Jangan Anggap Remeh, Ternyata Banyak Lho Manfaat Puasa Bagi Lambung
Health

Jangan Anggap Remeh, Ternyata Banyak Lho Manfaat Puasa Bagi Lambung

28 May 2021 - 3 menit membaca

Akibat perubahan pola makan selama berpuasa, banyak orang yang merasa khawatir saat akan menjalankan ibadah puasa. Bahkan tidak jarang banyak orang yang memutuskan untuk tidak berpuasa karena khawatir masalah lambung yang dimiliki akan semakin parah. 

Namun faktanya, banyak pakar yang justru mendukung penderita asam lambung untuk berpuasa. Hal ini didasarkan keterangan para ahli yang menyatakan jika puasa justru sangat baik untuk kesehatan, bahkan salah satu manfaat puasa bagi lambung adalah, mampu mengatasi sakit maag.


Cara Puasa Menyembuhkan Maag

Sakit maag sendiri merupakan istilah yang digambarkan munculnya rasa nyeri yang berasal dari usus halus, lambung, atau kerongkongan. Selain itu, sakit maag pun digambarkan dengan gejala sakit atau rasa perih di daerah ulu hati, perut kembung, mual, dan muntah.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Australian Prescriber menyatakan jika berpuasa memang akan membuat peningkatan asam lambung. Namun hal itu hanya terjadi di minggu pertama puasa saja, setelah itu tubuh akan beradaptasi dan produksi asam lambung pun menurun. 

Selain produksi asam lambung menurun, setelah berpuasa kadar hormon gastrin dalam tubuh akan beradaptasi dan bekerja menurunkan asam lambung. Dalam jangka panjang, pola makan baru ini akan membuat produksi asam lambung semakin menurun, dan sakit maag pun berpotensi sembuh total. 

Sementara menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Deutsches Arzteblatt International, menyebut jika sejumlah penderita asam lambung mengalami peningkatan asam lambung selama berpuasa disebabkan karena gangguan kecemasan berlebih. 

Dalam penelitian tersebut dijelaskan jika kecemasan berlebih bahkan jauh lebih berbahaya, dan jadi pemicu sakit maag yang lebih parah ketimbang sebelumnya. 


Nyaman Puasa Bagi Penderita Sakit Maag

Seperti dijelaskan di atas, berpuasa berpeluang menyembuhkan sakit maag. Namun tidak asal berpuasa, ada beberapa syarat khusus yang wajib Anda penuhi, diantaranya tidak berlebihan saat makan, dan tetap berpedoman kepada pola makan sedikit namun sering. 

Selain itu, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Govaresh, ada beberapa catatan penting lainnya yang bisa Anda ikuti agar puasa bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan lambung, diantaranya: 

  1. Konsultasikan dengan dokter sebelum menjalani ibadah puasa. Ini penting untuk dilakukan agar dokter bisa memantau kondisi terbaru masalah lambung Anda. 
  2. Konsumsi makanan sehat, terutama makanan yang mengandung serat tinggi, seperti sayuran hijau, oatmeal, buah-buahan, dan lainnya. 
  3. Perhatikan asupan cairan tubuh. Anda setidaknya membutuhkan cairan sebanyak 2 liter per hari. Jumlah ini bisa didapat dengan konsumsi air putih menggunakan pola 2-4-2. 
  4. Saat sakit maag kambuh, segera konsumsi antasida. Anda bisa mengkonsumsinya setelah berbuka puasa, dan setelah makan sahur. 
  5. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi, kafein, dan minuman bersoda. Anda pun diwajibkan untuk berhenti merokok. 

Yang paling penting, pastikan tidak panik dan yakin jika puasa akan memberikan dampak positif bagi lambung. Jangan lupa tetap aktif berolahraga. Namun ingat, sesuaikan jenis dan jadwal olahraga Anda. Disarankan untuk berolahraga sore hari menjelang waktu berbuka tiba. 


Referensi:

  1. Goverish.org. Diakses pada 2021. Effects of Ramadan Fasting on Dyspepsia Symptoms
  2. nps.org.au. Diakses pada 2021. Functional Dyspepsia. Australian Prescriber.
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya