Ini Gangguan Kesehatan Selama Berpuasa Yang Wajib Diwaspadai
Health

Ini Gangguan Kesehatan Selama Berpuasa Yang Wajib Diwaspadai

28 May 2021 - 3 menit membaca

Meski terbukti menyehatkan, faktanya perubahan gaya hidup selama menjalankan ibadah puasa kerap menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Meskipun begitu, dari semua masalah tersebut, hampir semuanya disebabkan karena salah dalam menyikapi cara beribadah puasa itu sendiri. 

Berikut beberapa gangguan kesehatan selama berpuasa yang cukup sering terjadi, dan solusi mudah untuk mengatasinya. 

1. Masalah Asam Lambung

Gangguan asam lambung merupakan masalah klasik yang sering menyerang selama puasa. Umumnya, penyakit ini disebabkan karena pola makan yang buruk, seperti terlalu banyak konsumsi gorengan, makanan pedas, kebiasaan ngopi, tidur setelah makan sahur, sering begadang dan lainnya. 

Selain itu, penyebab terbesar dari naiknya asam lambung adalah stres atau gangguan kecemasan. Maka untuk mengatasinya, tentu saja Anda harus berusaha menjauhi stres dengan cara berolahraga, atau melakukan aktivitas yang menyenangkan, dan perbanyak konsumsi makanan sehat. 

2. Radang Tenggorokan

Sama seperti masalah lambung, radang tenggorokan merupakan salah satu gangguan kesehatan selama berpuasa yang cukup banyak terjadi. Umumnya, radang tenggorokan terjadi karena kebiasaan buruk seperti merokok, jarang minum, begadang dan jarang konsumsi buah-buahan. 

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa memperbanyak konsumsi cairan, dan berkumur dengan air garam. Jangan lupa konsumsi sayuran dan buah-buahan segar, rutin berolahraga, istirahat yang cukup dan pastikan agar Anda berhenti merokok. Jika dibutuhkan, konsumsi multivitamin.

3. Hipoglikemia

Hipoglikemia merupakan kondisi ketika kadar gula darah sangat drop, hingga menimbulkan beberapa gejala, seperti keluar keringat dingin, wajah pucat, lemas, nyeri kelapa, gelisah, disorientasi hingga pingsan. Kondisi ini sangat rentan menimpa mereka yang bermasalah dengan gula darah. 

Untuk mengatasinya, segera konsumsi minuman manis, seperti teh manis begitu gejala hipoglikemia muncul. Jika Anda penderita diabetes, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapat solusi terbaik. Hipoglikemia bisa sangat berbahaya, terlebih jika Anda terbiasa beraktivitas di luar rumah.

4. Bau Mulut

Ada banyak hal yang menyebabkan bau mulut, mulai dari gangguan penyakit tertentu, seperti naiknya asam lambung, radang tenggorokan, dan lainnya. Selain itu, bau mulut pun bisa disebabkan karena kebiasaan buruk seperti jarang menggosok gigi, kebiasaan merokok dan lainnya. 

Untuk mengatasi gangguan kesehatan selama berpuasa ini, Anda bisa melakukan beberapa upaya, seperti konsumsi air putih, rajin menggosok gigi, konsumsi makanan berserat tinggi, konsumsi obat antasida untuk mengendalikan asam lambung, perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. 

5. Dehidrasi 

Dehidrasi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang cukup sering menimpa mereka yang berpuasa. Umumnya, dehidrasi ditandai dengan hilangnya konsentrasi, kulit pucat, bibir pecah-pecah, bau mulut, tubuh lemas, hingga kehilangan kesadaran alias pingsan

Dalam kondisi ringan, Anda bisa mengatasi masalah ini dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh, dan perbanyak konsumsi buah-buahan. Namun dalam kondisi yang lebih parah, Anda harus segera menghubungi dokter. Terkadang Anda butuh cairan infus untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Selain itu, masih banyak gangguan kesehatan selama berpuasa lainnya yang harus Anda waspadai, diantaranya sembelit, tekanan darah rendah, dan lainnya. 


Referensi: 

  1. Merdeka.com. Diakses pada 2021. 5 Jenis Penyakit yang Sering Dialami Saat Berpuasa.
  2. Health Kompas. Diakses pada 2021. 4 Penyakit yang Sering Muncul Selama Puasa
Artikel Terkait
uploads/2/2019-08/l3_sakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

uploads/2/2019-08/l5_cara_menurunkan_asam_lambung_yang_efektif.jpg
Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

uploads/2/2019-08/l2_asam_lambung.jpg
Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya