Hati-hati! Ini Dampak Buruk Hanya Mengandalkan Jus Buah Untuk Diet
Lifestyle

Hati-hati! Ini Dampak Buruk Hanya Mengandalkan Jus Buah Untuk Diet

06 October 2021 - 3 menit membaca

Banyak orang yang berambisi mencapai bentuk tubuh ideal hanya dengan mengkonsumsi jus buah, tanpa didampingi dengan makanan lain. Mereka berpendapat dengan menekan kalori serendah mungkin, dan meningkatkan asupan serat, lemak di tubuh akan lebih mudah dikendalikan. 

Harus diakui anggapan tersebut memang tidak sepenuhnya salah, namun tidak bisa dibenarkan. Bagaimanapun juga tubuh membutuhkan asupan nutrisi lengkap untuk bisa bekerja dengan maksimal. Jika dilakukan dalam jangka panjang, dampaknya bisa sangat berbahaya. 

Berikut beberapa akibat buruk jika Anda hanya mengandalkan konsumsi jus buah untuk diet. 


Tubuh Kekurangan Asupan Protein

Buah-buahan memang mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh, mulai dari vitamin, serat, antioksidan dan lainnya. Namun ingat, tubuh harus mendapat asupan protein untuk membangun dan memperbaiki sel tubuh, membentuk antibodi untuk melawan berbagai penyakit dan lainnya. 

Sayang, sumber protein terbaik hanya terdapat pada produk hewani, seperti daging, telur, susu, dan ikan. Sementara protein yang berasal dari kacang-kacangan, terutama kacang kedelai dan kacang merah, hanya bersifat sebagai sumber alternatif atau pendamping saja.


Tubuh Kekurangan Sodium

Selain protein, buah-buahan sangat rendah sodium. Dengan hanya mengandalkan jus buah untuk diet, Anda beresiko mengalami kekurangan sodium. Biasanya kondisi ini akan ditandai dengan munculnya gejala, seperti tubuh lemas, lesu, sakit kepala, dan mual.

Selain itu, tubuh yang kekurangan sodium beresiko menyebabkan resistensi insulin, meningkatkan resiko penyakit diabetes, menambah jumlah kolesterol jahat (LDL), trigliserida, dan memperbesar resiko kematian bagi penderita diabetes dan sakit jantung.


Membuat Anda Mudah Lapar

Buah-buahan dan sayuran memang mengandung serat tinggi. Namun saat Anda mengolahnya dengan cara dijus, hampir 90 persen kandungan seratnya akan hilang. Kondisi inilah yang meningkatkan resiko sembelit dan akan membuat Anda mudah lapar.

Jelas ini kabar buruk, mengingat rasa lapar yang tidak terkendali bisa menyebabkan mood buruk (mengalami masalah mental), kehilangan produktivitas karena penurunan tingkat konsentrasi, hingga dapat menggagalkan program diet yang selama ini Anda jalankan.


Kekurangan Kalori

Salah satu alasan buah-buahan dikonsumsi sebagai menu diet adalah, kandungan kalorinya yang sangat rendah. Namun kelebihan ini bisa berbalik jadi kekurangan saat Anda hanya mengandalkan jus buah untuk diet, salah satu dampaknya adalah tubuh lemas tak bertenaga. 

Tidak hanya itu, kekurangan kalori bisa menyebabkan beberapa dampak buruk lainnya, diantaranya terbentuknya batu empedu, metabolisme tubuh berjalan tidak normal, kehilangan konsentrasi, rambut rontok, mood buruk, Infertilitas atau tidak kunjung hamil dan sembelit.

Diet Harus Tetap Memperhatikan Kebutuhan Tubuh

Dibandingkan dengan pola diet ekstrem, menjalankan program diet sehat jauh lebih menyehatkan dan hasil yang didapat pun akan jauh lebih memuaskan. Biasanya, diet sehat akan membuat tubuh lebih berisi, otot terbentuk sempurna, kulit yang lebih cerah dan membuat Anda lebih percaya diri.


Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan saat menjalankan program diet sehat, diantaranya:

  • Pastikan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, minimalnya Anda harus mengkonsumsi air putih dalam jumlah 1.5-2.5 liter per hari, tergantung dari aktivitas fisik Anda. 
  • Minimalnya berolahraga selama 30 menit per hari. Pilih jenis olahraga yang efektif membakar kalori, seperti aerobik, zumba, dan lainnya. 
  • Istirahat yang cukup, minimalnya 7 jam per malam. Ini berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh tetap maksimal, sehingga proses pembakaran kalori berjalan lebih baik. 
  • Tetap penuhi kebutuhan nutrisi tubuh, mulai dari protein, vitamin, serat, dan lainnya, dengan mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, daging, telur dan lainnya. 
  • Tetap disiplin dengan waktu makan, namun menu dan porsinya harus dikendalikan. Pilih buah-buahan utuh sebagai cemilan. 

Yang paling penting, hindari mengkonsumsi jus buah kemasan karena beresiko mengandung gula tambahan, dan bahan kimia berbahaya lainnya. Jus buah untuk diet yang direkomendasikan adalah, jus hasil buatan sendiri. Tapi ingat, konsumsi buah utuh lebih disarankan.


Referensi:

  1. Healthline. Diakses pada 2021. How Long Can You Live Without Food?
  2. Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. The Fruitarian Diet: Is It Good or Bad For You?
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya