Ini Makanan Terbaik Untuk Anak yang Alami Masalah Asam Lambung
Ahlinya Lambung

Ini Makanan Terbaik Untuk Anak yang Alami Masalah Asam Lambung

16 September 2021 - 3 menit membaca

Masalah lambung memang lekat dengan orang dewasa. Hal ini disebabkan karena kebanyakkan orang dewasa punya pola makan yang buruk, tingkat stres yang tinggi, dan gaya hidup lainnya yang bisa jadi penyebab masalah asam lambung, seperti merokok dan konsumsi minuman beralkohol. 

Namun selain orang dewasa, ternyata anak-anak pun kerap mengalami masalah asam lambung. Dikutip dari Johns Hopkins Medicine, kebanyakan masalah asam lambung yang terjadi pada anak disebabkan oleh sfingter esofagus bagian bawah yang memang masih lemah. 

Namun masalah stringer esofagus bukan satu-satunya penyebab, ada beberapa kondisi yang dapat meningkatkan resiko masalah lambung pada anak, diantaranya: 


  • Konsumsi makanan seperti permen, cokelat dan makanan tinggi lemak. 
  • Anak mengalami obesitas
  • Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti antidepresan, antihistamin, dan obat sakit
  • Berada di lingkungan perokok aktif. 


Sama seperti orang dewasa, kebiasaan menidurkan atau mengajak tidur anak sesaat setelah makan bisa jadi penyebab masalah asam lambung.


Cara Menangani Masalah Asam Lambung pada Anak

Menangani masalah asam lambung pada anak pada dasarnya sama seperti penanganan asam lambung pada orang dewasa, yakni dengan menjauhi penyebab utama asam lambung naik, termasuk mengurangi konsumsi makanan tinggi gula, seperti permen, donat, dan lainnya. 

Sementara untuk yang mengalami obesitas, sebaiknya dorong anak untuk banyak melakukan aktivitas fisik, dan lakukan diet sehat. Jauhkan anak-anak dari para perokok, dan ajak mereka beraktivitas setelah makan agar dia tidak langsung tidur atau berbaring. 

Jika dibutuhkan, Anda bisa meminta anak mengkonsumsi antasida. Tapi sebelum itu, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan pemberian obat dan dosisnya tepat. Meski pada dasarnya antasida aman bagi anak, namun dibutuhkan dosis yang tepat bagi mereka.


Makanan Untuk Menangkal Asam Lambung pada Anak

Selain dengan mengkonsumsi obat antasida, ada beberapa makanan yang disarankan dikonsumsi anak-anak untuk mengendalikan produksi asam lambung, sekaligus mencegah masalah asam lambung kambuh kembali. Beberapa diantaranya adalah:

  • Ikan tanpa lemak, seperti tuna, salmon, sarden, dan ikan kod, efektif meringankan kerja organ lambung. Selain itu, kandungan proteinnya baik untuk mengatasi lambung yang luka. 
  • Pisang merupakan makanan terbaik untuk mereka yang bermasalah dengan asam lambung. Buah ini bersifat basa dan mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. 
  • Oatmeal merupakan sumber karbohidrat terbaik baik anak karena kandungan seratnya yang tinggi. Kandungan serat ini pun bisa membantu mencegah asam lambung kambuh.
  • Selain pisang, anak-anak disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan dengan kandungan asupan rendah dan tidak mengandung gas, seperti pir, apel, semangka, dan melon.
  • Selain oatmeal, Anda bisa mengganti sumber karbohidrat anak dengan mengkonsumsi roti gandum. Pilih roti gandum dengan tambahan biji wijen, dan biji-bijian lainnya.
  • Sayuran hijau mengandung serat yang tinggi, dan ampuh mengendalikan produksi asam lambung. Tapi ingat, hindari sayuran yang mengandung gas seperti kol dan brokoli. 

Jangan lupa untuk menjauhi makanan tinggi lemak, terutama junk food yang tinggi kalori dan tidak menyediakan nutrisi yang dibutuhkan anak. Makanan tinggi lemak diduga dapat mengendurkan otot lower esophageal sphincter (LES), dan memudahkan asam lambung naik ke kerongkongan. 

Selain itu, makanan tinggi lemak pun dapat merangsang pelepasan hormon cholecystokinin, yang dapat mengendurkan otot lower esophageal sphincter, meningkatkan risiko refluks asam lambung dan jadi penyebab masalah asam lambung. 

Masalah asam lambung pada anak tidak boleh dipandang sebelah mata. Segera hubungi dokter untuk mendapat solusi yang lebih baik. 


´╗┐Referensi:

  1. Healthline. Diakses pada 2021. 7 Foods to Help Your Acid Reflux. 
  2. Healthline. Diakses pada 2021. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) in Children.
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya