Detoks Tubuh dari Kolesterol Jahat. Begini Caranya!
Lifestyle

Detoks Tubuh dari Kolesterol Jahat. Begini Caranya!

21 June 2021 - 3 menit membaca

Kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup diwaspadai. Ada banyak hal yang menjadi pemicu masalah ini, salah satu yang paling populer disebabkan karena pola makan tinggi lemak, seperti terutama makanan yang digoreng, makanan tinggi santan, junk food dan lainnya. 

Tapi jangan khawatir. Masalah kolesterol tinggi pada dasarnya bisa diatasi dengan cara mudah. Berikut merupakan cara detoks tubuh dari kolesterol akibat pola makan yang buruk.

Banyak Minum Air

Selain makanan tinggi lemak, Anda pun harus menghindari minuman minuman tinggi gula, seperti sirup, minuman bersoda, jus kemasan dan lainnya. Selain berisiko meningkatkan kadar gula darah, minuman-minuman tersebut bisa memperparah kolesterol Anda.

Untuk membersihkan tubuh dari ‘racun’, singkirkan minuman-minuman tersebut, dan perbanyak konsumsi air putih. Selain lebih efektif menghilangkan dahaga, air putih mampu menyaring kotoran yang mengendap di  usus, ginjal, hati dan hasil getah bening. 

Selain itu, air putih pun mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh, sehingga kolesterol yang menumpuk akan dipaksa keluar lewat urine, keringat atau feses. 

Singkirkan Makanan Olahan

Selain menyingkirkan makanan tinggi lemak dan gula, demi memaksimalkan upaya detoks tubuh dari kolesterol, Anda disarankan meninggalkan berbagai makanan dan minuman olahan, terutama makanan yang diolah dengan bahan pengawet, gula sintetis, pewarna buatan dan lainnya. 

Selain akan meningkatkan kadar gula darah, dan memperburuk kolesterol Anda, makanan olahan pun akan jadi beban bagi sistem pencernaan, terutama hati dan ginjal. Kondisi ini akan semakin parah jika Anda tidak mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. 

Sebagai gantinya, Anda bisa fokus menyediakan sajian yang diolah sendiri, tanpa menggunakan bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan.

Perbanyak Sayuran dan Buah

Bukan rahasia lagi jika sayuran dan buah-buahan merupakan musuh alami bagi kolesterol jahat. Kandungan serat dalam sayuran hijau, tidak hanya mampu melancarkan pencernaan, tapi mampu mengikat kolesterol dan membuangnya lewat urine, feses dan keringat. 

Sementara buah-buahan, selain mengandung serat dan vitamin, buah-buahan pun mengandung sejumlah nutrisi yang terbukti mampu menjaga sistem kekebalan tubuh, memaksimalkan proses metabolisme, dan membantu tubuh melawan kolesterol jahat. 

Anda bisa melakukan upaya detoks tubuh dari kolesterol dengan mengkonsumsi buah-buahan secara langsung, atau sayuran yang diolah menjadi lalapan atau bagian menu utama harian.

Kurangi Asupan Garam

Garam memang tidak berhubungan langsung dengan kolesterol. Namun Anda tetap disarankan untuk mengurangi konsumsi demi menurunkan efek dari kelebihan kolesterol, seperti hipertensi dan penyakit jantung. Keduanya bisa muncul akibat kolesterol tinggi dan konsumsi garam secara berlebih. 

Selain itu, konsumsi garam secara berlebihan pun dapat menyebabkan tubuh menahan cairan secara berlebih, sehingga Anda beresiko mengalami begah dan akhirnya menurunkan asupan cairan tubuh. Kondisi ini akan mempengaruhi ginjal, sehingga proses pembuangan kolesterol jadi lambat. 

Anda pun disarankan mengkonsumsi makanan yang mengandung potasium, seperti pisang, kentang, bayam, tomat, jeruk dan lainnya, yang dapat mengurangi efek garam terhadap tubuh.

Tetap Aktif dan Cukup Tidur

Aktif bergerak akan membuat tubuh lebih banyak membakar kalori, mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan terbukti mampu menurunkan kolesterol. Anda disarankan berolahraga setidaknya 150-300 menit per hari. 

Anda bisa memilih olahraga ringan, seperti jalan kaki, jogging, bersepeda dan lainnya. Jika tidak sempat, Anda bisa detoks tubuh dari kolesterol dengan melakukan aktivitas rumahan, seperti naik turun tangga, berkebun, membersihkan halaman rumah, dan lainnya. 

Selain itu, Anda wajib mencukupi kebutuhan tidur selama 6-7 jam per malam. Ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memaksimalkan metabolisme, dan lainnya.


Referensi :

  1. Science Daily. Diakses pada 2021. Cleansing The Blood Of 'Bad' Cholesterol.
  2. Healthline. Diakses pada 2021. Full Body Detox: 9 Ways to Rejuvenate Your Body.
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya