Diganggu Maag? Ini Obat Maag Terbaik Untuk Ibu Hamil
Ahlinya Lambung

Diganggu Maag? Ini Obat Maag Terbaik Untuk Ibu Hamil

17 February 2021 - 3 menit membaca

Demi menjaga kehamilannya, ada banyak pantangan yang harus dihindari oleh ibu hamil, salah satunya dilarang asal mengkonsumsi obat-obatan, termasuk obat maag untuk Ibu hamil. Semua obat maag saat hamil yang dikonsumsi harus dipastikan aman dan berdasarkan resep dokter. 

Jelas ini kondisi yang cukup merepotkan, mengingat karena perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan, pertumbuhan janin, dan kondisi lainnya akan membuat ibu hamil masuk dalam kategori sangat rentan mengalami sakit maag

Jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat, Maag yang diderita Ibu hamil bisa berakibat sangat fatal. Selain dapat memperparah morning sickness, maag selama masa kehamilan beresiko membuat berat badan bayi lahir rendah akibat kekurangan nutrisi. 

Mengatasi Maag Selama Masa Kehamilan

Sama seperti kondisi lainnya, ibu hamil yang mengalami sakit maag akan merasakan beberapa gejala umum, seperti nyeri di area perut atau ulu hati, nafsu makan berkurang, perut terasa penuh meski tidak mengkonsumsi makanan apapun, mual dan muntah.

Jika terus dibiarkan, maag selama masa kehamilan akan menyebabkan luka di lambung dan menyebabkan perdarahan. Meski pendarahan yang terjadi sangat kecil, namun kondisi tersebut beresiko menyebabkan anemia yang sangat berbahaya bagi ibu hamil.

Untuk mengatasi maag saat hamil, menjalankan gaya hidup sehat merupakan hal yang wajib dilakukan. Berikut merupakan hal utama yang harus diperhatikan. 

  1. Perhatikan makanan yang dikonsumsi, jangan sampai Anda mengkonsumsi makanan atau minuman mengandung kafein, makanan pedas, mengandung lemak tinggi dan lainnya.
  2. Hentikan kebiasaan merokok. Selain dapat meningkatkan resiko maag, kebiasaan buruk ini pun beresiko membuat bayi lahir prematur, bahkan keguguran.
  3. Atur posisi tidur dengan memposisikan kepala lebih tinggi ketimbang badan. Hal ini dilakukan untuk memastikan agar asam lambung tidak naik.
  4. Hindari makan dengan posisi tubuh bersandar pada kursi atau tembok, dan makan dengan posisi membungkuk, sebaiknya makanlah dengan posisi duduk tegak. 
  5. Ubah kebiasaan makan dengan pola makan sering dengan porsi sedikit. Anda bisa makan 5-6 kali sehari, dengan tambahan makanan tinggi serat sebagai makanan sela.
  6. Jangan tidur atau berbaring setelah makan. Tunggu hingga 2-3 jam, setelah itu baru Anda bisa tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi.
  7. Hindari stres karena bisa menyebabkan maag semakin parah. Selain itu, stres pun buruk untuk perkembangan janin dalam kandungan. 

Konsumsi Obat Maag

Seperti dijelaskan di atas, ibu hamil pada dasarnya boleh mengkonsumsi obat maag, namun harus sesuai dengan resep dokter dan pastikan obat maag tersebut aman dikonsumsi. Menurut Gerald Briggs dari Babycenter, maag saat hamil pada dasarnya bisa dituntaskan dengan antasida. 

PROMAG merupakan obat maag yang masuk dalam golongan Antasida, yang mengandung magnesium hidroksida dan simethicone. Dalam komposisi yang tepat, kedua zat tersebut terbukti aman bagi ibu hamil, dan sangat efektif dalam mengatasi maag saat hamil.

Selain itu, rasanya yang menyegarkan dan nyaman diperut akan membantu mengendalikan rasa mual, sehingga dapat menurunkan gejala morning sickness. Anda bisa memilih PROMAG Tablet hisap atau PROMAG Cair. Sesuaikan saja dengan kebutuhan. 

Jika keluhan maag masih terus berlanjut, dan gejala yang dirasakan semakin parah, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Ingat, maag saat hamil tapi tidak boleh dibiarkan. 

Referensi:

  1. Medicinenet. Diakses pada 2020. Heartburn During Pregnancy Home Remedies, Symptoms
  2. Uofmhealth. Diakses pada 2020. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) During Pregnancy
  3. Sciencedaily. Diakses pada 2020. Tips To Ease The Heartburn Of Pregnancy
Artikel Terkait
uploads/2/2019-09/a1_nyeri_ulu_hati_saat_hamil_min.jpg
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

uploads/2/2019-08/l12_gejala_penyakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

uploads/2/2019-08/l3_sakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai