Jaga Kesehatan Usus Dengan Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat Ini
Health

Jaga Kesehatan Usus Dengan Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat Ini

16 September 2021 - 3 menit membaca

Usus yang sehat merupakan salah satu kunci kesehatan sistem pencernaan. Selain bertugas menyerap nutrisi makanan dan mengedarkannya ke seluruh tubuh, usus bertugas juga untuk mengolah sisa makanan yang tidak dicerna, kemudian membuangnya dalam bentuk feses.

Maka dari itu, menjaga kesehatan usus merupakan hal yang sangat penting. Berikut merupakan beberapa makanan yang bisa Anda andalkan untuk menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan. 


Bawang Putih

Selain dikenal sebagai bumbu dapur yang mampu memperkuat rasa dan aroma makanan, bawang putih dinilai sebagai bahan istimewa karena bersifat antibakteri alami. Selain itu, bawang putih mengandung inulin tinggi, jenis karbohidrat yang berfungsi sebagai makanan bagi bakteri baik.

Penelitian yang dilakukan di King's College London, dan diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition tahun 2018, menyebut jika makanan dengan kandungan serat prebiotik tinggi lebih dibutuhkan untuk menjaga kesehatan usus, misalnya bawang putih.

Kelebihan lainnya, bawang putih punya sifat antioksidan kuat, anti kanker dan antimikroba yang efektif mencegah berbagai macam penyakit berbahaya, termasuk penyakit jantung.


Sayuran Hijau Gelap

Bukan hanya bayam, ada banyak sayuran berwarna hijau gelap yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan usus, termasuk kale atau brokoli. Sayuran berwarna hijau gelap mengandung serat yang efektif membersihkan usus. 

Selain itu, sayuran berwarna hijau gelap pun mengandung vitamin, asam folat, dan mineral penting lainnya yang baik untuk usus.

Namun diantara semua sayuran berwarna hijau gelap, brokoli merupakan sayuran yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Functional Food tahun 2017.


Probiotik

Makanan atau minuman probiotik terbukti efektif membantu memberi suplai bakteri baik di usus yang dibutuhkan untuk membentuk sistem imun. Selain itu, bakteri baik ini berguna untuk membuang kotoran dalam usus, dan berbagai penyebab munculnya masalah pencernaan.

Sebagai catatan, probiotik merupakan kumpulan mikroorganisme yang bekerja membantu tubuh dalam mencegah dan menanggulangi berbagai penyakit. 

Ada banyak makanan yang masuk dalam kategori probiotik, seperti yoghurt, sauerkraut, kefir, tempe, kimchi, dan lainnya. Tapi ingat, orang yang bermasalah dengan sistem imun atau punya masalah kesehatan serius, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsinya. 


Prebiotik

Banyak orang yang masih sulit membedakan antara probiotik dan prebiotik. Seperti disebutkan diatas, probiotik merupakan kumpulan mikroorganisme yang bertugas membantu tubuh dalam mencegah dan menanggulangi berbagai penyakit. 

Sementara prebiotik merupakan serat tanaman yang tidak bisa dicerna usus, dan jadi sumber makanan bagi bakteri baik. Fungsi lainnya, prebiotik dapat membantu menghasilkan asam lemak rantai pendek yang penting bagi kesehatan usus besar. 

Beberapa makanan yang bisa jadi sumber prebiotik adalah, apel, beri-berian, pisang, asparagus, tomat, kedelai, barley, biji rami, gandum dan rumput laut.


Teh Hitam dan Hijau

Teh merupakan makanan paling populer di dunia setelah kopi. Selain ampuh mencegah pertumbuhan sel kanker, teh mengandung senyawa antioksidan catechin yang efektif menangkal paparan radikal bebas yang bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk kanker usus besar.

Selain itu, penelitian yang dilakukan di Belanda menemukan fakta jika teh ampuh menjaga kesehatan usus dengan cara menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus, memaksimalkan pertumbuhan bakteri baik, dan menangkal pertumbuhan bakteri jahat. 

Teh juga dinilai istimewa karena punya kemampuan mengontrol glukosa, meningkatkan mood dan mencegah stress, salah satu faktor penyebab munculnya masalah pencernaan.


Referensi:

  1. Food Revolution Network. Diakses pada 2021. Why Healing Your Gut Is Essential for Good Health.
  2. Healthline. Diakses pada 2021. The 19 Best Foods to Improve Digestion.
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya