Ini Hal Yang Paling Sering Bikin Sakit Maag Kambuh
Ahlinya Lambung

Ini Hal Yang Paling Sering Bikin Sakit Maag Kambuh

27 December 2021 - 3 menit membaca




Sakit maag merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang cukup sulit disembuhkan. Hal inilah yang membuat banyak orang berpendapat jika penyakit ini tidak mungkin disembuhkan, dan kita hanya bisa mengendalikan atau mencegah gejalanya muncul. 

Meski pendapat tersebut tidak 100% benar, namun faktanya mengendalikan penyebab sakit maag kambuh merupakan cara terbaik yang bisa Anda pilih untuk terhindar dari ‘siksaan’ penyakit ini. Lantas apa saja sih hal yang paling sering bikin sakit maag kambuh?

1. Makan Dalam Porsi Besar

Karena sedang lapar, atau bertemu dengan makanan favorit, banyak orang yang akhirnya tidak sadar telah menyantap makanan dalam jumlah yang berlebihan. Terlepas apakah yang dikonsumsi tersebut makanan pemicu sakit maag atau bukan, hal ini tetap beresiko meningkatkan produksi asam lambung.

Hal ini disebabkan karena saat makanan masuk dalam jumlah yang besar, lambung akan mengembang di luar batas toleransinya. Kondisi ini akan membuat otot stingfer esofagus terbuka dan menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan. 

Tidak hanya itu, konsumsi makanan dalam jumlah besar akan ‘memaksa’ lambung memproduksi cairan asam dalam jumlah besar untuk mempercepat proses penghancuran makanan. 

2. Langsung Olahraga Setelah Makan

Anda disarankan makan sebelum berolahraga agar makanan tersebut dapat diolah menjadi sumber tenaga. Tapi tidak boleh langsung, setidaknya berikan jeda selama 1-2 jam sebelum akhirnya Anda mulai melakukan aktivitas fisik, terutama olahraga yang dapat menyebabkan guncangan di perut. 

Hal ini disebabkan karena setelah makan, lambung membutuhkan waktu beberapa saat untuk mencerna makanan, sebelum akhirnya dialirkan menuju usus. 

Saat belum tercerna sempurna, makanan yang sudah bercampur dengan asam lambung akan terguncang dan terdorong naik ke kerongkongan. Selain menyebabkan sakit maag kambuh, kebiasaan ini bisa menyebabkan mual, muntah, kram perut, hingga beresiko menyebabkan usus buntu.

3. Kebiasaan Makan Yang Buruk

Ada banyak kebiasaan makan yang bisa berdampak buruk bagi lambung, salah satunya adalah kebiasaan berbaring atau tidur setelah makan. Kebiasaan ini bisa menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan heartburn. 

Selain itu, kebiasaan lain yang wajib diwaspadai adalah, makan terlalu cepat sehingga makanan tidak sempat dikunyah dengan sempurna, terutama makanan yang sulit dicerna lambung, seperti makanan tinggi lemak, dapat menyebabkan asam lambung cepat naik. 

Untuk Anda yang sedang diet, hati-hati dengan jam makan. Agar lebih aman, sebaiknya Anda memilih pola makan sering, tapi dalam porsi yang lebih kecil.

4. Konsumsi Obat Tertentu

Tanpa sadar ada beberapa jenis obat yang jika dikonsumsi tanpa mengikuti anjuran dan resep dokter, dapat berdampak buruk bagi kesehatan lambung dan menimbulkan sakit maag. Hal ini berlaku untuk beberapa jenis obat tertentu yang dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. 

Salah satunya jenis obat Non-steroid anti-inflammatory (NSAID), Ibuprofen, Aspirin, Naproxen, Diclofenac, dan lainnya. Obat ini dapat menyebabkan esophagus sphincter merenggang hingga menyebabkan munculnya gejala sakit maag. 

Maka dari itu, pastikan untuk mengkonsumsi obat sesuai dengan anjuran dokter. Selain itu, jangan pernah gunakan resep bekas orang lain atau resep sebelumnya untuk mengkonsumsi obat.

5. Kebiasaan Buruk Harian

Ada beberapa kebiasaan buruk yang biasa kita lakukan sehari-hari, seperti merokok. Selain menyebabkan banyak masalah kesehatan, nikotin dalam rokok bisa mengendurkan stingfer esofagus yang  dapat menyebabkan sakit maag kambuh. 

Selain itu, terlalu banyak konsumsi makanan tinggi kafein, minuman bersoda, minuman beralkohol, dan lainnya, diketahui memiliki efek yang sama. 


Referensi: 

  1. Healthline. Diakses pada 2021. Symptoms of Acid Reflux
  2. WebMD. Diakses pada 2021. Common Heartburn Triggers
  3. WebMD. Diakses pada 2021. Top 10 Heartburn Foods




Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya