Cincau Bisa Mengatasi Masalah Pada Lambung. Mitos atau Fakta?
Health

Cincau Bisa Mengatasi Masalah Pada Lambung. Mitos atau Fakta?

12 August 2021 - 3 menit membaca

Cincau merupakan salah satu bahan makanan bertekstur kenyal, dan biasanya digunakan sebagai campuran minuman. Di Indonesia sendiri dikenal ada dua jenis cincau, yakni cincau hijau dan cincau hitam. Meski terlihat sama, keduanya berasal dari bahan dan proses pembuatan yang sedikit berbeda.

Terlepas dari perbedaannya, cincau dikenal sebagai salah satu obat herbal dengan segudang khasiat. Selain dapat meredakan panas dalam, dan melancarkan pencernaan, konon katanya cincau pun dipercaya dapat digunakan untuk mengatasi asam lambung. 


Benarkah Cincau Bisa Mengatasi Asam Lambung?

Cincau mengandung zat antioksidan seperti flavonoid, polifenol, saponin, tanin, dan alkaloid. Selain itu, cincau hijau pun mengandung serat pektin, mineral, dan berbagai jenis vitamin yang diklaim mampu memberikan manfaat yang lebih bagi kesehatan sistem pencernaan. 

Khusus untuk flavonoid, banyak yang mengklaim jika zat yang satu ini terbukti ampuh mencegah radang dan membantu menurunkan produksi asam lambung. 

Selain itu, cincau pun dipercaya mengandung premnazol dan fenilbutazon, senyawa aktif yang efektif membantu menurunkan aktivitas enzim, dan secara tidak langsung ampuh menurunkan produksi asam lambung. Selain itu, kedua senyawa itu pun bersifat anti-radang. 

Dengan semua bukti tersebut, banyak orang yang yakin jika cincau efektif membantu mengatasi asam lambung. Terlebih belakangan ini banyak produk minuman herbal berbahan cincau hitam dijual dengan klaim efektif mengatasi masalah radang tenggorokan. 

Namun sayang, selama ini kebanyakan hasil penelitian masih bersifat pengumpulan data dan masih dilakukan dengan sangat terbatas, sehingga dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan klaim cincau bisa mengatasi masalah asam lambung.

Selain itu, beberapa sumber justru malah menyebut efek sebaliknya. Jika dikonsumsi orang dengan sistem pencernaan sensitif, cincau justru bisa memicu peningkatan produksi asam lambung, dan menyebabkan timbulnya gejala mual, sesak nafas dan nyeri di ulu hati.


Trik Memaksimalkan Cincau untuk Asam Lambung

Meski hasil penelitian masih belum membuktikan jika cincau ampuh mengatasi asam lambung, namun tidak ada salahnya Anda tetap mengkonsumsi cincau demi mendapatkan manfaat lainnya, salah satunya kandungan serat, vitamin dan zat antioksidannya yang sangat tinggi. 

Anda bisa mengkonsumsi cincau sebagai menu diet, dengan tambahan yoghurt yang sudah terbukti ramah bagi lambung. Jika ingin lebih maksimal, tidak ada salahnya jika kombinasi menyegarkan tersebut dicampurkan dengan buah-buahan, seperti pisang, alpukat, apel dan buah lainnya.

Jika ingin variasi sebagai menu makan malam, Anda bisa mengkonsumsi cincau dengan kuah wedang jahe dan tambahan beberapa potong kacang mete, roti gandum dan bahan lainnya. Selain mengenyangkan dan mampu menghangatkan tubuh, menu ini pun ramah untuk lambung Anda. 

Tapi ingat, konsumsi cincau dalam batas yang wajar. Jika Anda merasakan keluhan seperti mual, sesak nafas atau nyeri di ulu hati, sebaiknya hentikan konsumsi cincau dan pilih bahan lainnya yang lebih ramah dan sesuai dengan kondisi tubuh Anda. 

Trik lainnya, untuk mengatasi asam lambung Anda sangat disarankan tetap berolahraga, konsumsi makanan tinggi serat, jauhi gorengan dan makanan yang dapat memicu asam lambung naik, dan yang paling penting, kelola stres dengan baik.


Referensi:

  1. Health-talks.net. Diakses pada 2021. Benefits of Grass Jelly
  2. Alodokter.com. Diakses pada 2021. Manfaat Cincau Untuk Mengatasi Asam Lambung
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya