Ini Alasan Buah-buahan Bisa Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Health

Ini Alasan Buah-buahan Bisa Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

07 October 2021 - 3 menit membaca

Buah-buahan disarankan rutin dikonsumsi karena terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan beberapa jenis buah diketahui punya manfaat khusus bagi kesehatan tubuh, seperti mencegah terjadinya kanker, menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung dan lainnya. 

World Health Organization menyarankan agar Anda mengkonsumsi sedikitnya 150 gram buah per hari. Jumlah ini setara dengan satu buah apel berukuran kecil, atau satu buah pisang. 


Kenapa Buah Bisa Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh?

Sudah banyak penelitian yang membuktikan jika buah-buahan mengandung sejumlah nutrisi yang terbukti ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut merupakan beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah-buahan, dan jadi bukti kemampuannya dalam meningkatkan kekebalan tubuh.


1. Beta-Karoten

Beta-karoten merupakan pigmen warna merah-jingga yang secara alami banyak ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran, seperti apricot, blewah, wortel, ubi jalar dan lainnya. Di dalam tubuh, beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A. 

Sifatnya sebagai antioksidan kuat terbukti ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan resiko peradangan, melindungi sel-sel dari kerusakan akibat paparan radikal bebas dan mencegah berbagai jenis kanker, seperti sakit maag dan lambung, kanker payudara, kanker prostat dan lainnya.


2. Vitamin C dan E

Sama seperti veta-karoten, vitamin C dan E merupakan jenis antioksidan kuat yang berfungsi untuk menghancurkan radikal bebas penyebab stres oksidatif, mendukung respons imun alami tubuh, menjaga kesehatan pembuluh darah, menjaga kesehatan kulit, dan mencegah penuaan dini. 

Ada banyak sumber buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi, diantaranya jambu biji, jeruk, stroberi, lemon, mangga, dan buah citrus lainnya. Sementara untuk vitamin E, Anda bisa mendapat dari alpukat, kiwi, mangga, bayam dan brokoli.


3. Vitamin D

Anda bisa tingkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi vitamin D dapat jumlah yang cukup. Vitamin D berperan sebagai pelindung tubuh dari serangan virus dengan mengurangi produksi senyawa proinflamasi dalam tubuh. 

Tidak hanya itu, konsumsi vitamin D pun diketahui dapat mencegah terjadinya penyakit kronis, seperti hepatitis, tuberkulosis dan penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung, aritmia, hipertensi, stroke, deep vein thrombosis (DVT), penyakit arteri perifer dan lainnya. 


4. Zinc

Zinc atau seng merupakan mineral penting yang berfungsi membantu meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh. Sel darah putih sendiri berfungsi untuk menghalau serangan benda asing yang masuk ke dalam tubuh, termasuk paparan radikal bebas.

Selain itu, zinc bertugas untuk menstabilkan membran sel dan DNA, membantu zat besi membentuk hemoglobin, membantu memaksimalkan pelepasan insulin dari pankreas, memaksimalkan penyerapan dan metabolisme zat gizi, seperti protein, karbohidrat, dan lemak.


Tidak Cukup Dengan Buah-buahan

Sebagai catatan, buah-buahan memang bisa tingkatkan sistem kekebalan tubuh, terutama beberapa buah seperti jeruk, tomat, grapefruit, blueberry, apel dan pir. Namun jangan sampai melupakan sayuran, biji-bijian, daging, ikan dan sumber makanan sehat lainnya. 

Semua makanan tersebut harus dikonsumsi dalam jumlah yang seimbang. Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang wajib Anda lakukan, diantaranya: 

  • Menjauhi stres dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan, bergaul dengan masyarakat sekitar, bergabung dengan komunitas hobi, dan ambil liburan saat Anda mulai lelah.
  • Rutin berolahraga setiap hari, minimalnya 30 menit per hari. Anda bisa membagi waktu olahraga ini menjadi 15 menit di pagi hari, dan sisanya di sore hari. 
  • Cukup istirahat dengan mencukupi kebutuhan tidur setiap hari, minimalnya 7 jam per malam. Jangan lupa, pastikan tetap memperhatikan kualitas tidur Anda.
  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih. 

Jika dibutuhkan, Anda bisa tingkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi suplemen tertentu. Tapi ingat, pastikan sesuai dengan petunjuk dokter.


Referensi:

  1. Healthline. Diakses pada 2021. 15 Foods That Boost the Immune System
  2. Fruitguys. Diakses pada 2021. 5 Fruits That Boost Your Immune System
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya