Ingin Punya Pencernaan Sehat? Konsumsi Makanan Tinggi Serat Ini
Health

Ingin Punya Pencernaan Sehat? Konsumsi Makanan Tinggi Serat Ini

12 August 2021 - 3 menit membaca

Saat mendengar kata serat, hal pertama yang mungkin Anda pikirkan adalah kesehatan pencernaan. Tidak salah, mengingat sebagian besar manfaat serat memang berhubungan dengan kesehatan sistem pencernaan dan jumlah koloni bakteri baik dalam usus. 

Namun selain untuk menyehatkan sistem pencernaan, serat pun memiliki banyak fungsi lainnya, diantaranya membantu menurunkan berat badan, dan menurunkan kadar kolesterol. Hal ini bahkan dibuktikan lewat penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition.

Selain itu, konsumsi makanan tinggi serat pun efektif menurunkan risiko kanker usus besar, menjaga kesehatan lambung, dan sejumlah manfaat kesehatan lainnya. 


Berbagai Pilihan Makanan Tinggi Serat

Untuk memaksimalkan asupan serat harian, Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan tinggi serat. Ada banyak jenis makanan yang bisa diperoleh, terutama makanan yang berasal dari jenis biji-bijian, sayuran hijau, dan buah-buahan. 

Berikut merupakan beberapa makanan dengan kandungan serat tinggi, dan wajib Anda pertimbangkan untuk jadi asuan harian. 

  • Jagung bisa Anda jadikan sebagai makanan pokok, atau bisa juga dijadikan sebagai camilan sehat saat diet. Per 3 mangkuk popcorn, Anda bisa mendapatkan asupan 3.5 gram serat.
  • Alpukat termasuk dalam jenis buah yang baik untuk diet. Per 2 sdm alpukat terkandung 2 gram serat. Sementara dalam satu buah alpukat utuh mengandung 10 gram serat. 
  • Kacang-kacangan merupakan sumber serat yang cukup tinggi. Selain itu, kacang-kacangan pun mengandung protein yang bisa diandalkan sebagai pelengkap protein harian Anda. 
  • Brokoli merupakan sayuran hijau yang mampu memberikan 5,1 gram serat per porsinya. Anda bisa mengolah brokoli dengan cara direbus atau dikukus. 
  • Selain brokoli, tomat merupakan sayuran yang bisa Anda andalkan untuk memenuhi kebutuhan serat harian. Tomat mengandung 1.2 gram serat per butir tomat ukuran sedang. 
  • Selain jagung, beras merah bisa Anda jadikan sebagai bahan makanan pokok pengganti beras putih. Selain rendah gula, beras merah pun tinggi serat dan mengandung nutrisi lainnya. 

Menurut The Heart Association Eating Plan, Anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan serat sebanyak 25-30 gram per hari. Beberapa jenis makanan tinggi serat tersebut bisa Anda kombinasikan, atau dijadikan sebagai makanan utama program diet Anda.


Konsumsi Suplemen Serat 

Demi memenuhi kebutuhan serat harian, banyak orang mengkonsumsi suplemen serat. Produk ini banyak dijual dalam berbagai bentuk, mulai serbuk, kapsul, hingga tablet hisap. Bahkan mereka mengklaim jika produk tersebut merupakan solusi bagi orang yang tidak suka sayur dan buah.

Harus diakui jika sampai saat ini memang belum ada penelitian yang menyatakan jika suplemen serat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Bahkan beberapa penelitian justru cenderung mendukung dengan menyebut suplemen serat bisa jadi alternatif untuk membantu memenuhi kebutuhan serat harian. 

Namun ingat, fungsi dari suplemen serat ini bukan untuk memenuhi kebutuhan serat pokok, hanya sebagai alternatif saja. Selain itu, konsumsi suplemen serat secara berlebih bisa mendatangkan beberapa efek samping, salah satunya membuat perut terasa tidak nyaman dan kembung.

Beberapa produk suplemen serat pun dilaporkan berpotensi menghambat penyerapan beberapa jenis obat, terutama obat anti-depresan, penurun kolesterol dan obat diabetes.

Selain itu, saat akan mengkonsumsinya Anda disarankan untuk makan terlebih dahulu, konsumsi air dalam jumlah yang cukup dan tidak mengkonsumsi suplemen serat lebih dari dosis yang dianjurkan. Hal ini disebabkan karena suplemen serat atau menyerap cairan dalam perut.

Untuk lebih jelasnya sebaiknya konsultasikan dengan dokter, terlebih jika ingin mengkonsumsi suplemen serat bersama obat-obatan harian. Tapi ingat, tetap berusaha penuhi kebutuhan serat dengan konsumsi makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran dan makanan tinggi serat lainnya.


Referensi:

  1. Healthline. Diakses pada 2021. High-Fiber Foods You Should Eat.
  2. Healthline. Diakses pada 2021. Why Is Fiber Good for You? The Crunchy Truth
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya