Jangan Dibiarkan! Ini Ciri Lambung Bermasalah
Ahlinya Lambung

Jangan Dibiarkan! Ini Ciri Lambung Bermasalah

18 February 2021 - 3 menit membaca

Lambung merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia, dengan fungsi utama sebagai tempat penyimpanan makanan sementara, sekaligus menghancurkan makanan lewat gerakan peristaltik dan proses kimiawi dengan menggunakan enzim-enzim dalam lambung.

Proses ini bertujuan untuk memisahkan gizi dari makanan makanan yang dikonsumsi, terutama protein, agar lebih mudah diproses oleh organ pencernaan selanjutnya. Maka dari itu, penting memastikan lambung Anda dalam kondisi sehat, dengan mengenali ciri lambung bermasalah berikut ini.

Sakit Perut

Salah satu ciri lambung Anda mengalami masalah, dan harus segera melakukan perbaikan gaya hidup adalah, munculnya rasa sakit di bagian ulu hati sebelah kiri. Selain itu, terkadang muncul juga rasa sakit di area perut, terutama bagian pusar hingga tulang dada. 

Namun rasa sakit tersebut hanya terjadi beberapa menit, setelah itu rasa sakit tersebut berangsur hilang dengan sendirinya, atau ketika Anda mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Kondisi ini umumnya disebabkan karena asam lambung membasahi area lambung yang terluka. 

Heathburn

Heartburn merupakan kondisi ketika cairan asam yang seharusnya berada di dalam lambung, bergerak naik hingga kerongkongan. Saat heartburn menyerang, umumnya Anda akan merasakan sensasi tenggorokan seperti terbakar, terasa sangat kering dan terkadang muncul rasa asam di mulut. 

Selain karena ada luka di dalam lambung, heartburn disebabkan karena otot lambung sudah melemah sehingga tidak mampu menutup katup pengunci asam lambung dengan sempurna, sehingga asam lambung pun bergerak naik hingga kerongkongan. 

Perut Kembung

Anda akan merasakan perut kembung seperti sudah mengkonsumsi air dalam jumlah banyak. Kondisi ini terkadang disertai dengan rasa sakit di area perut, sering bersendawa dan sering mengalami cegukan  meski perut dalam kondisi kosong, dan kondisi masih normal. 

Perut kembung merupakan salah satu ciri lambung bermasalah, sehingga mengganggu kinerja organ pencernaan lain, termasuk usus halus. Jika terus dibiarkan, kerusakan lambung ini akan menjalar ke organ lainnya dan meninggalkan dampak yang lebih serius. 

Mual

Sering mual, atau bahan muntah tanpa alasan yang jelas merupakan salah satu indikasi adanya luka di dinding lambung, yang memicu terjadinya penurunan cairan pencernaan. Kondisi ini menyebabkan proses pencernaan terhambat, hingga akhirnya tubuh merespons dengan menunjukkan gejala mual. 

Biasanya perasaan mual atau muntah ini akan terjadi di pagi hari, terutama saat perut masih kosong. Anda harus segera menghubungi dokter jika gejala ini muncul dengan disertai gejala lainnya, seperti nyeri di area perut atau perut sering terasa kembung.

Kehilangan Nafsu Makan

Secara psikologis, rasa tidak nyaman di lambung akan membuat kita kehilangan nafsu makan. Padahal membiarkan lambung tetap dalam kondisi kosong justru bisa menyebabkan luka di lambung semakin parah, dan rasa sakit yang diderita pun akan semakin intens.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengkonsumsi PROMAG 1-2 jam sebelum atau sesudah makan dan sekali sebelum tidur. Selain itu, usahakan untuk tetap makan dalam porsi yang kecil, tapi lebih sering. Trik lainnya, kunyahlah makanan hingga lembut agar kinerja lambung lebih ringan. 

Kapan Harus Memeriksakan Diri ke Dokter? 

Ciri lambung bermasalah di atas sebenarnya bisa diatasi dengan perubahan gaya hidup. Anda disarankan lebih banyak mengkonsumsi makanan tinggi serat, mengurangi kafein, makanan berlemak dan pedas. Selain itu, Anda pun wajib berhenti merokok dan konsumsi minuman beralkohol. 

Selain itu, pastikan untuk mengunyah makanan hingga halus, dan hindari kebiasaan tidur atau berbaring setelah makan. Jika sudah menyebabkan muntah darah, hingga mengganggu aktivitas harian Anda, segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.


Referensi:

  1. Atlasbiomed. Diakses pada 2020. What Causes Reflux, Too Much Acid In The Stomach And Acid
  2. Harvard Health. Diakses pada 2020. 9 ways to relieve acid reflux without medication
  3. NHS.uk. Diakses pada 2020. Heartburn and acid reflux
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya