Herbal Pencegah Penyakit Maag
Ahlinya Lambung

Herbal Pencegah Penyakit Maag

17 February 2021 - 3 menit membaca

Beruntunglah Anda hidup di Indonesia, negara kaya yang dipenuhi dengan tanaman herbal yang bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan kita, termasuk tanaman herbal pencegah penyakit maag. Herbal tersebut bisa konsumsi secara berkala, sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut merupakan beberapa herbal yang bisa Anda andalkan untuk mencegah penyakit maag. 

Jahe

Jahe merupakan jenis rimpang yang banyak ditemui di Indonesia. Setidaknya ada 3 jenis jahe yang cukup populer di Indonesia, yakni jahe gajah yang bisa dibedakan dari ukurannya yang sangat besar, jahe merah dan jahe sunti atau jahe emprit yang berukuran kecil. 

Untuk membuat obat herbal, biasanya orang-orang menggunakan jahe merah. Anda bisa mengolahnya dengan cara dibuat minuman seperti wedang jahe, bir pletok atau bandrek. Semenara untuk pengotan, pemanisnya bisa menggunakan madu atau kayu manis. 

Selain efektif meredakan kembung, mual, dan mampu menghangatkan tubuh, ramuan jahe pun sangat efektif untuk mengobati rematik, batuk kering, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan lainnya.. 

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu tanaman herbal yang punya banyak manfaat. Tidak hanya digunakan sebagai bumbu masak, kunyit pun kerap digunakan sebagai obat herbal, termasuk bisa diandalkan sebagai obat herbal pencegah penyakit maag.

Kunyit biasanya diolah jadi jamu tradisional, Anda bahkan bisa menikmati ramuan kunyit ini lewat penjual jamu gendong, atau warung jamu pinggir jalan. Selain itu, sekarang ini pun banyak produk jamu kunyit instan yang kualitasnya sudah teruji, bahkan sudah lolos uji BPOM. 

Selain untuk mencegah sakit maag, kunyit pun bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan kulit, mempercepat proses penyembuhan luka, menyembuhkan borok dan lainnya. 

Madu

Sejak ribuan tahun silam madu dikenal sebagai bahan alami yang punya banyak khasiat, mulai dari meningkatkan stamina, meningkatkan kualitas tidur, menurunkan tekanan darah, dan menjaga kesehatan organ penting, seperti jantung, dan lambung. 

Berbeda dengan kunyit yang rasanya sedikit pahit, madu justru disukai karena rasa manisnya yang legit. Menariknya, rasa manis tersebut justru tidak membahayakan pengidap diabetes, dan aman dikonsumsi oleh penderita maag. 

Anda bisa menjadikan madu sebagai pemanis untuk ramuan jahe atau jamu kunyit. Anda pun bisa menjadikan madu sebagai pelezat saat mengkonsumsi roti gandum, teh dan olahan manis lainnya.

Royal Jelly

Masih sama-sama produk yang dihasilkan lebah, royal jelly merupakan cairan putih kental berupa sekresi susu yang terdiri dari 70 persen air, dan 30 persen lainnya merupakan perpaduan antara gula, asam amino, garam, dan vitamin. 

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity, royal Jelly merupakan bahan alami yang bisa diandalkan sebagai obat herbal pencegah penyakit maag, melindungi kesehatan sistem reproduksi, dan mempercepat penyembuhan luka. 

Royal jelly sangat cocok jika digunakan sebagai sebagai campuran bahan makanan atau minuman kesehatan pengganti gula.

Daun Mint

Daun mint merupakan bahan alami serbaguna yang biasa digunakan dalam berbagai produk rumahan, mulai dari produk kecantikan, pasta gigi hingga digunakan sebagai dekorasi makanan. Selain itu, belakangan ini daun mint populer digunakan sebagai teh.

Namun dibalik rasanya yang menyegarkan dan aromanya yang menenangkan, daun mint ternyata ampuh melindungi kesehatan lambung, dan memberi efek relaksasi pada otot di saluran pencernaan. 

Tapi perlu diingat, semua produk tersebut hanya berfungsi sebagai herbal pencegah penyakit maag saja. Sementara jika sakit maag Anda kambuh, solusi terbaiknya adalah PROMAG GAZERO Herbal, obat maag yang terbuat dari bahan-bahan alami, termasuk jahe, madu, royal jelly dan lainnya.


Referensi:

  1. Pubmed. Diakses pada 2020. Efficacy and safety of herbal medicines in treating gastric
  2. Healthline. Diakses pada 2020. Alternative Treatments for GERD: Herbs and Supplements
  3. Researchgate. Diakses pada 2020. Herbs for Gastroesophageal Reflux Disease (PDF)
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya