Jangan Dianggap Enteng. Gejala Sakit Perut Ini Wajib Diwaspadai
Health

Jangan Dianggap Enteng. Gejala Sakit Perut Ini Wajib Diwaspadai

16 September 2021 - 3 menit membaca

Sakit perut merupakan hal yang biasa, dan bisa menimpa siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua. Biasanya, sakit perut ringan disebabkan karena konsumsi makanan pedas, telat makan, konsumsi makanan mengandung gas, pola makan buruk, sembelit, diare, dan lainnya. 

Untuk masalah sakit perut ringan bisa diatasi dengan terapi sederhana, misalnya minum air hangat, kompres air hangat di perut dan lainnya. Tapi hati-hati, dalam kondisi tertentu masalah sakit perut bisa jadi pertanda ada masalah kesehatan serius pada tumbuh Anda. 

Berikut merupakan gejala sakit perut yang wajib Anda waspadai, dan harus segera diperiksa dokter begitu merasakannya.


Diare Bercampur Darah

Diare merupakan kondisi yang umum terjadi, dan bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat diare. Namun hati-hati jika feses encer yang Anda keluarkan sudah bercampur dengan darah, timbul sensasi panas di perut, hingga demam, Anda wajib waspada. 

Ini bisa jadi gejala infeksi bakteri Salmonella, Campylobacter, Shigella, atau E Coli. Kondisi ini bisa diperkuat setelah Anda mengkonsumsi obat diare dan masalah tersebut selesai, namun perut masih terasa sakit, atau suhu tubuh masih belum menurun.


Sakit Perut Hebat disertai Muntah

Selain sakit perut, Anda mengalami muntah terus menerus. Sakit perut yang dirasakan tidak seperti sakit perut pada umumnya, ini terasa lebih intens dan kuat, bahkan Anda merasa perut seperti ditusuk-tusuk, dan usus seperti dipelintir. 

Gejala sakit perut ini biasanya terjadi akibat infeksi bakteri shigella, salmonella, campylobacter, atau E.coli. Selain itu, kondisi ini pun bisa disebabkan karena gastroenteritis akut, yang dikenal dengan istilah flu perut. Berbeda dengan infeksi bakteri, flu perut tidak menyebabkan diare disertai darah.


Sakit Yang Menjalar ke Punggung

Anda merasakan sakit perut hebat yang dimulai dari perut bagian atas, kemudian menyebar hingga perut bagian bawah. Kondisi ini terjadi dalam waktu lama. Bukannya mereda, sakit perut tersebut malah menjalar hingga ke punggung. 

Kondisi ini bisa jadi tanda ada masalah serius di perut Anda, seperti gejala pankreatitis akut. Jika sakit perut tersebut ditambah dengan gejala lainnya, seperti demam, jantung berdenyut lebih cepat, perut terlihat bengkak, mual dan muntah, kemungkinan ini gejala kolesistitis.


Sakit Perut di Bagian Kanan Bawah

Jika Anda merasakan sakit perut yang sangat menyiksa, dimulai dari bagian pusar, kemudian menjalar hingga bagian perut kanan bawah, terjadi secara tiba-tiba dan terasa makin buruk saat dibiarkan, bisa jadi ini gejala apendisitis atau peradangan usus buntu. 

Gejala sakit perut akibat usus buntu biasanya diiringi dengan gejala tambahan, seperti rasa sakit yang memburuk saat bergerak, atau hal-hal yang memberi tekanan di perut, seperti batuk, bersin, tertawa, menarik napas dalam-dalam, dan lainnya. 


Kram Perut Bagian Bawah

Berbeda dengan gejala sakit perut sebelumnya yang sulit hilang, sakit perut akibat sindrom iritasi usus atau Irritable bowel syndrom (IBS) ini akan hilang saat BAB. Sakit perut yang diderita pun sedikit berbeda, yakni disertai dengan kram perut bagian bawah. 

Gejala IBS biasanya dilengkapi dengan perut kembung, perubahan pola buang air besar, dan mengeluarkan gas secara berlebih. Jika tanpa disertai dengan gejala tambahan tersebut, kemungkinan Anda hanya mengalami sembelit. 

Sebagai catatan, sakit perut yang tidak perlu dikhawatirkan akan menghilang dalam beberapa jam, bahkan tanpa obat-obatan khusus. Namun jika gejala sakit perut tersebut malah terasa semakin parah, bahkan terjadi seharian penuh, sebaiknya segera hubungi dokter.


Referensi:

  1. Ariel Medicine. 8 Signs You Should See Your Doctor for Abdominal Pain
  2. Prevention. Diakses pada 2021. 6 Signs Your Upset Stomach Isn’t Normal.
  3. Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Abdominal pain When to See a Doctor
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya