Jangan Dianggap Enteng! Gejala Infeksi Lambung Ini Harus Segera Diatas
Ahlinya Lambung

Jangan Dianggap Enteng! Gejala Infeksi Lambung Ini Harus Segera Diatasi

15 March 2021 - 3 menit membaca

Ada banyak masalah yang disebabkan produksi asam lambung yang tidak terkendali, salah satunya infeksi lambung, peradangan yang terjadi di dinding lambung yang diawali oleh adanya infeksi bakteri  yang tahan terhadap asam lambung.

Dinding lambung yang terkikis, dan tidak segera ditangani dengan baik akan berubah menjadi luka hingga berkembang menjadi borok. Pada gilirannya, bakteri H. pylori akan ikut menyerang hingga akhirnya terjadi infeksi lambung.

Gejala Infeksi Lambung

Gejala infeksi lambung sendiri diawali dengan gejala yang mirip dengan sakit maag atau masalah lambung lainnya, seperti mual, muntah, nyeri atau perih di ulu hati hingga kembung. Jika sudah parah, gejala ini kemudian berkembang jadi tukak lambung

Selanjutnya, Anda akan menemukan beberapa gejala lainnya, seperti sakit di bagian atas perut, atau lebih tepatnya di bawah tulang dada, hingga gejala tidak enak badan dalam waktu yang lama, sering bersendawa, penurunan nafsu makan hingga bau mulut yang sulit dihilangkan. Infeksi H pylori yang tidak diatasi dnegan baik diketahui menjadi pemicu terjadinya kanker lambung yang berakibat fatal. 

Jika menemukan kondisi di atas, Anda harus segera menghubungi dokter. Terlebih jika sudah muncul gejala muntah darah, BAB berwarna hitam atau merah gelap, kesulitan bernapas, wajah pucat, pusing dan gejala lainnya. 

Penanganan Infeksi Lambung

Untuk memastikan kondisi Anda, dokter biasanya akan melakukan beberapa pemeriksaan lewat tes darah dan tinja. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi keberadaan bakteri H.pylori, sekaligus untuk menilai apakah terdapat infeksi lain yang berada di dalam tubuh. 

Selain itu, dokter pun mungkin akan melakukan pemeriksaan uji napas urea atau urea breath test. Hal ini dilakukan berkaitan dengan salah satu gejala bau mulut yang disebabkan oleh bakteri H.pylori .

Setelah dipastikan adanya infeksi lambung, dokter akan meresepkan beberapa langkah penanganan, mulai dari pemberian obat maag golongan proton-pump inhibitors (PPI) untuk mencegah produksi asam lambung berlebih, atau  H2-receptor antagonist.

Obat lainnya yang akan diresepkan adalah jenis gastroprotektor dan antibiotik untuk mengatasi perkembangan bakteri H. pylori di lambung. 

Penentuan jenis obat-obatan, serta dosis yang diberikan tentu saja disesuaikan dengan gejala infeksi lambung, dan tingkat keparahannya. Biasaya evaluasi akan diberikan setelah Anda menjalani terapi pengobatan selama 4 minggu. Jika dibutuhkan, mungkin Anda akan kembali mendapat obat tambahan.

Mencegah Infeksi Lambung

Untuk mencegah terjadinya infeksi lambung, jangan lupa untuk memastikan kebersihan makanan yang dikonsumsi dan alat makan yang biasa digunakan. Selain itu, Anda pun harus memastikan selalu mencuci tangan sebelum dan setelah makan, dan proses makanan hingga matang sempurna, terutama jenis daging atau makanan laut. 

Selain itu, hindari menggunakan alat makan yang sama dengan pasien yang menderita infeksi lambung. Meski penelitian belum 100 persen menyebut bakteri dapat menular lewat air liur, namun resiko makan bersama dengan satu sendok atau satu sumpit dengan pasien infeksi lambung beresiko tinggi menular.

Anda disarankan untuk memperbaiki gaya hidup dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat menyebabkan masalah lambung, seperti makanan pedas, mengandung bahan pengawet, kebiasaan merokok, minuman beralkohol dan lainnya. 

Jangan pernah mengabaikan sekecil apapun masalah lambung. Jika tidak diatasi dengan baik, masalah lambung bisa menyebabkan bahaya, mulai dari tukak lambung, GERD, kanker lambung, hingga infeksi lambung yang bisa berujung kepada kematian. 


Referensi: 

  1. Mayoclinic. Diakses pada 2021. Helicobacter pylori (H. pylori) infection
  2. WebMD. Diakses pada 2021. H. pylori: Causes, Symptoms, Treatment
Artikel Terkait
uploads/2/2019-09/a1_nyeri_ulu_hati_saat_hamil_min.jpg
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

uploads/2/2019-08/l12_gejala_penyakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

uploads/2/2019-08/l3_sakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai