini Lebih Sehat Dikonsumsi Dengan Kulitnya

11 October 2021 - 3 menit membaca

Sebelum dikonsumsi atau diolah jadi bahan makanan lainnya, buah-buahan dan sayuran biasanya akan dikupas terlebih dahulu. Biasanya perlakukan seperti ini akan dilakukan kepada buah dan sayur yang memiliki kulit tebal, seperti nanas, pepaya, salak, singkong, dan lainnya. 

Tapi tidak semuanya. Ada beberapa buah dan sayur yang justru disarankan untuk tidak dikupas dulu kulitnya. Buah dan sayur ini cukup dicuci hingga bersih di bawah air yang mengalir, kemudian bisa langsung dikonsumsi atau diolah menjadi makanan. 

Berikut merupakan buah dan sayur yang lebih sehat dikonsumsi dengan kulitnya. 


Anggur dan Plum

Selain mengandung serat, kulit anggur mengandung resveratrol, sejenis antioksidan yang bermanfaat menjaga kesehatan jantung dan otak, menjadikan kulit lebih cantik dan awet mudah, menghambat pertumbuhan sel kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Sama seperti anggur, kulit plum mengandung serat yang cukup tinggi. Bahkan kandungan seratnya ini jauh lebih tinggi dibandingkan daging buahnya. Selain itu, kulit buah plum mengandung senyawa phytonutrient yang bertugas memaksimalkan penyerapan zat besi.


Apel dan Mangga

Hampir semua buah dan sayur yang disarankan untuk dikonsumsi bersama kulitnya kebanyakan mengandung serat yang tinggi, bahkan kandungan seratnya jauh lebih tinggi ketimbang daging buahnya sendiri, termasuk kulit apel. Tidak hanya itu, kulit apel juga mengandung vitamin K yang efektif memelihara kesehatan tulang dan sejumlah nutrisi lainnya. 

Sementara untuk kulit buah mangga mengandung khasiat yang mirip resveratrol, yakni menghambat produksi sel lemak matang dan memaksimalkan proses pembakaran lemak. Selain itu, kulit buah mangga mengandung polifenol, karotenoid, omega-3, omega-6 dan asam lemak tak jenuh ganda.


Kiwi dan Mentimun

Kulit buah kiwi yang berbulu ternyata bisa dimakan lho, bahkan mengandung banyak nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti vitamin C dan E, potasium dan serotonin. Selain itu, kulit buah kiwi bisa dikonsumsi sebagai penawar racun. 

Kulit mentimun mengandung antioksidan potasium, serat, kalsium, fosfor dan vitamin K yang sangat tinggi. Selain itu, kulit buah mentimun berguna untuk menjaga kandungan air daging buahnya tetap melimpah. Jadi sangat rugi jika Anda mengupas kulit mentimun sebelum mengkonsumsinya.


Terong dan Zucchini

Kulit terong ungu berukuran sedang mengandung 300 mg senyawa nasunin, jenis antioksidan kuat yang berfungsi menjaga kesehatan otak, dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, kulit terong pun mengandung potasium, serat, magnesium dan asam klorogenik.

Sementara untuk zucchini, kulit dari sayuran sejenis labu kecil ini mengandung serat yang sangat tinggi, magnesium dan flavonoid. Selain itu, kulit zucchini berperan penting dalam menjaga kadar airnya yang mencapai 95 persen dari total beratnya. 


Wortel dan Kentang

Kulit wortel mengandung senyawa polyacetylenes yang bersifat antijamur, antiinflamasi dan antibakteri. Tidak hanya itu, kulit wortel pun saat ini sedang diteliti lebih dalam karena disinyalir berpotensi sebagai pembunuh sel kanker paling efektif. 

Kulit kentang mengandung zat besi, serat, dan asam folat. Menurut penelitian yang dilakukan tim peneliti dari University of Maine, kulit kentang mengandung sejumlah antioksidan kuat dalam jumlah banyak, bahkan 5-10 kali lebih banyak ketimbang jenis umbi-umbian lainnya.


Bersihkan Sebelum Dikonsumsi

Untuk membersihkan sayur dan buah yang disebutkan di atas Anda bisa menggunakan air yang mengalir. Jika dibutuhkan, bisa menggunakan sabun khusus pencuci sabun dan buah. Tapi ingat, pastikan tetap memperhatikan petunjuk pemakaian sabun pencuci sayur dan buah tersebut. 

Sementara untuk jenis umbi, seperti kentang, wortel, dan lainnya, Anda bisa membersihkannya dengan cara disikat untuk merontokkan kotoran yang menempel di kulitnya. Setelah itu bilas di bawah air yang mengalir, atau bisa juga disemprot dengan air bertekanan tinggi. 


Referensi: 

  1. Healthline. Diakses pada 2021. Should You Peel Your Fruits and Vegetables? 
  2. Readers Digest. Diakses pada 2021. 14 Fruits and Vegetables You Shouldn’t Peel
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya