Hati-hati, Merokok Lebih Cepat Sebabkan Masalah Lambung
Ahlinya Lambung

Hati-hati, Merokok Lebih Cepat Sebabkan Masalah Lambung

15 March 2021 - 3 menit membaca

Merokok berbahaya bagi kesehatan. Fakta ini jelas sulit dibantah, mengingat sejumlah penelitian telah membuktikan jika rokok dapat memicu banyak penyakit, seperti penyakit jantung, hipertensi, gangguan kehamilan dan janin. Bahkan dalam bungkus rokok, tertera peringatan rokok dapat membunuh Anda. 

Namun tidak banyak yang tahu jika rokok ternyata lebih cepat menyebabkan masalah lambung ketimbang kopi, konsumsi makanan pedas, asam dan lainnya. Tentu bukan tanpa alasan. Berikut merupakan alasan kenapa harus segera berhenti merokok sebelum masalah lambung menyerang Anda.

Otot Sfingter Esofagus Lebih Cepat Kendur

Otot sfingter esofagus bawah merupakan salah satu pertahanan utama Anda dalam menghadapi GERD. Jika kinerja otot ini terganggu, bahkan melemah, maka asam lambung akan lebih mudah baik ke kerongkongan dan lebih cepat merusak esophagus. 

Dampaknya jelas berbahaya. Selain masalah GERD, asam lambung yang mengiritasi kerongkongan pun bisa menyebabkan kanker esophagus dan masalah kesehatan lainnya. Nah, terkait bahaya rokok, kandungan nikotin dalam rokok ternyata lebih cepat membuat otot sfingter esofagus bawah kendur.

Mengurangi Jumlah Air Liur

Air liur mengandung bikarbonat, yang merupakan sejenis zat yang berfungsi sebagai zat penetral asam, sekaligus efektif untuk melawan efek refluks asam dan GERD. Inilah kenapa saat mulut terasa asam, Anda akan lebih banyak menelan ludah. 

Namun rokok akan mengganggu kinerja kelenjar saliva, sehingga produksi air liur jadi berkurang. Saat inilah Anda akan merasakan mulut terasa lebih asam. Lebih parahnya lagi, banyak orang justru berusaha menetralisir asam ini dengan merokok. Jelas kebiasaan ini dapat memicu masalah lambung. 

Mengganggu Otot-otot Esofagus

Setelah dikonfirmasi dapat melemahkan otot sfingter esofagus bawah, rokok kemudian dituding sebagai perusak otot-otot esofagus yang berfungsi memindahkan makanan ke esofagus. Selain itu, otot ini pun bertugas untuk membersihkan refluks asam yang dapat merusak esofagus.

Tidak hanya otot yang rusak, namun paparan zat berbahaya dalam rokok pun dapat menggerus selaput lendir yang melindungi kerongkongan dari refluks asam. Jika tidak dikelola dengan baik, kondisi ini bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan, bahkan bisa jadi pemicu kanker kerongkongan.

Ancaman Lain Dari Kebiasaan Merokok 

Selain masalah lambung, ribuan zat kimia yang terkandung dalam rokok diketahui mengancam banyak masalah kesehatan lainnya. Hal ini bahkan telah dibuktikan oleh banyak penelitian ilmiah, dan tidak ada satupun bukti yang mendukung manfaat rokok untuk kesehatan.

Saking mengerikannya, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) bahkan menyebut jika para perokok hanya punya dua pilihan dalam hidupnya, meninggal karena rokok, atau hidup tersiksa dengan penyakit serius yang berkaitan dengan rokok, seperti: 

  • Berbagai jenis kanker, termasuk kanker kerongkongan, kanker lambung, dan lainnya..
  • Memicu penyakit jantung, masalah paru-paru dan stroke.
  • Meningkatkan risiko TBC, masalah imunitas, rheumatoid arthritis, dan penyakit mata.
  • Meningkatkan resiko diabetes, meski Anda memiliki berat badan normal.
  • Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), termasuk emfisema dan bronkitis kronis.
  • Meningkatkan risiko disfungsi ereksi pada pria.

Degan sederet bahaya yang ditimbulkan oleh rokok, termasuk dapat menyebabkan masalah lambung, tidak ada pilihan lain kecuali Anda harus segera berhenti merokok. Bahaya tersebut bukan hanya menimpa para perokok aktif, mereka yang ada di sekitar Anda pun akan ikut menanggungnya.


Referensi: 

  1. WebMD. Diakses pada 2021. Why does smoking cause acid reflux?
  2. CDC. Diakses pada 2021. Health Effects of Cigarette Smoking
Artikel Terkait
uploads/2/2019-09/a1_nyeri_ulu_hati_saat_hamil_min.jpg
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

uploads/2/2019-08/l12_gejala_penyakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

uploads/2/2019-08/l3_sakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai