Diet Pisang Bisa Turunkan Berat Badan. Benarkah?
Lifestyle

Diet Pisang Bisa Turunkan Berat Badan. Benarkah?

14 December 2021 - 3 menit membaca




Belakangan ini banyak orang yang tertarik menjalankan pola diet pisang, atau yang dikenal dengan nama morning banana diet atau diet Asa-Banana. Sesuai dengan namanya, pola diet yang diperkenalkan Sumiko Watanabe, dan suaminya Hitoshi Watanabe.

Sesuai dengan namanya, pola diet ini memang fokus kepada konsumsi pisang sebagai menu utama sarapan dan makan malam. Selama siang hari, tidak ada aturan khusus makanan yang Anda konsumsi, hanya saja jumlahnya tetap wajib dikendalikan. 

Pisang merupakan buah dengan kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori.  Selain itu, pisang pun sangat mudah dicerna tubuh, ampuh melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, mencegah tekanan darah tinggi, dan menurunkan resiko kanker. 

Selama menjalani diet pisang, Sumiko mengaku mampu menurunkan berat badan dengan sangat cepat, dalam dalam waktu yang sangat singkat. Hal inilah yang membuat sang suami, Hitoshi menyebarkan pola diet dengan konsumsi buah pisang ini ke komunitas internet, dan mendapat banyak ulasan positif. 


Cara Melakukan Diet Pisang

Pola diet ini sebenarnya sangat mudah dilakukan. Namun karena menu makanan yang disajikan cenderung sama, Anda wajib mengatasi rasa bosan dan berusaha sekuat tenaga untuk konsisten dengan pola diet ini. Berikut merupakan cara melakukan diet pisang. 


1. Makan Pisang Saat Sarapan

Seperti dijelaskan di atas, Anda wajib mengisi pagi dengan sarapan pisang. Untuk permulaan, cobalah mengkonsumsi 2-3 buah pisang ukuran sedang, atau 1-2 buah pisang ukuran besar. Jangan lupa minum air putih dalam jumlah yang cukup. 

Sebagai catatan, pastikan pisang yang dikonsumsi merupakan pisang utuh, bukan jus pisang. Jika merasa bosan, Anda bisa mengganti jenis pisang yang dikonsumsi. 

Cara mengkonsumsi pisang dalam program diet pisang ini tidak boleh asal. Pertama, konsumsi satu buah pisang, kemudian tunggu selama 15-30 menit, konsumsi kembali satu buah pisang. Setelah menunggu 30 menit, Anda bisa kembali mengkonsumsi pisang ketiga. 


2. Makan Siang Secukupnya

Tidak ada aturan ketat untuk makan siang, yang terpenting Anda harus bisa mengendalikan nafsu makan. Seporsi gandum dengan tambahan potongan buah dan sayur bisa jadi pilihan terbaik. Atau bisa juga dengan menu semangkuk nasi merah plus daging sebagai sumber protein. 

Alternatif lainnya, Anda bisa mengkonsumsi semangkuk yoghurt segar dengan potongan buah untuk mendapatkan sensasi segar di siang hari, atau bisa juga dengan mengkonsumsi puding buah, salad sayuran dengan tambahan kacang merah rebus, dan lainnya. 

Jangan lupa penuhi kebutuhan air putih Anda. Jika ingin tambahan variasi rasa, Anda bisa mengkonsumsi infused water, atau air kelapa muda yang menyegarkan. 


3. Camilan Sore dan Makan Malam

Sore hari saatnya bersantai. Anda bisa menikmati sore dengan menikmati secangkir teh, lengkap dengan camilan. Tapi ingat, pilih camilan sehat dan rendah kalori, misalnya semangkuk kacang rebus, biskuit gandum dengan pemanis kayu manis, dan makanan sejenisnya. 

Untuk makan malam, Anda akan kembali mengandalkan pisang sebagai menu utama. Untuk awal, konsumsi 1-2 buah pisang saja. Setelah terbiasa, Anda bisa mengkonsumsi satu buah pisang ukuran besar, plus tambahan segelas susu hangat. 

Pisang dan susu hangat mengandung zat triptofan dan asam amino yang efektif meningkatkan hormon melatonin, memberi sensasi menenangkan, dan membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak. 

Ini penting, mengingat selama tidur tubuh bukan hanya beristirahat, namun akan bekerja memperbaiki sel rusak dan membentuk kembali sel yang sudah mati. Selain itu, tidur yang cukup baik untuk metabolisme tubuh sehingga program diet pisang akan berjalan lebih efektif. 

Catatan lainnya, selama menjalankan program diet ini, Anda tetap wajib berolahraga, minimalnya 15 menit di pagi hari dan 15 menit lainnya di sore hari. Jenis olahraganya sendiri bisa disesuaikan dengan minat dan kebutuhan atau goal yang ingin dicapai. 


Referensi: 

  1. WebMD. Diakses pada 2021. The Morning Banana Diet
  2. Indiatimes.com. Diakses pada 2021. Try this Japanese morning banana diet to lose weight faster!




Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya