Gejala Asam Lambung Dapat Berakibat Sesak Nafas, Benarkah?
Ahlinya Lambung

Gejala Asam Lambung Dapat Berakibat Sesak Nafas, Benarkah?

12 December 2021 - 3 menit membaca




Promag.id - Sesak nafas merupakan salah satu masalah kesehatan yang berkaitan dengan sistem pernafasan, mulai dari paru-paru hingga hidung. Sesak nafas sendiri muncul dengan gejala kesulitan bernafas (bernafas terasa berat seperti tenggelam), dengan dada yang terasa sesak.

Masalah ini jelas wajib diwaspadai karena bisa menyebabkan banyak dampak buruk, termasuk kematian. Mengenai penyebabnya, ada banyak hal yang bisa menyebabkan Anda mengalami masalah sesak nafas, mulai dari penyakit seperti asma, alergi dan gagal jantung.


Gejala Asam Lambung Bisa Menyebabkan Sesak Nafas

Sesak nafas dan GERD memang terlihat tidak berhubungan sama sekali. GERD lebih dekat kepada organ pencernaan, semenara sesak nafas berhubungan langsung dengan orgarn pernafasan. Meskipun begitu, ada titik keduanya bisa saling berhubungan dan mempengaruhi kondisi kesehatan Anda.

GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease merupakan kondisi ketika area kerongkongan yang disebut esofagus mengalami iritasi akibat asam lambung yang naik.  Salah satu gejala yang muncul dari GERD adalah kerongkongan yang panas seperti terbakar.

Namun dalam kondisi yang sudah kronis, gejala sesak nafas justru lebih sering muncul ketimbang gejala lainnya, seperti heartburn. Kondisi ini umumnya disebabkan terstimulasinya saraf vagus, serta adanya aspirasi asam lambung di paru-paru. 

Kondisi ini menyebabkan penyempitan di area cabang batang tenggorokan atau saluran bronkus, yang berujung kepada munculnya keluhan sesak nafas. 

Tidak mengiritasi, asam lambung yang naik ke kerongkongan ternyata bisa masuk ke dalam paru-paru. Kondisi ini akan saraf-saraf di sana berkontraksi dan menyebabkan penyempitan di area tersebut untuk menghalau cairan tersebut keluar dari paru.

Jika kondisi ini terus terjadi, sesak nafas yang disebabkan oleh GERD bisa memicu munculnya lebih banyak dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya menyebabkan asma atau pneumonia.


Mengatasi Sesak Nafas Karena GERD

Penting untuk mengetahui langkah pertolongan pertama untuk mengatasi GERD yang bisa menimbulkan masalah sesak nafas. Pertama, saat mulai mengalami gejala sesak nafas, yang harus Anda lakukan adalah berusaha tetap tenang dan segera pindah menuju tempat terbuka dengan sirkulasi udara yang baik. 

Setelah itu, ambil posisi duduk tegak, dan mulai tarik nafas dalam-dalam secara perlahan, kemudian keluarkan. Lakukan ini setelah beberapa kali hingga nafas terasa lebih lega. 

Jika masih terasa berat, Anda bisa menggunakan obat-obatan yang berfungsi membantu mencegah sumbatan di jalan nafas, menurunkan produksi lendir berlebih, dan meringankan gejala sesak nafas, seperti Proton pump inhibitor/PPI (omeprazole) dan H2-blocker (Cimetidine atau Ranitidine).

Setelah cukup lega, sempatkan waktu untuk memeriksakan diri ke dokter. Bagaimanapun juga sesak nafas karena asam lambung bukan hal yang bisa diabaikan begitu saja. Anda harus mendapatkan penanganan medis sebelum kondisi tersebut memunculkan komplikasi yang lebih serius. 


Mencegah Sesak Nafas Karena GERD

Selain mengkonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter, pastikan untuk mengubah gaya hidup untuk mengurangi resiko asam lambung naik dengan cara menjauhi makanan pedas, makanan berlemak, makanan asam, mengandung kafein tinggi dan lainnya. 

Selain itu, terapkan pola makan sedikit tapi sering. Biasakan mengunyah makanan hingga lembut setelah menelannya, dan jangan tidur atau berbaring setelah makan. 

Jangan lupa untuk mempelajari teknik dasar pernafasan untuk memperkuat diafragma Anda. Menurut penelitian yang dipublikasikan pada The American Journal of Gastroenterology, pasien GERD yang memiliki diafragma kuat memiliki resiko lebih rendah terkena sesak nafas. 

Jangan lupa untuk berhenti merokok, dan konsumsi minuman beralkohol. Patuhi jadwal kontrol bersama dokter agar kondisi asam lambung Anda terpantau.


Referensi: 

  1. Healthline. Diakses pada 2021. Acid Reflux and Shortness of Breath
  2. Everyday Health.  Diakses pada 2021. GERD Symptoms and Diagnosis
  3. Medical News Today. Diakses pada 2021. What Causes Acid Reflux and Shortness of Breath?




Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya