Jaga Paru-paru Dengan Makanan Sehat Ini
Health

Jaga Paru-paru Dengan Makanan Sehat Ini

08 October 2021 - 3 menit membaca

Pernah mendengar mitos yang menyebut susu-soda bisa membersihkan paru-paru? Meski mitos ini sudah beredar cukup lama, dan sudah dibantah oleh banyak pakar, tetap saja banyak orang yang menggunakan trik ini dengan dalih sebagai jaga-jaga. 

Padahal faktanya, hingga kini belum ada trik yang benar-benar efektif untuk ‘mencuci’ paru-paru. Kebanyakan pakar hanya membahas tentang cara menjaga kesehatan paru-paru, terutama untuk Anda yang sering terpapar polusi, dan para perokok. 

Selain menjauhi rokok dan disiplin gunakan masker saat berada di wilayah tinggi polusi, Anda bisa menjaga kesehatan paru-paru dengan mengkonsumsi beberapa makanan berikut ini.


Bawang Putih 

Bawang putih merupakan sumber antioksidan yang baik menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, bawang putih istimewa karena kandungan allicin, senyawa organosulfur yang bersifat anti-inflamasi, sebagai pembunuh bakteri, membunuh patogen tanaman. 

Rutin konsumsi bawang putih bisa menurunkan resiko infeksi dan inflamasi, dua hal yang kerap jadi sumber masalah bagi paru-paru. Selain itu, bawang putih dipercaya ampuh mengatasi gejala penyakit terkait paru-paru, seperti asma, kanker paru-paru dan lainnya. 


Apel 

Apel merupakan buah super yang punya banyak manfaat kesehatan, salah satunya kandungan serat, vitamin dan antioksidannya yang tinggi. Dengan kandungan nutrisinya yang lengkap, apel bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan jantung, dan sistem pernafasan

Selain itu, penelitian membuktikan jika Ibu hamil yang rutin mengkonsumsi apel cenderung melahirkan anak yang sehat dan bebas dari resiko asma. Hal ini berkat kandungan senyawa fenolik dan flavonoid yang terbukti ampuh mengurangi peradangan di saluran udara.


Jahe 

Selain bisa digunakan sebagai penghangat tubuh, jahe ternyata bersifat sebagai anti-inflamasi yang efektif mencegah infeksi dan peradangan di paru-paru. Sementara zat antiseptik dan antibakteri di dalamnya dipercaya ampuh melindungi paru-paru dari kerusakan akibat polusi. 

Untuk menjaga kesehatan paru-paru, Anda bisa mengolah jahe menjadi minuman kesehatan, seperti wedang jahe atau teh jahe. Agar lebih maksimal, tambahkan juga beberapa rempah tambahan, seperti kayu manis bubuk, madu, dan jeruk nipis sebagai campurannya. 


Teh Hijau

Teh hijau dikenal sebagai minuman sehat paling populer di dunia. Salah satu kandungan istimewa dari teh hijau adalah senyawa epigallocatechin gallate yang terbukti efektif menghambat, bahkan membunuh virus dan mikroorganisme yang menyerang paru-paru. 

Penelitian yang dilakukan University Graduate School of Medicine, Jepang membuktikan jika rutin minum secangkir teh hijau efektif menurunkan resiko kematian akibat pneumonia hingga 41 persen, dan mampu menjaga kesehatan paru-paru dari dampak buruk polusi udara.


Cara Lain Menjaga Kesehatan Paru-paru

Selain dengan mengkonsumsi makanan dan minuman diatas, untuk menjaga kesehatan paru-paru, American Lung Association menyarankan agar Anda menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan mengkonsumsi setidaknya 2 liter air per hari. 

Sementara untuk mengencerkan lendir di paru-paru, Anda disarankan memperbanyak minum air hangat atau minuman hangat seperti teh tanpa gula, kuah kaldu, dan lainnya. Lendir yang sudah encer dan menipis nantinya bisa lebih mudah dibersihkan lewat saluran udara.

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan adalah melakukan terapi uang secara berkala, minimalnya satu bulan sekali. Pastikan untuk melakukan terapi uap di klinik dokter spesialis paru, atau jika Anda ingin menggunakan alat terapi mandiri, pastikan sesuai dengan rekomendasi dokter.


Referensi:

  1. Healthline. Diakses pada 2021. 6 Ways to Cleanse Your Lungs.
  2. NDTV. Diakses pada 2021. 5 Foods That Will Detoxify Your Lungs And Heal Them Naturally.
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya