obat alami asam lambung
Ahlinya Lambung

Daftar Obat Alami Asam Lambung yang Aman

01 November 2019 - 3 menit membaca

Ketika asam lambung naik, perut pasti terasa perih, ulu hati terasa nyeri, dan dada terasa panas seolah terbakar. Kalau sudah begini, sakitnya pasti ikut menghambat segala aktivitas yang mau kamu lakukan seharian. Psstt.. tenang dulu. Tahu tidak kalau ada banyak obat alami yang ditemukan berpotensi meredakan asam lambung? Untungnya lagi, beberapa dari obat asam lambung alami ini mungkin sudah kamu punya di rumah!

Pilihan obat alami untuk asam lambung tinggi

Supaya bisa lanjut beraktivitas tanpa terus-terusan tersiksa dengan perut perih, beberapa obat alami ini mungkin bisa membantu menurunkan asam lambung kamu.

1. Teh jahe

Jahe yang sering digunakan sebagai bumbu dapur ternyata juga berpotensi sebagai obat asam lambung alami.

Senyawa fenolat dalam jahe diyakini dapat meredakan iritasi pada saluran cerna dan mengurangi kontraksi lambung. Alhasil, kemungkinan terjadinya refluks asam lambung dapat dihindari. Sensasi hangat dari jahe juga dapat membantu meredakan mual yang biasanya muncul saat asam lambung naik. 

Caranya, seduh satu sampai dua ruas jahe yang sudah di-geprek dalam air sampai mendidih. Matikan api begitu aroma jahe sudah mulai tercium, dan tuang ke gelas. Tambahkan madu, gula merah cair, atau perasan lemon agar rasanya lebih nikmat. 

Minum teh jahe sekitar 30 menit sebelum makan untuk mencegah asam lambung naik setelah makan. Namun, jangan konsumsi jahe dalam bentuk apa pun melebihi 3-4 gram dalam sehari. Terlalu banyak justru bisa membuat gejala kamu semakin parah.

2. Teh chamomile

Pamor teh chamomile selama ini lebih dikenal ampuh untuk membuat tidur lebih nyenyak dan meredakan stres atau kecemasan. Namun, tahukah kamu bahwa teh ini juga bisa bermanfaat sebagai obat alami asam lambung? 

Usut punya usut, teh chamomile dapat mengurangi jumlah asam lambung di saluran pencernaan. Sifat antiradang yang dimiliki teh herbal satu ini pun efektif membantu mengurangi rasa sakit akibat peradangan pada perut. 

Karena berbagai manfaat itulah, para ahli menyarankan orang yang sakit maag atau GERD untuk rutin minum secangkir teh chamomile di malam hari. Dengan begitu, kamu bisa tidur lebih nyenyak. 

3. Teh akar manis (licorice)

Obat alami lainnya yang bisa dicoba untuk mengatasi asam lambung adalah licorice. Orang awam lebih mengenalnya sebagai akar manis atau liquorice. Licorice sendiri merupakan akar dari tanaman Glycyrrhiza glabra.

Sejak dulu, licorice sudah digunakan sebagai obat alami untuk meredakan tukak lambung dan peradangan saluran cerna. Licorice juga membantu menebalkan lendir mukosa yang melapisi kerongkongan agar lebih kebal menahan efek iritasi dari asam lambung. 

Caranya, cukup rebus akar licorice sampai mendidih dan minum airnya hangat-hangat. Kamu bisa minum teh licorice beberapa kali sehari sampai gejala membaik.

Namun, jangan gunakan terlalu banyak licorice. Batas aman untuk mengonsumsi akar licorice adalah kurang dari 2,5 gram per hari. 

4. Jus lidah buaya

Studi awal yang dimuat dalam Journal of Traditional Chinese Medicine menemukan manfaat tersembunyi lidah buaya untuk pengidap GERD. 

Hasil studi tersebut melaporkan bahwa orang dengan GERD yang minum 10 mililiter (ml) jus lidah buaya setiap hari selama 4 minggu merasakan gejalanya perlahan-lahan membaik. Mereka masih mengalami kambuhnya gejala sesekali, tapi intensitas nyeri yang dirasakan jauh lebih ringan dari sebelumnya.

Lidah buaya dilaporkan membantu melawan bakteri H. pylori penyebab GERD, mencegah produksi asam lambung berlebih, serta mengurangi perandangan karena kenaikan asam lambung. 

Sebelum makan, kamu bisa minum setengah cangkir jus lidah buaya sebagai obat alami untuk mencegah kenaikan asam lambung setelahnya. 

Minum obat jika gejala maag tidak juga membaik 

Bila gejala maag masih terasa dan asam lambung masih tinggi setelah mencoba cara alami di atas, coba minum obat medis seperti Promag. Obat ini bisa kamu beli di apotek, swalayan, hingga warung dekat rumah.

Promag mengandung hydrotalcite yang bekerja cepat mengatasi sakit maag serta menetralkan asam lambung dan menekan produksinya. Obat maag ini tersedia dalam banyak bentuk, dari tablet kunyah sampai obat cair sachet dengan dosis yang pas sehingga dapat melindungi lebih lama.



Sumber:

Al-Abri, S., & Olson, K. (2013). Baking Soda Can Settle the Stomach but Upset the Heart: Case Files of the Medical Toxicology Fellowship at the University of California, San Francisco. Journal Of Medical Toxicology, 9(3), 255-258. doi:10.1007/s13181-013-0300-4

Can Natural Remedies Cure Heartburn?. (2019). WebMD. Retrieved 8 October 2019, from https://www.webmd.com/heartburn-gerd/guide/home-heartburn-remedies-natural-remedies-heartburn#1 

Home Remedies for Indigestion: Natural Ways to Treat at Home. (2019). Healthline. Retrieved 8 October 2019, from https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-indigestion#baking-soda 

Publishing, H. (2019). Herbal remedies for heartburn - Harvard Health. Harvard Health. Retrieved 8 October 2019, from https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/herbal-remedies-for-heartburn 

Yeh, A., & Golianu, B. (2014). Integrative Treatment of Reflux and Functional Dyspepsia in Children. Children, 1(2), 119-133. doi:10.3390/children1020119

(2019). Journaltcm.com. Retrieved 8 October 2019, from http://www.journaltcm.com/modules/Journal/contents/stories/156/4.pdf 


Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif