Faktor Genetik Bisa Bikin Asam Lambung Anda Gampang Naik?
Ahlinya Lambung

Faktor Genetik Bisa Bikin Asam Lambung Anda Gampang Naik?

24 December 2021 - 3 menit membaca




Selain gaya hidup dan konsumsi makanan tertentu, kita tentu tahu jika faktor genetik berperan cukup besar dalam menentukan status kesehatan seseorang, terutama terkait dengan penyakit tertentu. Misalnya diabetes tipe 1, hemofilia, thalasemia, alzheimer, kanker dan lainnya.

Beberapa penyakit tersebut cukup populer dan sangat diwaspadai oleh masyarakat. Tapi banyak yang tidak menyangka jika resiko masalah asam lambung dipengaruhi juga oleh faktor genetik.  

Ada banyak bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut, salah satunya penelitian yang dilakukan terhadap 481 pasang anak kembar identik dan 505 pasang anak kembar fraternal. Penelitian tersebut diterbitkan dalam jurnal Alimentary Pharmacology & Therapeutics.

Hasil penelitian tersebut menjelaskan jika anak yang terlahir kembar identik dari orangtua yang mengalami masalah asam lambung, beresiko lebih tinggi mengalami masalah yang sama ketimbang pasangan kembar fraternal yang terlahir dari orangtua dengan kondisi yang sama.

Penelitian tersebut didukung lewat hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Gut. Dalam penelitian tersebut dijelaskan jika anak kembar 1,5 kali lebih mungkin mengidap GERD ketimbang anak yang terlahir tunggal dari Ibu yang mengalami masalah asam lambung. 

Penelitian tersebut dilakukan dengan cara membandingkan anak kembar identik dengan anak yang terlahir tunggal, dengan hasil lebih dari 2.000 pasang kembar identik mengalami gejala masalah asam lambung saat dewasa, atau menjelang remaja.

Penelitian Terhadap Keluarga

Penelitian yang dilakukan di Universitas Amsterdam, secara khusus mempelajari bagaimana ‘pola pewarisan’ masalah asam lambung pada anak. Hasilnya, dari 28 anggota keluarga yang berpartisipasi dalam penelitian ini, empat generasi dari 17 anggota  keluarga terkena GERD. 

Namun sayang penelitian tersebut tidak dapat menentukan pola genetik tertentu yang berkaitan dengan pewarisan masalah asam lambung tersebut. 

Sementara untuk penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Genetics, menjelaskan jika varian gen FOXF1 yang berada di kromosom 6 dan 16, beresiko tinggi mengalami Barret esofagus, atau kondisi ketika bagian esofagus mengalami kerusakan akibat paparan asam lambung berlebih. 

FOXF1 sendiri merupakan gen yang terhubung langsung dengan perkembangan struktur kerongkongan. Hasil penelitian ini mendukung penelitian sebelumnya yang diterbitkan dalam International Journal of Cancer di tahun 2013 tentang hubungan FOXF1, kanker dan Barrett esofagus.

Meski beberapa penelitian lainnya dibutuhkan pembuktian lebih lanjut, namun para peneliti meyakini jika sejumlah bukti yang ada cukup mendukung terkait risiko masalah asam lambung dan faktor genetik. Keduanya saling terkait dan saling menguatkan. 

Bagaimana Cara Mencegahnya?

Belum ada bukti ilmiah yang secara spesifik dapat mencegah atau memutus mata rantai ‘warisan’ masalah asam lambung ini. Namun sejumlah pakar setuju jika pencegahan bisa dilakukan sejak masa kehamilan terjadi. 

Anda bisa menjalankan pola hidup sehat, dan berusaha untuk mencegah obesitas. Selain itu, hindari juga faktor resiko yang menyebabkan masalah asam lambung selama masa kehamilan, seperti berhenti merokok, kelola stres dengan baik, jauhi makanan tinggi lemak, asam dan makanan pedas. 

Selain itu, ubah pola makan Anda dengan makan dalam porsi sedikit tapi sering, memastikan makanan dikunyah hingga lembut sebelum ditelan, dan pastikan untuk selalu memeriksakan ke dokter terkait keluhan masalah kesehatan selama masa kehamilan. 


Referensi: 

  1. Boulevard Medical Healthcare. Diakses pada 2021. Is Acid Reflux Genetic?
  2. Verywell Health. Diakses pada 2021. GERD: Causes and Risk Factors. 
  3. WebMD. Diakses pada 2021. What Is Acid Reflux Disease?
  4. Healthline. Diakses pada 2021. Is Acid Reflux Genetic?




Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya